Insiprasi usaha handicraft krajinan tangan goukm.id

165
  1. Bisnis Handycraft, Menguntungkankah ? Meski berbisnis handycraft masih awam di Indonesia, ternyata bisnis ini cukup memguntungkan bagi yang menekuni. Handycraft sendiri merupakan sebuah kegiatan seni yang menitikberatkan kepada keterampilan tangan dan fungsi untuk mengolah bahan baku disekelilingan menjadi benda-benda yang tidak hanya bernilai pakai, tetapi juga bernilai estetis. Nama lain dari handycraft sendiri adalah kriya yang menggunakan pengetahuan dalam seni rupa murni seperti cara mematung atau mengukir untuk menghasilkan produk, namun tetap dengan tidak melulu kepada kepuasan emosi seperti lazim terjadi misalnya pada karya lukis dan patung. Handycraft sendiri lebih sering mengikuti tradisi daripada penemuan yang sering ditemukan secara individu oleh seorang perupa. Handycraft sendiri bisa berasal dari tanah, batu, kain, logam ataupun kayu. Meski tergolong baru berbisnis ini jika ditekuni justru bisa menghasilkan banyak uang. Apalagi bagi mereka yang memiliki hobi yang berkaitan dengan karya seni. Salah satunya menjahit. Bisnis ini juga bisa dilakukan di rumahan sehingga cocok bagi ibu rumah tangga yang ingin tetap berkerja meski di rumah saja (mompreneur).
  2. Apa Keuntungan usaha handicraft ? – Dapat menjadi wadah untuk menyalurkan hobi – Bisa kerja di rumah – Pesaing lebih sedikit karena dibutuhkan kreatifitas masing-masing orang – Waktu kerja lebih fleksibel – Modal dan resiko kecil – Namun keuntungannya BESAR!!!
  3. Modal Bisnis Handycraf ? Modal dari Suami Cara mudah mendapatkan modal adalah dari suami. Namun ini harus didiskusikan terlebih dahulu jadi tahu uangnya memang sebagian digunakan untuk membuka usaha handycraft. Namun jika penghasilan suami tak besar Anda tak bisa memaksa, namun Anda bisa menysishkan sebagian pendapatan dari belanja. Jadi harus irit belanjanya agar bisa dijadikan modal untuk usaha. Tabungan Pribadi Jika Anda tak ingin membebani suami karena pendapatannya tak cukup untuk memberikan modal. Anda bisa menggunakan modal dari tabungan pribadi. Pinjam Modal Meski sedikit agak memalukan Anda bisa mendapatkan modal dengan meinjamnya dengan kerabat dekat atau lembaga keuangan. Jika dengan lembaga keuangan biasanya memang membutuhkan syarat-syarat tertentu sehingga tak semua orang bisa mendapatkannya. Namun jika meminjam dengan kerabat Anda bisa mendapatkan dengan mudah namun tetap Anda harus mengikuti kesepakatan kapan harus bayar, Dan keuntungan meminjam uang dari kerabat Anda tak perlu membayar bunganya. Namun cara ini memang beresiko jika usaha yang Anda kelola tidak berkembang bisa-bisa Anda tak bisa mengembalikan modal. Gadai Aset Selain menjual Anda juga bisa menggadai aset, langkah ini lebih aman karena ada pemberian tempo pembayaran pinjaman sehingga aset dapat kemungkinan kembali jika ibu bisa mencicilnya sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan. Ibu mendapatkan modal, aset pun bisa kembali. Namun yang perlu diperhatikan sebelum menggadaikan aset Anda, pastikan bila perusahaan gadai yang ingin Anda ajukan pinjaman terakreditasi. Dalam artian tidak ada penggadai yang mengeluhkan sistem yang diberikan oleh perusahaan tersebut. Jadi ibu harus jeli ya memilihnya! Jangan sampai tergiur oleh jangka waktu cicilan yang lama dan bunga yang kecil. Ajak Kerabat Berkerjasama Jika Anda malu untuk meminjam modal Anda bisa mengajak kerabat Anda untuk berkerjasama sehingga dia jadi pemodal sedangkan Anda jadi pengusahanya. Cara ini efektif bagi Anda yang belum memiliki pengalaman atau tak memenuhi syarat untuk mendapatkan modal dari luar. Ajang Business Plan Ajang kompetisi ini biasanya dijadikan wadah bagi pebisnis yang ingin mewujudkan ide bisnisnya. Jadi jika Anda ingin membuka peluang usaha handycraft namun terbentur modal Anda bisa mengikuti ajang ini namun harus rajin-rajin rajin-rajin update informasi mengenai event satu ini ya.
