Langkah mudah budidaya lele sangkuriang

Langkah mudah budidaya lele sangkuriang

Langkah mudah budidaya lele sangkuriang

Langkah mudah budidaya lele sangkuriang – cukup mudah dan termasuk salah satu Usaha Modal Kecil. Anda bisa menggunakan areal dengan ketinggian yang berkisar antara 1 m – 800 m dpi. Persyaratan lainnya juga tidak telalu rumit, baik lokasi maupun teknologi yang digunakan masih tetap dapat memanfaatkan peralatan yang sederhana.

Penggunaan kolam tanah

–       Budidaya lele sangkuriang haruslah memperhatikan kualitas kolam. Dinding kolam haruslah keras agar kolam tidak bocor. Pengerasan kolam dapat dilakukan dengan memukul-mukul dinding kolam menggunakan balok kayu agar keras dan padat.

–       Pemberian kapur ke dalam kolam juga diperlukan untuk memberantas hama penyakit. Dosis yang dianjurkan adalah 20-200 gram/m2, namun hal itu juga tergantung dengan tingkat keasaman kolam. Bila PH atau keasaman rendah maka semakin banyak kapur yang ditaburkan.

–       Pemupukan dengan pakan ternak, dan pemasangan pintu penyaringan juga dilakukan sebelum ikan benih ditebarkan kedalam kolam.
Langkah mudah budidaya lele sangkuriang
Penebaran benih

–       Sebelum benih untuk budidaya lele sangkuriang ditebarkan maka sebaiknya disterilkan dari berbagai hama dengan menggunakan larutan KM5N04. Larutan tersebut digunakan sebagai campuran untuk merendam bibit leleselama 10 menit.

–       Penebaran benih sebaiknya dilakukan di pagi atau sore hari pada saat suhu udara sedang normal dan tidak panas. Sebelum dimasukkan ke dalam kolam maka benih terlebih dahulu diaklimatisasi dengan cara memasukkan air kolam secara perlahan dan sedikit demi sedikit.

Pemberian pakan

Makanan berupa pelet juga diperlukan untuk meberikan nutrisi pada ikan. Untuk banyaknya pakan, anda bisa menebarkan pakan sebanyak 2 – 5 % per hari berdasarkan pada berat total ikan yang tersebar di kolam

Pemanenan

Ketika budidaya lele sangkuriang memasuki tahap akhir maka Ikan dapat dipanen setelah mencapai ukuran konsumsi yaitu sekitar 15-20 inchi dan berat sekitar 200-250 gr. Pemanenan dilakukan dengan menyurutkan air kolam dan anda dapat menggunakan pipa atau bambu yang sudah dipersiapkan di kubangan kolam agar ketika air surut, ikan dapat ditangkap dengan mudah.

Demikan artikel singkat langkah mudah budidaya lele sangkuriang. Semoga bermanfaat.

Artikel yang terkait langkah mudah budidaya lele sangkuriang : cara budidaya lele sangkuriang di kolam terpal, budidaya lele sangkuriang kolam terpal, budidaya lele sangkuriang di kolam terpal, proposal budidaya lele sangkuriang, belajar sukses budidaya lele sangkuriang, cara budidaya lele sangkuriang, teknik budidaya lele sangkuriang, langkah mudah budidaya lele sangkuriang, cara budidaya lele sangkuriang clarias sp

Ternak | Budidaya

2 Comments

  1. TEGUH CANDRA 30 July 2013
  2. Budidaya Lele 17 August 2013

Leave a Reply