Durian Bhineka Bawor atau King Golden Panen Durian 3x Dalam 1 Tahun

langkah bisnis dot com : Durian Bhineka Bawor atau King Golden Panen Durian 3x Dalam 1 Tahun

Musim durian hanya terjadi sekali dalam setahun. Tapi, itu dulu, ketika durian bawor/Golden King belum hadir. Dikatakan begitu, sebab pohon durian ini berbunga dan berbuah sepanjang tahun. Sehingga, dapat dipanen tiga kali dalam setahun. Sementara, harga buahnya Rp 50.000,- untuk setiap kilogramnya. Menggiurkan, bukan? Tapi, apa itu durian bawor/Golden King?

Apa yang akan terjadi jika beberapa varietas pohon durian unggulan yang “beredar” di Indonesia baik durian lokal maupun impor, dijadikan satu pohon? Mungkinkah, pohon durian baru itu akan menghasilkan buah durian yang lain daripada yang lain? Mungkinkah, akan dihasilkan buah durian yang lebih unggul ketimbang buah-buah durian unggulan yang selama ini dikonsumsi baik dari bobot, rasa, maupun harganya? Itulah pertanyaan yang terlintas dalam benak Sarno Ahmad Darsono, seorang guru sekolah dasar di Alas Malang, Kemranjen, Banyumas. Akhirnya, tahun 1996, pria yang sedari kecil sudah akrab dengan buah berduri itu menggabungkan 35 varietas pohon durian unggulan di Indonesia dan impor. Penggabungan tersebut, dilakukannya dengan cara okulasi di mana bagian atas pohon berasal dari pohon durian monthong atau durian canee, sementara bagian bawah pohon berasal dari gabungan 35 varietas pohon durian lainnya.

langkah-bisnis-dot-com-durian-bawor-banyumas-indukkan-bhineka-bawor

Salah satu indukkan Durian Bhineka Bawor yang ada dirumah bapak Sarno Ahmad

3 tahun berjalan, pohon baru itu tumbuh dan berbuah dengan sangat lebatnya. Sehingga, dapat dinikmati semua penduduk di kecamatan tersebut. Bukan cuma itu, buah durian yang dihasilkan yang kemudian dinamai durian bhinneka bawor (durian bawor) itu, juga memiliki daging buah yang tebal dan berwarna oranye, tapi bijinya kecil dan tipis. Sementara rasanya legit, agak sedikit pahit. Sedangkan bobot matangnya rata-rata 6−10kg dan bobot maksimalnya mencapai 15 kg. Selain itu, semakin tua si pohon, semakin lebat buahnya.
“Sebuah pohon durian bawor berumur tiga tahun mampu menghasilkan 40 buah. Sebuah pohon durian bawor yang lain yang telah berumur tujuh tahun, baru-baru ini kami hitung jumlah buahnya, ternyata ada 107 buah,” ungkap Bambang Sugiatmoko, penjual bibit dan buah durian bawor untuk pasar Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Padahal, berdasarkan pengalaman, pohon durian bawor mampu bertahan hingga berumur 15 tahun, seperti yang terlihat dari pohon indukkannya.
Pohon durian bawor juga berbunga dan berbuah sepanjang tahun. Sehingga, pohon yang dapat dipanen untuk pertama kalinya tiga – empat tahun setelah ditanam ini, dapat dipanen tiga kali dalam setahun. Sedangkan pohon-pohon durian lain, cuma dapat dipanen setahun sekali. “Jadi, di sini, setiap minggu selalu tersedia (buah) durian bawor yang siap dipasarkan,” kata Bambang, yang membuka usahanya di kawasan Bekasi. Untuk memanennya pun tidak sulit. Karena, rata-rata tinggi pohon durian bawor hanya dua meter.

langkah-bisnis-dot-com-hasil-durian-bhineka-bawor-di-rumah-pak-sarno-ahmad-banyumas