  4. Startegi Pemasaran Handycraft Jemput Bola Metode ini merupakan metode langsung memperkenalkan produk handycraft ke konsumen. Sehingga konsumen tertarik untuk membeli. Jadi tak perlu menggunakan toko tapi bertatap wajah langsung dan kenalkan produknya. Mulut ke Mulut Meski terkesan kuno ternyata cara efektif memasarkan kerajinan seni ini adalam dengan mulut ke mulut. Alias memperkenalkan langsung ke konsumen. Kemudian konsumen yang sudah membeli produk kita langsung mengenalkan ke orang lain. Namun untuk memasarkan handycraft jenis ini kita memang harus memiliki keunggulan dan kualitas yang tinggi sehingga orang mau memperkenalkan handycraft kita ke orang lain. Bazar atau Pameran Biasanya ketika event bazar atau pameran banyak orang-orang yang berdatangan. Dan yang datang biasanya bukan hanya dari kalangan menengah bawah namun juga menengah atas termasuk pejabat. Sehingga sapa tahu ketika mereka mengunjungi stand bazar Anda, mereka tertarik memberikan modal usaha untuk Anda. Online Cara modern dan sangat efektif adalah dengan memasarkan lewat media online, baik media sosial, blog atau situs iklan dunia maya. Tapi bagi pemula yang baru saja menjalankan bisnis handycraft lebih baik Anda memasakan secara online karena cara ini. Buka toko Jika Anda memiliki cukup modal, Anda bisa mendirikan toko khusus handycraft jadi Anda bisa lengsung memasarkannya. Jika Anda ingin membuka toko Anda bisa menggunakan nama-nama yang unik sehingga lebih menarik.
  5. Insiprasi Usaha Handicraft Industri kreatif memang masih kurang diminati oleh pelaku usaha, padahal peluang usaha ini begitu terbuka lebar bagi pengusaha yang memiliki kemampuan mengolah bahan atau sesuatu yang tidak bernilai menjadi berharga jual tinggi. Apa lagi jika usaha ini berangkat dari hobi Anda. Di mana usaha yang dilatar belakangi oleh hobi, keahlian, dan kreativitas akan menjamin usaha itu dapat berkembang. Lalu apa saja sih yang perlu diketahui oleh pengusaha handicraft? Kenali bisnis kerajinan tangannya Jenis usaha kerajianan tangan atau handicraft dibedakan menjadi craft secara massal dan craft indie. Craft massal adalah jenis usaha yang bisanya melakukan proses pembuatan produk secara masal, seperti bisnis kerajinan gerabah dan kerajinan serat pisang abaca. Seperti dengan sebutan bisnisnya, usaha tersebut membuat produk secara masal dengan bantuan mesin yang canggih. Untuk bisnis ini dibutuhkan modal yang lebih besar. Sedangkan usaha craft indie menyeimbangkan aspek idealism dan kebutuhan mencari keuntungan. Pebisnis dalam ranah craft indie menyukai pembuatan produk yang berkonsep personal dan di sesuaikan dengan gaya si pembuat kerajinan serta konsumen, contohnya seperti usaha membuat lukisan. Maka,sebelum Anda menentukan usaha kerajianan apa yang sesuai pahamilah jenis kerajinannya. Berikut adalah ide usaha kerajinan tangan bila Anda ingin mencoba usaha handicraft Kerajian Membuat Perhiasan Wanita Bisnis kerajianan ini sangat mudah digeluti dan permintaannya pun cukup banyak. Karena kini perhiasan sudah seperti pelengkap wajib untuk memperindah tampilan seorang wanita. Namun bagi pengusaha membuat dan menjual perhiasan wanita harus selalu memperhatikan udate model yang selalu berubah-ubah agar tidak ketinggalan zaman. Aksesoris yang bisa Anda buat seperti bros, jepit rambut, cincin, gelang, anting, kalung dan masih banyak lagi. Karena model perhiasan cukup beragam maka langkah pertama adalah tentukan segmen pasar yang ingin dituju,apakah remaja atau wanita dewasa serta taraf ekonominya. Langkah selanjutnya adalah pahami pembuatannya. Berikut kami akan berbagi cara membuat kalung dengan modal kecil untuk usaha perhiasan wanita.
