Teknik Menanam durian (durian bhineka bawor maupun durian lainnya)

langkah bisnis dot com : Teknik Menanam durian (durian bhineka bawor maupun durian lainnya), Saat ini, permintaan dan harga durian tergolong tinggi, karena memberikan keuntungan menggiurkan bagi siapa saja yang membudidayakan. Sehingga bertanam durian merupakan sebuah prospek usaha agribisnis yang bagus. Cara bertanam durian yang baik merupakan pintu gerbang untuk menuju sukses. Disini langkah bisnis dot com, mencoba mengutip informasi teknik budidaya durian berdasarkan PT. Natural Nusantara yang akan membantu alternative solusi bagaimana teknis budidaya durian secara intensif, sehingga terjadi peningkatan hasil secara K- 3, yaitu Kuantitas, Kualitas dan Kelestarian lingkungan. Semoga teknik budidaya ini bermanfaat buat kita semua dan mendapatkan hasil yang maksimal. Teknik menanam durian ini kami konsep dalam metode sistem tanya jawab, agar pembaca mudah memahami tata cara penanamannya serta bagaimana cara penanganan hama penyakitnya. Kami memberikan simbol Warna merah untuk penanya dan Warna Hitam untuk penjawab.

  • Durian itu bisa hidup di ketinggian berapa sih pak ?
  • Syarat pertumbuhan durian bisa maksimal/optimal pada 50-600 m dpl,intensitas cahaya 40-50 %, dengan suhu 22-30 0C, curah hujan ideal 1.500 – 2.500 mm per-tahun. Tanah yang cocok, lempung berpasir subur dan banyak kandungan bahan organik, dan pH 6 – 7, Tetapi tidak selalu berapa diketinggian tersebut, karena jenis durian bawor ini mudah beradaptasi dan jika Anda lihat di sekeliling ada tanaman durian, maka tempat Anda bisa untuk ditanami durian pak
  • Indukkan durian bhineka bawor di banyumas pak sarno ahmad

    Indukkan durian bhineka bawor di banyumas pak sarno ahmad

    Oh begitu ya pak, terus apa yang seharusnya saya siapkan terlebih dahulu untuk menanam durian, terutama durian bawor yang ingin saya beli ke team langkah bisnis yang ada di web ini pak ?

  • Yang perlu bapak siapkan terlebih dahulu adalah, buatkan lubang dengan ukuran 50x50cm dengan kedalaman 50cm jangan lupa Pisahkan tanah bagian atas dengan bagian bawah dan biarkan selama kurang lebih 1-2 minggu. Tanah bagian atas dicampur dengan pupuk kandang matang 20 kg + 5 gr Natural GLIO + 10 kg Dolomit sampai rata sebagai media tanam, kemudian masukkan campuran tersebut ke dalam lubang tanam dan biarkan 1 minggu sebelum bibit ditanam. Tetapi jika tidak ada produk tersebut bapak bisa cuma memakai pupuk kandang yang sudah tua/bercampur dengan tanah, biarkan seminggu, tetapi jika dirasa komposnya berbaur dengan tanah, besok atau lusapun sudah siap untuk ditanami (ingat pastikan jangan kompos yang baru ya pak, karena kalau kompos masih baru, suhunya masih panas, sehingga bibit bisa mati kepanasan)
  • Untuk sistem pengairannya bagaimana pak ? apakah sama seperti menanam pohon mangga atau tanaman lainnya ?
  • Untuk durian kita harus tahu karakteristiknya, tanaman ini tidak boleh kena air terlalu lama/air yang menggenang, untuk itu buatkan juga aliran air yang bagus (drainase yang bagus) agar air tidak terus menggenang, dengan cara tanah yang akan ditanami ditinggikan sedikit agar nanti jika hujan airnya tidak akan menggenangi terlalu lama di tanaman durian yang kita tanam.
  • Oh ya pak, berapa jarak tanam yang kita butuhkan untuk menanam durian, mungkin kalau cukup 1 batang gampang pak, tapi kalau saya pengen nanam 4 atau lebih bagaimana pak jaraknya?
  • Untuk jarak antar pohon durian, standart/bagusnya 10x10meter, jadi dari tempat kita berdiri kekanan 10meter, ke kiri 10meter, ke depan 10meter dan ke belakang 10meter, namun jika lahan yang bapak punya sempit, pakai ukuran 6x6meter juga ok pak. dan durian ini daun bawahnya lebat, jadi tanaman ini tidak terlalu tinggi, apalagi jika kita konsep seperti yang pernah team langkah bisnis wawancara kepada pak Nugroho salah satu pemilik dan penjual bibit durian monthong bhineka bawor.
  • Ehmm, bapak kok bilang durian monthong bhineka bawor, kok bukan durian bawor saja atau bhineka bawor pak? memang durian bawor itu aslinya dari durian apa sih pak ?
  • Daging buah yang tebal memberikan nilai lebih untuk durian ini

