investasi jangka panjang dan pendek durian bhineka bawor atau durian bawor

langkah bisnis dot com :ย investasi jangka panjang dan pendek durian bhineka bawor atau durian bawor , Seperti yang pernah team langkah bisnis dot com posting tentang informasi durian bawor atau bhineka bawor yang ada di tempatnya pak sarno (banyumas). kemarin tepatnya sabtu 26 Januari 2013 team langkah bisnis dot com mengunjungi rumah bapak sarno (pembuat konsep durian bhineka bawor/teknik sakarapita. Teknik ini sangat bagus untuk mempercepat berbuahnya durian.

langkah-bisnis-dot-com-durian-bhineka-baworPada siang hari kami mendatangi rumah bapak sarno yang kesehariannya bekerja sebagai guru SD di daerah dekat rumahnya, tapi karena kesibukan pak sarno saat itu sedang mengajar kami belum sempat bertemu dengan pencipta teknik sakarapita ini. Seperti artikel yang ada di link ini, banyak sekali kelebihan-kelebihan yang dimiliki durian bhineka bawor ini. dan perlu anda ketahui juga harga per 1Kg nya Rp. 35.000,- , lapak-lapak yang menjual durian bawor di alasmalang banyumas ini mendulang banyak rupiah dari durian yang mereka jual.

Ketika kami datang ke banyumas (lokasi alasmalang) banyak sekali kendaraan baik mobil pribadi maupun mobil pickup yang mondar-mandir (mobil pickup membawa bibit durian bawor),sedangkan mobil-mobil pribadi banyak yang singgah di lapak-lapak durian ditepi jalan alasmalang.

Kamipun juga sempat berhenti sejenak untuk bertanya-tanya dan ingin mencicipi durian bawor seperti apa rasanya. “ini berapa bu harganya?” tanya kami kepada salah satu penjual buah durian bawor ditepi jalan. “yang ini 270rb pak, (borongan), kalau ingin beli kiloan itu 315rb soalnya beratnya 9kg pak, per Kg kami jual Rp. 35.000,-” Jawab ibu penjual durian sambil melayani pembeli lainnya”. “wahhh mahal banget bu???” tanya kami. “ya memang segitu pak harganya… jangan tanya harganya saja pak, rasanyapun lebih nikmat dan sesuai harga, ada barang ada rupa pak” lanjut jawab ibu penjual durian bawor tersebut.

langkah-bisnis-dot-com-durian-bhineka-bawor-daging-buah-tebal

Dading buah tebal dan manis legit rasanya

Akhirnya kami tidak jadi membeli buah durian tersebut ukurannya wow besar besar duriannya. kamipun melanjutkan perjalanan menuju ke rumah pak Sarno Ahmad. Sesampainya dirumahnya kami segera menuju ke ruang tempat pengepul durian bawor, ternyata sisa duriannya tinggal sedikit, panen durian bawor di alasmalang ternyata dimulai dari bulan oktober-januari 2013. Tahun ini ternyata panen yang didapat di daerah alasmalang sekitar 15Ton lebih. sungguh total yang luarbiasa untuk penjualan durian bawor. sampai saat ini pun yang berkunjung ke rumah pak sarno juga tidak ada hentinya, setiap hari pasti ada yang berkunjung untuk mencicipi durian bhineka bawor hasil kreasi bapak sarno.

Kami akhirnya mencicipi 1 buah durian bawor yang kecil, itupun harganya sudah Rp. 80.000,-, tetapi benar apa kata ibu penjual durian yang ada di tepi jalan tadi. Harganya setara dengan rasanya. bener bener mantappp !!!. dengan biji yang kebanyakan kempes dan daging buah yang tebal-tebal membuat durian ini banyak sekali peminatnya, sehingga harganya bisa melambung tinggi dibandingkan dengan harga durian lainnya.

Apa yang menjadi rasa penasaran kami akhirnya kesampaian juga. manis legitnya membuat lidah ini tidak henti-hentinya menikmati rasanya dan aromanya yang mantapp !!! ๐Ÿ˜€ . Sambil mencicipi kami mencoba bertanya-tanya kepada salah satu pegawainya pak sarno.

langkah-bisnis-dot-com-bhineka-bawor-biji-kecil-dan-kempes

Biji durian bawor yang kecil-kecil atau kempes kempes membuat nilai lebih durian ini

Team langkah bisnis : “pak ini duriannya kok ada yang kecil dan ada yang besar pak ?”