Hasil Durian Bhineka Bawor dirumah pak Sarno Ahmad Alas Malang Banyumas

langkah-bisnis-dot-com-bibit-durian-bhineka-bawor

BIbit durian bhineka bawor yang kami punya, tinggi 1,1 sampai 1,5Meter

Dari situlah, muncul kesepakatan dari masyarakat setempat untuk melakukan pembibitan secara beramai-ramai. Apalagi, proses pembibitannya sama sekali tidak ada kendala. Kini, di Alas Malang telah dihasilkan 5.000 pohon anakannya dimana tidak berbeda dengan pohon indukannya, pohon-pohon anakan ini juga dihasilkan dengan cara okulasi. “Tapi, setelah okulasi terjadi, lalu kami modifikasi dengan menambahi 3−5 batang pohon durian yang lainnya lagi. Sehingga, terlihat seperti pohon durian berkaki,” ungkap Bambang, yang menempatkan usahanya sebagai tangan panjang perkebunan durian bawor di Banyumas.
Kaki-kaki tersebut, Bambang melanjutkan, bukan hanya menjadikan pohon durian bawor itu memiliki bentuk yang unik dan artistik, melainkan juga membuat si pohon berumur lebih panjang, tahan terhadap penyakit tanaman, lebih cepat berbuah, dan lebih banyak jumlah buahnya tanpa mempengaruhi rasanya, serta memperkuat struktur tanah. Di sisi lain, ketahanan pohon ini terhadap penyakit, kemungkinan juga karena ia berasal dari 35 varietas pohon durian unggulan.
Pohon durian bawor juga dapat ditanam di lahan sempit, minimal seluas 3 m² x 3 m². Sementara cara menanamnya tidak langsung di dalam tanah, tetapi diletakkan dalam semacam pot dari kayu yang alasnya tanah atau bolong. Fungsi pot tersebut sekadar (semacam) memagari. Dalam pertumbuhannya, akar-akar pohon durian bawor akan menembus tanah, mencari ruang-ruang sendiri untuk memperkokoh pohonnya. Akar-akar itu juga tidak akan merusak tembok, lantai, atau teras rumah.
Namun, lahan sesempit itu, hanya dapat ditanami satu bibit pohon durian bawor yang harganya Rp150 ribu−Rp2 juta. Perbedaan harga itu, tergantung pada umur dan kondisi fisik si bibit. Misalnya, untuk bibit berumur enam bulan dijual dengan harga Rp150 ribu. Sementara untuk bibit berumur dua tahun, dijual dengan harga Rp3 juta. Sedangkan untuk bibit yang sudah mengeluarkan kembang, dijual dengan harga Rp 6 juta.
“Untuk permintaan bibit, kami mampu memenuhi berapa pun permintaannya. Saat ini, untuk pasar Jabodetabek, kami memasok 2.000 bibit/bulan. Selain itu, kami juga memenuhi permintaan bibit dari Medan dan Nusa Tenggara Barat, serta penjajagan permintaan bibit dari Kalimantan dan Manado. Tapi, sebaliknya dengan permintaan buahnya di mana setiap minggu ada permintaan sebanyak 1 ton dan kami baru mampu memenuhi 1%−2% nya,” kata Bambang, yang memasarkan buah durian bawornya ke seorang importir buah di kawasan Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan. Di sana, durian yang tergolong istimewa ini dijual dengan harga Rp50 ribu/kg. Sebagai perbandingan, durian monthong dijual dengan harga sekitar Rp25 ribu/kg, sedangkan durian monthong super dihargai Rp30 ribu/kg. Dengan kondisi dan harga yang aduhai itu bisa dimaklumi jika pemasaran durian favorit Bupati Banyumas ini, masih sangat terbatas atau di kalangan orang-orang yang sudah mengetahui kehadiran dan kelezatannya saja.
“Saya berharap, durian bawor dapat menjadi buah nasional yang diproduksi secara besar-besaran. Sehingga, nantinya menjadi buah asli Indonesia yang juga digemari masyarakat Indonesia, sama halnya mereka menyukai buah-buahan impor,” pungkas Bambang. Apalagi, durian bawor memang mempunyai prospek yang sangat bagus yang dibuktikan dengan fakta bahwa buah ini, saat ini sedang menjadi incaran para penggemar durian baik di dalam negeri maupun mancanegara, seperti Suriname, Jepang, dan Jerman.
Harapan Bambang mulai terwujud sedikit demi sedikit ketika komunitas petani durian bawor diundang ke Is

langkah-bisnis-dot-com-bhineka-bawor-biji-kecil-dan-kempes

Biji durian bawor yang kempes-kempes menambah nilai lebih dibuah durian ini

tana Presiden, untuk menerima penghargaan Satya Lencana Wira Karya 2004 sebagai Petani Penangkar Durian Unggul. Imbasnya, kabar tentang durian ini menyebar, terutama di kalangan pejabat negara maupun daerah yang berlanjut dengan dijadikannya durian bawor sebagai salah satu buah favorit mereka.



Namun, kepuasan kelompok tani tersebut belum berhenti sampai di situ. Mereka pun melakukan eksperimen lagi. Kali ini, dengan menyatukan 20 varietas pohon durian unggulan. Hasilnya, berupa durian bawor (Banyumas: apa adanya, red.) dengan daging buah berwarna kuning dan berasa manis. Nah, sekarang Anda memiliki dua pilihan: durian bawor oranye atau durian bawor kuning. Selain itu, Bagi Anda yang ingin berbisnis durian bawor, tapi tidak paham dengan dunia tanam-menanam atau tidak memiliki waktu untuk kegiatan bercocok tanam, Bambang menawarkan kemampuannya. Dalam kerja sama ini, “konsumen” tinggal menyediakan lahan dan dananya, selebihnya Bambang akan mengurusinya sampai pohon durian bawor berbuah atau sampai buah durian bawor dipasarkan.

38 Comments

  1. masmaryoto 14 May 2013
  2. Vivian usamah 25 September 2013
  3. Mukaromah Layli 2 November 2013
    • abdulkhalim 26 May 2014
  4. prima 1 May 2014
  5. jenny 14 June 2014
    • marcell 3 March 2016
  6. asti kirana 3 September 2014
  7. itha 14 September 2014
  8. itha 14 September 2014
  9. Adi Harianto 30 November 2014
    • admin langkahbisnis 1 December 2014
  10. pracoyowida 27 March 2015
    • admin langkahbisnis 6 April 2015
  11. Alam 7 April 2015
  12. purnadi 24 April 2015
    • admin langkahbisnis 26 April 2015
  13. Haer Bustomi 26 April 2015
    • admin langkahbisnis 26 April 2015
  14. Pratomo 6 July 2015
    • admin 27 July 2015
  15. suparno 14 December 2015
  16. YUDHIS 5 January 2016
    • admin 7 January 2016
  17. hendrix 14 February 2016
    • admin 17 February 2016
  18. marcell 3 March 2016
  19. Fathiyah 10 April 2016
    • admin 10 April 2016
  20. Hery 3 May 2016
    • admin 10 May 2016
  21. ngadiyo 7 May 2016
  22. assyifaramadhani 26 May 2016
  23. Justin anak Sabeng 20 July 2016
  24. berwirausaha.net 4 August 2016
  25. Prabowo 12 November 2016

Leave a Reply