    Daging buah yang tebal memberikan nilai lebih untuk durian ini

    Informasi yang kami dapatkan langsung dari berbagai petani yang ada di banyumas salah satunya pak nugroho, bahwa durian bhineka bawor itu ada 2 jenis indukkan, yang pertama dari durian monthong (hasil buah kuning, lembut, manis dan legit serta berat buah 2-8kg, terkadang ada yang lebih dari 8kg tapi jarang), berbeda dengan jenis durian induk bhineka bawor, yaitu durian kani yang memilik hasil buah yang jumbo/besar besar, berat bisa mencapai 15kg, rasa manis agak sedikit pahit. Dari kedua jenis indukkan durian bhineka bawor tersebut memiliki biji buah yang kempes-kempes alias kecil kecil, dan daging buahnya tebal-tebal, tekstur rasa yang lembut dan manis bikin ketagihan bagi yang menikmatinya 😀

  • Wahhh mantap banget pak, oh ya pak, kembali ke penanaman pak, setelah lahan sudah saya siapkan, langkah berikutnya gimana pak ?
  • Ya jelas beli bibitnya donk pak :D, bibit bisa didapatkan di tempat bapak nugoroho, di team langkah bisnis atau di agen-agen yang pernah kami
    Biji durian ini kempes-kempes atau kecil-kecil :D

    Biji durian ini kempes-kempes atau kecil-kecil 😀

    sebutkan di artikel sebelumnya pak. tinggi bibit durian yang kami punyapun bervariasi ada yang tinggi 50-1meter, 1.5mter, 2mter, bahkan kami juga punya yang tingginya 3meter lebih dan akan berbuah pak :). Untuk  Penanaman yang ideal pada awal musim hujan. Gali lubang tanam yang berisi campuran media tanam sesuai ukuran bibit. Ambil bibit dan buka plastik pembungkus tanah secara hati-hati. Tanam bibit sebatas leher akar tanpa mengikutkan batangnya. Siram air secukupnya setelah selesai tanam. Akan lebih baik ditambah pupuk organik SUPERNASA dosis 1 botol untuk ± 200 tanaman . 1 botol SUPERNASA diencerkan dalam 2 liter (2000 ml) air dijadikan larutan induk. Kemudian setiap 1 liter air diberi 10 ml larutan induk lalu siramkan setiap pohon atau siramkan SUPERNASA 1 sendok makan per 10 liter air per pohon. Jangan lupa untuk melakukan pemangkasan juga, Pangkas terhadap tunas-tunas air, cabang atau ranting yang sudah mati dan terserang hama penyakit serta ranting-ranting yang tidak terkena sinar matahari. Ketika tanaman mencapai ketinggian tertentu 4-5 meter, pucuk tanaman dipangkas, agar tanaman ini tidak terlalu tinggi.

  • Pak nugroho sedang berpose didekat pohon duriannya

    Pak nugroho sedang berpose didekat pohon duriannya

    Mantappp pak penjelasannya :D, ehmm tapi durian bhineka bawor ini kok daunnya lebat dan pendek pendek sudah berbuah ya pak, apa ada trik khusus agar berbuah pendek seperti itu pak ?