  6. Bahannya dan alat: – Pita berwarna cerah (panjang 25-35 cm) – Rantai berwarna emas (panjang 20-30 cm) – Pengait kalung – Lem kayu – Tang Langkah membuatnya: – Masukan pita dimulai dari lubang paling ujung rantai, dan ikat pita pada ujung rantai itu dengan simpul mati. – Setelah itu ulirkan pita ke seluruh lubang seperti menganyam. Lakukan sampai ujung rantai satu lagi. Kemudian ikat pita pada rantai paling ujung dengan simpul mati. – Agar pita tidak terlepas dan rusak Anda bisa lem pada bagian ujung pita. – Selanjutnya adalah memberikan pengait pada bagian ujung kalung. Gunakan besi kecil yang dibentuk menjadi lingkaran untuk mehubungkan pengait dengankalung rantai. Bila sudah Anda bisa gunakan tang untuk merekatkan besinya. – Kalung siap dijual..
  7. Usaha Kerajinan Lampion Hias Kerajinan tangan yang satu ini selain modal yang dibutuhkan sangat minim, permintaan pasarnya juga sangat banyak. Apa lagi jika Anda memberikan sentuhan lain pada produk kerajinan lampu hias yang Anda buat. Anda tertarik mencobanya? Untuk membuat kerajinan tangan unik ini bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut. Bahan dan alat: – Kuas – Benang jahit – Balon – Lem kayu – Gelas palastik bekas – Gunting – Bohlam lampu minimal 5 watt – Fitting lampu lengkap dengan kabel dan colokan Langkah membuatnya: – Tiup balon sampai lumayan besar, setelah itu ikat bagian ujungnya. Bila sudah olesi lem kayu di bagian luar balon. – Ulur benang jait dan tempelkan ke atas balon yang sudah diolesi dengan lem kayu. Pastikan semua sisi balon sudah tertempel benang. – Setelah itu olesi kembali lem kayu di atas permukaan balon yang sudah ditempeli benang jahit agar benang benar-benar tertempel. Lalu keringkan di bawah lampu atau bisa menggunakan hairdrayer.
  8. Bila sudah kering potong ujung balon dengan gunting dan buat lubang lingkaran berdiameter kurang lebih 10 cm untuk meletakan bohlam. Lepaskan kulit balon pada kerangka benang. – Masukan fitting lampu beserta bohlamnya pada bagian lubang tadi. Lampion hias siap digunakan. Usaha Lilin Aroma Terapi dengan Aneka Warna Fungsi utama lilin adalah sebagai penerangan saat listrik mati, namun seiring dengan perkembangan zaman lilin berguna sebagai penyegar aroma ruangan. Diracik dengan berbagai wewangian lilin kini digunakan untuk memberikan aroma terapi bagi penggunannya. Aroma terapi sebetulnya sering digunakan untuk kesehatan dan pengobatan alternative. Tujuannya untuk menciptakan rasa releksasi untuk pasien bisa dan media yang digunakan umumnya adalah lilin. Nah kini sudah banyak para pengusaha yang mulai melirik bisnis ini karena permintaannya semakin banyak tidak hanya untuk kebutuhan kesehatan atau pengobatan namun untuk kebutuhan rumah. Cara membuatnya pun mudah dan bahan-bahannya sangat mudah ditemukan. Bahan dan alat yang diperlukan: – Kaleng atau toples kaca – Sumbu dengan panjang sesuai dengan tinggi lilin – Lilin parafin – Panci dan kompor – Minyak esensial lavender atau lainnya – Potongan krayon berwana ungu – Sendok sayur