Pegawai pak sarno : “begini pak, durian bawor itu ada 2 jenis pertama durian bawor jumbo dengan warna orange rasanya manis dan ada sedikit pahitnya, ukuran bisa mencapai 15kg, beberapa bulan yang lalu ada yang panen dengan ukuran 13kg lebih dibeli dengan harga Rp. 500.000,- lho. kalau satunya durian bawor yang warnanya kuning seperti yang bapak makan saat ini, itu rasanya manis kan pak ?”

team langkah bisnis : “iya pak bener, manis banget rasanya, dan baunya pun juga harus, daging buah juga tebal, bijinya kempes-kempes pak, mantappp banget, orang pasti untung banyak donk pak kalau jualan durian ini, dan pembeli juga puas dengan buah durian yang mereka beli, sebandinglah dengan harganya :D, induk durian bawor ini sudah berapa tahun pak umurnya ?”

pegawai pak sarno : “bener sekali pak, gak rugi kalau beli buah durian ini :). Durian bawor ini indukkannya berumur kurang lebih 18-20tahunan sejak 1994 pak sarno mulai menanam durian dengan model seperti ini”

Sambil jalan-jalan melihat bibit durian bawor, saya juga bertanya ke pegawai tersebut

team langkah bisnis : “pak per bibit harganya berapa pak ? dan kakinya kok cuma 3 pak ? bukannya 4?”

lapak-lapak penjual durian yang ada di banyumas

lapak-lapak penjual durian yang ada di banyumas

pegawai pak sarno : “per bibit kami jual 60rb pak, yang kaki 4 ludess habis diserbu pembeli, yang saat ini stok kami tinggal kaki 3, dan kalau ingin beli yang kaki 4 ditetangga-tetangga kami juga banyak pak, jadi satu desa ini pembibit semua pak kebanyakan, jadi bapak gak akan kesulitan jika butuh bibit durian bawor. dan sudah banyak para pembeli baik dari pulau jawa maupun luar pulau jawa yang telah membeli bibit durian bawor ini”

Setelah puas habis 1 buah durian akhirnya kami melanjutkan perjalanan untuk keliling alasmalang dan sekitarnya. Kami bertemu dengan bapak Nugroho salah satu pembibit yang ada di daerah sumpiuh tetangga desa alasmalang. dari bapak Nugroho kami mendapatkan informasi yang mungkin bisa dijadikan informasi tambahan bagi para pembaca.

team langkah bisnis : “pak durian bawor ini aslinya durian apa ya pak ? kok kakinya banyak ?”

pak nugroho : “itu aslinya durian monthong pak, dan durian kani. yang durian monthong menghasilkan warna kuning dan manis bobot buah 4-8Kg, sedangkan yang durian kani menghasilkan buah dari 5-15kg

team langkah bisnis : “lho kenapa kok ada 2 jenis kok tidak dikembangkan yang jenis jumbo atau jenis kani saja pak ?”

pak nugroho : “jenis kani memang besar pak, tapi sampai saat ini kami masih kesulitan tentang hama penyakit yang ada di bawor jenis kani, beberapa bibit kami yang umur lama dan tanaman durian tetangga saya banyak yang mati yang jenis kani, kalau yang bawor monthong sampai sekarang awet dan bertahan lama walaupun ukurannya tidak sebesar bawor yang kani

team langkah bisnis : “pak kalau jenis durian bhineka bawor ini dikembangkan di luar untuk bisnis gimana pak ? apakah prospek pak ?”

pohon durian berumur 3-4tahun jumlah buah sudah 15buah sebagian sudah dipanen pemiliknya

pohon durian berumur 3-4tahun jumlah buah sudah 15buah sebagian sudah dipanen pemiliknya

pak nugroho : “Bukan prospek lagi pak, tapi sangat prospek sekali, 1 pohon di umur 3-4tahun sudah berbuah 5-15buah pak, dengan berat rata-rata 5-9kg, kalau per buahnya aja 5kg x 35.000,- = Rp. 175.000,- x 5 = 875.000,- itu 1 phon jika berbuah 5 buah saja dengan berat cuma 5kg lho pak, sedangkan kenyataan berat durian bawor bisa 15kg pak

team langkah bisnis : “lha kalau menanam 100pohon berarti dapat berapa nih pak ?”

pak nugroho : “ya tinggal dihitung aja pak, 100 x 875.000 = Rp. 87.500.000,- dengan estimasi 1 pohon berbuah 5 saja lho pak dan berat 5kg. tetangga saya yang daerah alasmalang sekarang sudah beli mobil baru pak, avanza dari jualan durian dan bibitnya.”

team langkah bisnis : “wahh mantappp banget tuh pak :D, ehmm pak nugroho ini jualan bibit durian bawor yang mana pak ?