  • Benar pak, ada trik khusus sehingga durian bisa pendek-pendek sudah berbuah, salah satunya ya tadi, pangkas pucuk bagian atas  jika sudah tinggi 4-5meter, dan dahan-dahan/batang yang menjulur keatas dikasih tali yang dibebani bata/batu agar batangnya tertarik ke bawah, dengan metode seperti ini pohon durian bapak akan terlihat pendek-pendek sudah berbuah 😀
  • Ide yang bagus pak, ngomong-ngomong bagaimana pak cara pemupukannya ?
  • Untuk metode pemupukannya. kita bisa menggunakan metode dari PT. Natural Nusantara. Pemupukan sejak awal pertumbuhan sampai tahun ke-3 dengan pupuk NPK yang kadar N tinggi. Waktu pemupukan pupuk kandang sekali setahun pada akhir musim hujan atau awal musim kemarau. Sedangkan pupuk Makro sesuai dengan umur tanaman. Caranya dengan menaburkan memutar sesuai dengan lebar pendeknya tajuk tanaman. Siramkan pupuk organik SUPERNASA (0-3 thn) dan POWER NUTRITION (diatas 3 thn) dengan cara sesuai di atas . Semprotkan 3-4 tutup POC NASA + 1 tutup HORMONIK per tangki tiap 1-2 bulan selama
    masih bisa dijangkau alat semprot. Atau jika tidak menggunakan produk Nasa, intinya dosis N lebih tinggi daripada P dan K. tapi alangkah baiknya jika digabung dengan produk Nasa yang sudah terbukti keampuhannya di lingkungan para petani.
  • Mantappp pakkkk, satu lagi pertanyaan saya pak, setiap tanaman pasti punya penyakit, apa saja pak penyakit/hama yang dimiliki oleh durian dan bagaimana cara penganggulangannya pak?
  • Ini informasi yang kami dapatkan dari team PT. Natural Nusantara, para lulusan dari UGM dan IPB Serta para pakar Hama tanaman
    Pohon durian bhineka bawor yang berumur 3-4tahun (belajar berbuah)

    Pohon durian bhineka bawor yang berumur 3-4tahun (belajar berbuah)

    1. Penggerek Batang (Batocera sp. , Xyleutes sp.)Menyerang dengan cara membuat lubang pada batang, dahan, atau ranting. Gejala serangan tanaman layu, daun kering dan rontok akhirnya mati. Pengendalian; sanitas kebun, potong dan musnahkan batang, dahan, atau ranting yang parah terserang, tutup bekas lubang gerekan dengan kapas yang sudah diberi PESTONA + POC NASA atau disemprotkan.2. Penggerek Buah (Tirathaha sp., Dacus dorsalis )

    Gejala buah menjadi busuk berulat dan akhirnya rontok. Semprotkan sejak awal dengan PESTONA atau PENTANA + AERO 810 sejak buah berumur 1 minggu, Gunakan perangkap Natural METILAT.

    3. Kutu Putih ( Pseudococus sp.)

    Hama ini menyerang dengan mengisap cairan dan bisa sebagai pembawa penyakit embun jelaga dan penyebaran dibantu semut. Gejala serangan daun keriting dan merana, sehingga bunga dan buah bisa rontok. Semprotkan PESTONA atau PENTANA + AERO 810 secara bergantian.

    4. Ulat Daun (Papilia sp., Setora sp., Lymatria sp.)

    Ketiga ulat menyerang dengan cara memakan daun sehingga berlubang dan rusak. Semprotkan PESTONA atau PENTANA + AERO 810 secara bergantian.

    5. Penyakit Kanker Batang (Phytophthora palmivora)

    sebagian stok bibit kami yang tingginya 1-1,5meter

    sebagian stok bibit kami yang tingginya 1-1,5meter

    Gejala serangan adanya luka yang mengeluarkan lendir warna merah pada kulit batang bagian bawah dekat tanah. Setelah batang busuk, pucuk-pucuk tanaman akan mengering, daun layu dan rontok, dan akhirnya mati. Pengendalian dengan sanitasi kebun, memperlebar jarak tanam, menekan gulma, pemangkasan, sejak awal sebelum tanam sebarkan Natural GLIO atau oleskan pada batang yang luka kemudian tutup dengan parafin, kerok batang terserang sampai warna coklat tidak kelihatan kemudian semprot PESTONA + POC NASA.

    6. Penyakit Busuk Akar (Jamur Fusarium sp.)

    Jika dibelah, pada bagian korteks akan tampak warna coklat dan pada bagian yang berkayu akan tampak warna merah muda dengan bercak coklat. Tanaman yang terserang dimusnahkan dan dibakar serta bekas lubang tanam ditaburi kapur + Natural GLIO, perbaiki sistem drainase serta sejak awal pakai Natural GLIO sebagai pencegahan.

    7. Penyakit Bercak Daun (Jamur Colletotrichum sp.)

    Gejala adanya bercak-bercak besar kering pada daun tanaman yang akhirnya berlubang. Potong daun terserang, semprotkan Natural GLIO + POC NASA sebagai pencegahan gunakan fungisida berbahan aktif tembaga.