  9. Langkah pembuatannya: – Siapkan kaleng atau toples untuk menjadi wadah lilin. – Potong sumbu lilin dengan panjang yang disesuaikan dengan tinggi lilinnya dan lebihkan 3 cm. jadi jika lilin yang ingin Anda buat tingginya 6 cm berarti sumbu yang Anda butuhkan 9 cm. – Ikatkan bagian bawah sumbu lilin dengan pemberat agar sumbu tetap tegang ketika diberi cetakan lilin. – Lelehkan lilin parafin pada titik leleh sedang. Panaskan air mencapai suhu 85 – 87 derajat celcius lalu gunakan mangkuk antipanas untuk melelehkan lilin beserta potongan crayon berwarna ungu. Bila sudah meleleh berikan minyak esensial lavender ke dalamcampuran lilin dan krayon yang sudah dilelehkan. – Tuangkan lelehan lilin ke dalam wadah yang sudah ditaruh sumbu. Gunakan sendok sayur agar tidak berantakan. Diamkan agar dingin dan mengeras. Proses pembuatan ini dibutuhkan waktu sekitar 3 jam. Usaha Tote Bag Canvas dengan Hiasan Kain Perca Alternatif bisnis handicraft lainnya membuat usaha tote bag canvas. Tote bag ini sangat sering digunakan oleh anak muda karena lebih simpel, ringan dan cocok digunakan untuk situasi apapun. Permintaan tote bag yang kian tinggi terutama di kalangan anak muda yang ingin tampil trendy menjadikan peluang usaha ini diincar oleh pelaku usaha. Sama seperti ketiga usaha sebelumnya, bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar dan cara pembuatannya pun tergolong mudah. Bahan dan alat yang dibutuhkan: – Tote bag berbahan canvas – Kain perca – Jarum jahit dan benang – pernak pernik lainnya sesuai selera
  10. Langkah pembuatannya: – Buat pola gambar untuk jadi hiasan pada totebag. Untuk bentuknya sesuaikan dengan selera atau permintaan pasar. – Gabungkan kain kanvas tote bag dengan kain motif atau perca yang sudah Anda buat pola gambarnya dan jahit dengan simpul jahitan tusuk feston agar lebih rapi. – Gunakan pernak-pernik lainnya seperti kancing dengan cara yang sama seperti menempelkan pola gambar. – Tote bag lucu dengan gambar karekter dari kain perca siap digunakan. Usaha Dompet Batik untuk Souvenir Pernikahan Menjelang rencana pernikahan, pernak pernik kecil seperti souvenir pernikahan juga menjadi pusat perhatian para pasangan. Ada berbagai macam pilihan souvenir nikahan, salah satunya adaah dompet batik. Dompet batik dipilih karena lebih berguna dibandingkan souvenir lainnya. Banyak yang berpikiran bahwa souvenir pernikahan tidak akan tahan lama dan hanya bisa dijadikan pajangan untuk yang menerimanya. Namun tidak untuk souvenir dompet batik, cinderamata ini dapat digunakan untuk tempat menaruh uang kecil atau receh. Atau buat Anda yang tidak ingin membawa uang terlalu banyak ke pasar, dompet batik juga berguna sebagai dompet cadangan untuk ke pasar. Cara membuatnya tidaklah rumit dan sangat sederhana tanpa memerlukan peralatan khusus dan bahan-bahan yang mahal. Berikut adalah cara pembuatannya. Bahan dan alat yang dibutuhkan: – Karton – Kain batik – Benang jahit – Jarum jahit – Resleting – Gunting – Lem – Penggaris – Mesin jahit – Pulpen atau pensil Langkah membuatnya: – Buat pola dopet batik berbantuk kotak seperti gambar di atas. Sisahkan kurang lebih 1 cm pada bagian sisi-sisi pola agar bisa dijahit. – Cetak pola yang Anda buat ke kertas tipis kemudian potong menggunakan gunting dan tempelkan pada karton. – Potong karton mengikuti pola dompet batik yang Anda buat sebelumnya dan pastikan pola untuk kain lebih sedikit lebih panjang dibanding pola karton. – Setelah semua bahan terpotong sesuai dengan pola tempelkan kain dengan katron tadi dengan lem.
  11. Sesudah Anda lem sampai rapi jahitlah kain batik pada karton sehingga akan lebih kuat dan rapi. Pasangkan lah resleting atau kancing pada ujung dompet batik yang Anda buat. Selamat Mencoba!!

Sumber : https://www.slideshare.net/AdangNurMI1/insiprasi-usaha-handicraft-krajinan-tangan-goukmid

Comments are closed.