pak nugroho : “kami menjual dua duanya pak, dan kami mengambil indukkan durian ini dari alasmalang juga, per bibit yang tingginya 50-60cm kami jual Rp. 60.000,- . yang tinggi 1meter kami jual Rp. 150.000/batang pak, jika pembelian banyak kami bisa nego harga pak :D, bulan kemarin saya sudah mengirim bibit ke palembang 1 truk, transaksi total 20jt lebih pak, disana sama orangnya kayaknya dijual lagi pak, kurang lebih dijual Rp. 300.000,- juga laku :D, tapi orangnya ini langkah-bisnis-dot-com-bibit-durian-bhineka-baworternyata punya lahan yang cukup luas, bibit dari saya ditanam semua di lahannya yang luas sebagai pengganti pohon sawit pak”

team langkah bisnis : “pak nugroho kalau misalkan saya nih pengen bisnis durian bawor, kapan ya pak waktu yang tepat untuk menanam durian ini?

pak nugroho : “bapak pengen panennya kapan ? kalau pengen panen lebih cepat alangkah baiknya menanamnya juga lebih cepat, musim hujan seperti ini sangat bagus untuk memulai menanam buah-buahnya termasuk durian bawor ini, dengan penambahan pupuk dan air yang cukup, proses pertumbuhan durian akan lebih cepat dari biasanya pak

team langkah bisnis : “wahh mantapp pak.. trus saya dapat bibitnya dimana pak ?”

pak nugroho : “bibit bisa bapak dapatkan dari saya atau agen saya yang ada di kota kediri dan madiun jawa timur, kami juga melayani penjualan ke luar pulau juga pak. bibit durian bawor yang kami jual:

Tinggi 50cm harga Rp. 60.000,-,

Tinggi ย 1 Meter harga Rp. 150.000,-

Tinggi 1,3-1,5 Meter harga Rp. 200.000,-

Tinggi 2 Meter hargar Rp. 300.000,-

dan jika ingin beli yang sudah berbuah kami juga menjual dengan harga Rp. 4,5jt pak,

harga diatas belum termasuk ongkos kirim pak,

Untuk informasi contact person silahkan menghubungi saya di nomor :

Bp.Nugroho : 08562613096 , 081314600094 , 087719492097 , pin รŸLACะšรŸERRYยฎ 228DFAE1

Agen kami di :

Kota Kediri Jawa Timur:ย 

P. Fuad : 085815428791 / 081234169319

B. Diyan Purwanti : 085856115291

Kota Madiun Jawa Timur :

P. Katmanto : 081359321112

B. Sugiyah : 081259369648

Atau anda bisa menghubungi Team Langkah bisnis :

Agus Priyadi di nomor : 0856 45 86 84 86 / 087 857 769 369ย 

PIN BB : 321037C0

Line / Whats App : 0856 45 86 84 86

Cerita diatas kami ambil langsung dari wawancara di daerah alasmalang, kemrajen banyumas jawatengah

Tunggu Artikel berikutnya tanya jawab cara bertanam durian bawor di daerah daerah tertentu dan syarat-syaratnya, semoga bermanfaat ๐Ÿ˜€

Link Tutorial Budidaya durian dengan pakar-pakar tanaman lulusan UGM dan IPB PT. Natural Nusantara

Link Kesaksian Penggunaan Produk NASA untuk Durian di Daerah Wonosobo, hasil buah melimpah

 

37 Comments

  1. admin langkahbisnis 30 January 2013
    • nakib 23 February 2014
  2. bagus 30 January 2013
    • admin langkahbisnis 30 January 2013
  3. sugeng 30 January 2013
    • admin langkahbisnis 3 February 2013
      • ardian 8 January 2016
  4. admin langkahbisnis 31 January 2013
  5. judy 2 February 2013
  6. ali jepara 3 February 2013
    • admin langkahbisnis 3 February 2013
    • nakib 23 February 2014
  7. Samino 17 February 2013
    • admin langkahbisnis 17 February 2013
  8. admin langkahbisnis 17 February 2013
  9. syarifudin 17 February 2013
  10. admin langkahbisnis 17 February 2013
    • syarifudin 17 February 2013
  11. Aris Budiono 6 May 2013
    • admin langkahbisnis 6 May 2013
  12. ismail 12 January 2014
    • admin langkahbisnis 2 March 2015
  13. I Wayan Ngenteg Arsawan,S.Pd. 27 March 2014
    • admin langkahbisnis 23 December 2014
  14. TRI 14 December 2014
    • admin langkahbisnis 23 December 2014
  15. junaidi 10 March 2015
    • admin langkahbisnis 16 March 2015
  16. MUHAMAD IBRAHIM 23 June 2015
    • admin 11 July 2015
  17. Winarno 11 January 2016
    • admin 11 January 2016
  18. Pri 8 March 2016
    • admin 26 March 2016
  19. Hermawan D 2 April 2016
    • admin 7 April 2016

Leave a Reply