    8. Penyakit Jamur Upas (pink disease)

    Gejala munculnya cairan kuning pada bagian batang terserang dan diselimuti dengan benang-benang jamur berwarna mengkilat berbentuk seperti laba-laba sehingga menyebabkan kematian pada batang. Potong bagian terserang, kurangi kelembaban, Oleskan Natural GLIO + POC NASA pada bagian terserang atau fungisida berbahan aktif tembaga

    9.Penyakit Akar Putih (JamurRigodoporus lignosus)

    Daun kuning kemudian coklat sebelum akhirnya mengerut dan gugur. Buang semua tanaman inang dari areal kebun, gunakan Natural GLIO sebagai pencegahan.

    10. Penyakit Busuk Buah ( Jamur Phytophthora sp.)

    Gejala adanya bercak-bercak basah berwarna coklat kehitaman pada kulit buah, kemudian busuk dan pada bagian terserang terbentuk miselium dan sporangia berwarna putih. Gunakan Natural GLIO sebelum tanam sebagai tindakan pencegahan, sanitasi kebun.

    Catatan : Jika pengendalian hama dan penyakit dengan pestisida alami belum mengatasi, sebagai alternative terakhir bisa digunakan pestisida kimia yang dianjurkan. Agar penyemprotan lebih merata dan tidak mudah hilang oleh air hujan tambahkan Perekat Perata Pembasah AERO 810dosis 0,5 tutup botol per tangki

  • Wahhh jelas banget pak penjelasannya,  Trus ada tidak pak kelebihan dari produk Natural nusantara atau NASA untuk tanaman durian ini pak? selain produk yang bisa dipakai untuk menanggulangi penyakit ?
  • PT. Natural nusantara memiliki komposisi/dosis yang bisa digunakan untuk membuahkan durian diluar musim pak, berikut informasinya :
    PEMBUAHAN DI LUAR MUSIM

    Jenis durian ini tidak perlu  tinggi-tinggi sudah berbuah :D

    Jenis durian ini tidak perlu tinggi-tinggi sudah berbuah 😀

    Caranya mengatur pembungaan di setiap pohon durian per blok, yaitu jika menginginkan panen durian bulan Agustus – November, maka sekitar bulan Maret tanaman pada blok diberi pupuk 1,5-2 kg NPK + 1 sendok makan POWER NUTRITION per 10 liter air per pohon dan akan lebih bagus ditambah penyemprotan 3-4 tutup POC NASA + 1 tutup HORMONIK per tangki setiap 7-10 hari sekali sebanyak 3-4 kali. Selain itu kira-kira 3 bulan sebelumnya tanah areal penanaman harus dikeringkan. Jika waktu pengeringan turun hujan, tanah di sekeliling tanaman dalam radius 5-7 meter diberi mulsa dan dibuatkan saluran pembuangan air. Setelah bunga mekar dan menjadi buah atau 2 bulan setelah bunga mekar, tanaman diberi pupuk NPK dosis 0,5 – 1 kg per tanaman. Setelah terbentuk buah, usahakan tanaman tidak mengeluarkan tunas daun karena dapat menyebabkan terjadinya perebutan unsur hara antara buah dan daun, sehingga perlu disiram POWER NUTRITION lagi (1 botol untuk 30-50 pohon).PENYERBUKAN

    Tidak semua bunga bisa menjadi buah karena bunga durian mekar pada sore sampai malam hari sehingga tidak banyak serangga penyerbuk. Selain itu juga tidak semua bunga durian muncul secara bersamaan, padahal penyerbukan berhasil jika serbuk sari dan kepala putik harus matang secara bersamaan. Oleh karena itu perlu dilakukan penyerbukan buatan, caranya sapukan kuas halus pada bunga mekar pada malam hari. Untuk memaksimalkan kualitas dan kuantitas, sebaiknya dalam satu areal penanaman tidak hanya satu jenis varietas tertentu, tetapi dicampur dengan varietas yang lain.

    PERAWATAN BUAH

    Penyeleksian buah setelah berdiameter 5 cm. Sisakan dua buah terbaik, jarak ideal buah satu dengan yang lain sekitar 30 cm. Tanaman durian yang baru pertama kali berbuah sebaiknya dipelihara satu atau dua butir buah. Untuk mencegah kerontokan buah setelah buah berumur 10 hari sejak terbentuk, lebih bagus jika diberikan pupuk makro NPK (0,5-1 kg/pohon) ditambah POWER NUTRION (1 botol untuk 30-50 pohon).

