Banyak kaki, tetap berbuah (durian bawor / durian bhineka bawor)

langkah bisnis dot com : durian bawor / bhineka bawor salah satu durian yang ada di jawa tengah yang telah dibuat oleh pak sarno. Berikut informasi yang kami dapatkan dari majalah trubus edisi mei 20112, yang mungkin bermanfaat buat para pebisnis durian maupun yang ingin bisnis durian.

Tahun ini paceklik buat sebagian besar pekebun durian di sentra pulau jawa. Hujan terus menerus sepanjang 2010 menjadi biang keladi tanaman gagal berbunga dan berbuah. Lima pohon durian bhineka bawor di kebun sarno ahmad di desa Alasmalang, Kecamatan kemrajen, kab. banyumas, jawa tengah, justru memberi hasil 1 ton selama januari-maret 2010

Mestinya pada bulan-bulan itu di alasmalang, kemrajen bermunculan lapak penjual durian. maklum kecamatan berjarak sepuluh kilometer dari kota purwokerto itu salah satu sentra durian terkenal di jawa tengah. “tahun sekarang tidak ada”, ujar sarno.

Itu yang trubus saksikan waktu mengunjungi kecamatan itu. Tidak terlihat buah berduri bergelayutan di pohon. Pemandangan serupa ditemui disentra lain. panen durian nihil. tepi jalan raya menuju kota wates, kab. kulonprogo, provinsi DI Yogyakarta yang biasanya ramai oleh penjaja durian pun terlihat sepi. “Durian menoreh (durian unggul kulon progo, red) biasanya panen raya pada januari-februari. tahun ini sama sekali tidak berbuah, ” ujar kepala seksi sayuran dan tanaman obat dinas pertanian dan kehutanan kabupaten kulonprogo, Ir Tri Hidayatun.

penagkar buah di semarang, jawa tengah prakoso heryono, yang kerap berburu durian unggul juga memberi informasi sama: hampir tak ada buah di sentra durian di Demak dan jepara. nun di pandeglang, provinsi banten, pohon-pohon durian baru memunculkan bunga pada april 2011. padahal lazimnya panen raya di sana pada desember-april.

Banyak Kaki

langkah bisnis dot com pak sarno dengan induk durian bhineka bawor

Dari 5 pohon durian, Sarno Ahmad panen 1 ton buah sepanjang januari-maret 2011

Ahli buah bogor, jawa barat, Dr moh reza tirtawinata menyebut hujan yang turun terus menerus pada 2010 membuat sebagian besar tanaman buah enggan berbuah. kemarau yang pendek tak cukup memberi “cekaman” bagi tanaman untuk berbunga. Tanaman buah biasanya memerlukan stres akibat kemarau minimal 1-2 bulan” kata reza

Toh, lima pohon durian di kebun Sarno Ahmad tetap dibanjiri buah. Dari 5 pohon berumur 15 tahun, pemilik kebun Sarakapita itu menuai 1 ton buah sepanjang januari-maret 2011. Itu jelas berkah buat Sarno. Buah Durio zibethinus dari kebun langsung tandas diserbu pembeli tiap kali jatuh pohon. Bahkan beberapa toko buah di jakarta berani memanjar sebelum jatuh.

Sarno menduga “anomali” 5 pohon durian miliknya karena sosoknya yang juga nyeleneh. Lima pohon itu punya banyak “kaki” di batangnya. kaki itu berupa batang durian asal biji yang disusukan ke batang utamanya monthong, kumbokarno, dan kani. Untuk pohon berumur 15 tahun, sarno menyusukan hingga 30 kaki. makanya ia menyebutnya durian bhineka karena ditopang berbagia jenis durian.

Menurut reza jumlah kaki banyak membuat penyerapan hara ke batang utama lebih optimal. Setiap 3 bulan sarno memberikan 2kg pupuk kompos. Sementara 1 kg NPK berkadar fosfor (P) dan Kalium (K) tinggi diberikan setiap 6 bulan. Hara diolah melalui proses fotosintesi menjadi karbohidrat. “Karena energi dari karbohidrat berlimpah, tanaman menjadi lebih siap beralih ke fase gerenartif”, kata Reza. apalagi jika durian yang digunakan sebagai batang utama memiliki sifat genetik mudah dipacu untuk berbunga seperti monthong. Karena itu meski masa kering hanya berlangsung singkat tanaman langsung berbunga.

Pantas, masih di kemrajen tapi diluar kebun sarno, 500 pohon bhineka lain-rata-rata berbatang atas monthong juga berbuah sepanjang januari-maret 2011. pun 50 pohon yang ditanam seorang pelanggan di Pontianak, Kalimantan Barat.

Pahit Beraroma

langkah bisnis  durian-bawor-investasi-jangka-panjangKepala pusat kajian buah Tropika (PKBT) IPB, Sobir PhD berpendapat sama. “Nutrisi melimpah dapat dimanfaatkan optimal jika jumlah daun juga banyak. dengan begitu proses pemasakan nutrisi melalui fotosintesis pun lebih optimal,” tutur Sobir.

Jumlah karbohidrat berlimpah juga membuat buah lebih manis itu berpadu citarasa pahit dan harum. “Pada proses pematangan buah, terjadi fregmentasi karbohidrat menghasilkan alkohol sehingga rasa daging buah agak pahit dan aromanya kuat,” imbuh sobir. Pantas bhineka selalu jadi incaran mania durian. Apalagi ketika panen dari daerah lain kosong.

Sumber : Trubus Edisi 498 Mei 2011

Tunggu informasi berikutnya dari team langkah bisnis dot com akan memantau perkembangan 5 pohon miliknya pak Sarno, apakah di bulan januari atau februari ini berbuah lebat seperti tahun kemarin. Tunggu informasi dari kami….

Update link tambahan semoga bermanfaat, bagaimana cara menanam durian bhineka bawor

4 Comments

  1. Nugroho Yuniarto,S.T. 27 November 2013
  2. Nugroho Yuniarto,S.T. 21 January 2014
  3. agus 20 January 2015

Leave a Reply