Cara Bercocok Tanam Buah Markisa

406

 Buah Markisa merupakan salah satu jenis buah yang banyak dibudidayakan di indonesia. Walaupun buah jenis tersebut berasal dari Amerika, namun yang membudidayakan buah markisa tersebut ternyata banyak juga dari indonesia.

Buah markisa sendiri memiliki kulit yang halus, tipis dan keras, namun buah ini juga mudah untuk dipecahkan ketika langsung mau dimakan. Buah markisa sendiri sangat bagus dibudidayakan karena dengan harga yang stabil, peminatnya juga sangat banyak dari pasaran. Maka dari itu peluang untuk membudidayakan markisa sangat bagus dan baik.

Perlu diketahui terlebih dahulu, bahwa buah markisa tersebut sangat banyak mengandung gizi dan berbagai vitamin yang berguna bagi kesehatan tubuh. Tidak terlepas dari para petani, ternyata petani juga akan berhasil dalam membudidayakan buah markisa apabila melakukan cara-cara berikut ini.

Cara budidaya Markisa dengan mudah.

1. Persyaratan Tumbuh

Sebelum membudidayakan markisa alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu persyaratan pertumbuhan markisa agar nantinya bisa berhasil.

  • Tanaman Markisa Bagus dalam dataran dengan ketinggian antara 800-1500 meter dpl.
  • Tanaman markisa bagus dengan curah hujan 1200 mm/tahun
  • Markisa dapat tumbuh maksimal dalam kelembaban udara antara 80-90%.
  • Tanaman markisa bagus tumbuh dengan suhu sekitar 20-30 derajat Celcius.

Itulah persyaratan pertumbuhan tanaman markisa yang perlu diperhatikan terlebih dahulu agar dalam proses pembudidayaan buah markisa akan berlangsung dengan baik dan normal.

2. Persiapkan Modal

Langkah selanjutnya adalah dengan mempersiapkan modal terlebih dahulu agar dalam proses pembudidayaan markisa menjadi lancar. Karena tidak menutup kemungkinan modal akan sangat berpengaruh besar terhadap proses pembudidayaan markisa. Maka dari itu untuk memperlancar proses selanjutnya adalah dengan mempersiapkan modal yang cukup.

3. Persiapkan Bibit

Bibit yang dipersiapkan adalah bibit yang benar-benar bagus dan terhindar dari berbagai penyakit atau hama. Bibit yang dapat dijadikan pilihan adalah bibit markisa yang sudah teruji menghasilkan buah super dan besar. Mempersiapkan bibit adalah hal yang perlu dilakukan dengan benar agar dalam proses pembudidayaan nantinya mendapatkan hasil yang bagus dan maksimal.

4. Persiapkan Lahan

Sebelum menanam markisa, yang perlu diperhatikan lebih penting yakni dengan mempersiapkan lahan yang bagus dan terhindar dari berbagai ancaman, baik terhindar dari ancaman banjir, longsor dan yang lainnya. Lahan yang bagus untuk dipersiapkan adalah lahan yang terpisah dengan kebun lain, artinya lahan yang dipersiapkan harus khusus untuk tanaman markisa agar terhindar dari berbagai marabahaya.

5. Pengolahan Lahan

Pengolahan lahan bisa dilakukan dengan berbagai cara baik dengan menggunakan alat seperti cangkul dan alat sejenisnya. Proses pengolahan yakni membersihkan rerumputan yang dapat mengganggu pertumbuhan markisa dan harus membersihkan bebatuan yang ada disekitar lahan tersebut agar dalam proses menanam markisa menjadi lancar dan mudah.

6. Pemilihan Media Tanam

Proses selanjutnya adalah pemilihan media tanam yang perlu dilakukan. Pemilihan media tanam tersebut sangat dianjurkan sekali baik menggunakan pot, polybag, drum atau menanam langsung ke lahan yang sudah disediakan langsung.

7. Pembuatan bedengan

Apabila dalam membudidayakan markisa dengan menanam di lahan secara langsung, maka yang perlu diperhatikan adalah pembuatan bedengan yang secukupnya dengan tujuan air yang turun dari hujan bisa mengalir ke bawah dan tidak mengancam pertumbuhan markisa.

8. Menanam Markisa

Langkah selanjutnya adalah dengan menanam markisa ke lahan yang sudah disediakan oleh para petani. Menanam bibit markisa tersebut bisa dilakukan dengan cara yang benar dan baik agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

9. Penyiraman

Proses selanjutnya adalah dengan melakukan penyiraman yang baik dan benar. Proses penyiraman dilakukan pada pagi atau sore hari, karena dengan penyiraman dapat mempercepat proses pertumbuhan markisa. Pada musim kemarau tentunya untuk menyiram markisa tersebut penting sekali supaya tidak menjadi mati.

10. Pemilihan Pupuk Kimia

Sebelum petani melakukan pemupukan tanaman markisa maka petani harus melakukan pemilihan terlebih dahulu pupuk seperti apa yang bagus untuk budidaya markisa. Pupuk yang bagus yakni dengan menggunakan pupuk mutiara dan pupuk poska untuk menyuburkan pertumbuhan dan mempercepat pembuahan.

11. Pemupukan

Setelah melakukan pemilihan pupuk, maka perlu dilakukan tahap selanjutnya adalah dengan melakukan pemupukan dengan baik dan benar. Pemupukan dilakukan harus dengan aturan menabur sekeliling tanaman markisa secara merata.

12. Penaburan Pupuk Kandang

Tahap selanjutnya dalam budidaya markisa, hal yang perlu diperhatikan adalah memberikan pupuk kandang ulang supaya proses pertumbuhan tanaman markisa semakin bagus dan awet. Pupuk kandang yang dapat digunakan adalah pupuk kotoran ayam dan kotoran domba supaya lebh bagus.

13. Penyiangan

Proses selanjutnya adalah melakukan penyiangan, penyiangan markisa tidak kalah pentingnya karena dengan melakukan penyiangan maka tanaman markisa akan terhindar dari serangan hama dan penyakit. Oleh karena itu, dari sekarang coba lakukanlah penyiangan secara berkala agar tetap baik.

14. Pemangkasan

Proses pemangkasan dapat dilakukan ketika sulur markisa sudah panjang dan sudah tidak menghasilkan buah, maka petani harus bisa memangkasnya kembali agar dapat tumbuh bibit baru dari sulur dan dapat menghasilkan buah lagi.

15. Pengendalian hama dan Penyakit

Dalam budidaya markisa, hal yang perlu diperhatikan adalah dengan melakukan pengendalian hama dan penyakit, baik dengan melakukan penyemrotan dengan menggunakan insektisida yang dapat membunuh hama dan bagus untuk pertumbuhan juga.

16. Pemanenan Markisa

Langkah selanjutnya dalam membudidayakan markisa ternyata melakukan pemanenan. Pemanenan buah markisa tersebut dapat dilakukan ketika sudah terdapat buah yang matang. Buah markisa yang sudah siap di panen yakni dengan memiliki warna yang kuning dan kulitnya lembut. Maka sebagai petani lakukanlah pemanenan dengan memilih yang matangnya saja.

https://www.kata.co.id/Pertanian/Budidaya-Markisa/1181


Comments are closed.