Teknik Cara menyilangkan Durian

langkah bisnis dot com : teknik cara menyilangkan durian.  Menyilangkan durian cukup mudah, hanya saja perlu dilakukan pada malam hari karena bunga durian mulai mekar pada sore sampai malam hari. Penyilangan dimulai dengan memilih calon tetua jantan dan betina, menghilangkan benang sari (kastrasi) pada bunga dari varietas yang dipilih sebagai tetua betina, mengambil kotak sari dari tetua jantan, dan diakhiri dengan menaburkan serbuk sari pada kepala putik. Selanjutnya tinggal menunggu bunga menjadi buah dan bijinya dipanen untuk bahan tanaman.

Durian adalah salah satu tanaman buah asli Indonesia dengan pusat asalnya Pulau Kalimantan. Tanaman durian menyerbuk silang sehingga keragaman tanaman di alam cukup besar. langkah bisnis dot com menyilangkan durian 1Namun, keragaman sumber daya genetik durian mengalami ancaman cukup serius seiring adanya alih fungsi lahan, pembalakan liar, penggunaan kayu durian untuk bahan bangunan, dan sebab lainnya. Keragaman genetik yang tinggi sangat diperlukan dalam seleksi untuk memperoleh varietas baru. Selain melalui seleksi, varietas baru dapat pula diperoleh melalui persilangan dengan bantuan manusia.

Penyilangan tanaman durian memerlukan tetua-tetua yang memiliki keunggulan tertentu sesuai dengan yang diinginkan. Sayangnya, untuk mengetahui hasil persilangan diperlukan waktu relatif lama. Persilangan yang dilakukan saat ini baru dapat dinikmati hasilnya oleh generasi mendatang. Balai Penelitian  tanaman Buah Tropika yang berlokasi di Solok, Sumatera Barat, telah menyilangkan tanaman durian sejak 2010.Menyilangkan durian cukup mudah, hanya saja perlu dilakukan pada malam hari karena bunga durian mulai mekar pada sore sampai malam hari. Meskipun bunga durian mekar pada sore hari, kotak sarinya (antera) belum pecah sehingga tepung sari (polen) belum siap untuk penyerbukan. Polen baru siap digunakan untuk menyerbuki putik sekitar pukul 19.00.

Berikut langkah menyilangkan durian:

langkah bisnis dot com menyilangkan durian 2

1. Menghilangkan benang sari (kastrasi) pada bunga dari varietas yang akan digunakan sebagai tetua betina. Kastrasi dilakukan pagi hari pada bunga yang diperkirakan akan mekar pada esok hari. Setelah dikastrasi, bunga dibungkus kantong kertas minyak untuk menghindari penyerbukan yang tidak diinginkan.

2. Pada sore hari (kira-kira pukul 15.00) diambil bunga dari varietas yang akan dipakai sebagai tetua jantan. Bunga diletakkan
pada wadah yang dialasi tisu/ kapas basah dengan posisi menghadap ke atas. Selanjutnya bunga dijemur satu jam di bawah terik matahari agar kotak sari cepat pecah. Selanjutnya bunga disimpan di tempat yang teduh. Pada malam harinya, ketika serbuk sari mulai terlihat, bunga siap untuk digunakan sebagai penyerbuk bunga yang telah dikastrasi.

3. Penyerbukan dilakukan dengan mengoleskan serbuk sari dari tetua jantan ke putik tetua betina. Selanjutnya, bunga ditutup kantong kertas minyak dan diberi label sesuai dengan varietas yang digunakan (tetua betina x tetua jantan) dan tanggal persilangan. Kantong kertas dibuka setelah ± 5 hari. Setelah proses persilangan selesai, tinggal menunggu buah untuk dipanen. Pada saat dipanen, biji hasil langkah bisnis dot com menyilangkan durian 3persilangan dibersihkan dari daging buahnya dan dipilih biji yang bernas. Selanjutnya biji disemaikan dan dibiarkan tumbuh sampai siap untuk disambung dengan batang bawah. Selanjutnya bibit siap untuk  ditanam dan dievaluasi hasilnya jika sudah berbuah. Satu buah durian hasil persilangan menghasilkan  tanaman yang beragam. Oleh karena itu, selain untuk memperoleh varietas unggul, hasil persilangan  juga bermanfaat untuk menambah koleksi sumber daya genetik (Ni Luh Putu Indriyani).

Sumber : balitbu@litbang.deptan.go.id

4 Comments

  1. ahmad 21 February 2013
    • admin langkahbisnis 21 February 2013
  2. ahmad 21 February 2013

Leave a Reply