    PEMANENAN

    langkah-bisnis-dot-com-bibit-durian-bhineka-bawor-tinggi-1meter-lebihWaktu panen berbeda tergantung jenis varietas. Jenis monthong sekitar 125 – 135 hari setelah bunga mekar, jenis chanee sekitar 110 – 116 hari setelah bunga mekar. Buah durian mengalami tingkat kematangan sempurna 4 bulan setelah bunga mekar. Waktu petik berdasar tanda-tanda fisik, misal ujung duri coklat tua, garis-garis di antara duri lebih jelas, tangkai buah lunak dan mudah dibengkokkan, ruas-ruas tangkai buah membesar, baunya harum, terdengar bunyi kasar dan bergema jika buah dipukul. Cara panen dengan memetik atau memotong buah di pohon dengan pisau atau galah berpisau. Bagian yang dipotong adalah tangkai buah dekat pangkal batang dan usahakan buah durian tidak sampai terjatuh karena mengurangi kualitas buah.

  • Luar biasa sekali penjelasannya pak, semoga penjelasan diatas bermanfaat buat para pembaca calon pembeli atau penanam durian yang ingin sukses dalam bisnis durian ini pak 😀
  • Aminnnn 😀
  • Ehmm untuk dapat bibitnya saya harus beli dimana pak? serta harganya berapa per batangnya dan bagaimana proses pengirimannya jika saya berada di luar kota atau di luar pulau pak ?
  • Untuk Tinggi 50cm harga Rp. 60.000,-, 

    Tinggi  1

    -1,5 Meter harga Rp. 150.000,- 

    Tinggi 2 Meter hargar Rp. 300.000,-, Tinggi 3 meter siap 500.000,- , yang sudah akan berbuah kami jual dengan harga 4,5jt [semua belum termasuk ongkos kirim] Untuk harga sekarang sudah berbeda dikarenakan stok yang sudah tidak mencukupi (lihat di link ini)

     

    Untuk mendapatkan bibit bapak bisa menghubungi :

    Pengiriman bibit keluar kota

    Pengiriman bibit keluar kota


    Agus Priyadi : di nomor : 0856 45 86 84 86 (Line/Whats App/SMS/Call), 087 857 769 369, PIN BB : 321037C0, Email : Langkahbisnis@gmail.com [partai kecil dan besar, dalam pulau jawa dan luar pulau jawa]

    Bp.Nugroho : 08562613096 , 081314600094 , 087719492097 , pin ßLACКßERRY® 228DFAE1 [partai besar dalam pulau jawa dan luar pulau jawa]

    Agen kami di :

    Kota Kediri Jawa Timur:
    P. Fuad : 085815428791 / 081234169319
    B. Diyan Purwanti : 085856115291

    Kota Madiun Jawa Timur :
    P. Katmanto : 081359321112
    B. Sugiyah : 081259369648

    Atau anda bisa menghubungi Team Langkah bisnis :
    Agus Priyadi di nomor : 0856 45 86 84 86 / 087 857 769 369
    PIN BB : 321037C0
    Line / Whats App : 0856 45 86 84
    86

    Pengiriman bibit keluar kota

    Pengiriman bibit keluar kota

    Proses pengiriman kami jika lokasi ada di jakarta, bogor, bandung biaya per batangnya Rp. 35.000,- sudah sampai tempat (sudah sampai didepan rumah, tanpa harus repot-repot menunggu di stasiun atau harus menunggu dipost post bis, yang jelas expedisi kami akan mengirimkan pesanan bibit yang bapak pesan sampai ke rumah bapak/tujuan yang diinginkan). Selain biaya bibit ada biaya lagi, yaitu kotak packing yang terbuat dari kayu sebagai pembungkus agar tanaman tidak berbenturan dengan benda lain, harga kotak packing Rp. 25.000,- (bisa digunakan untuk 4 batang bibit durian) [estimasi waktu yang dibutuhkan antara 2-5hari], pengalaman kami yang sudah-sudah 2hari terkadang sudah sampai tujuan, dan Anda jangan khawatir kami sudah bekerja sama dengan expedisi, jika tanaman lebih dari 2 hari, team expedisi membantu menyiramkan air ke bibit yang bapak pesan, jadi sampai tujuan bibitpun masih segar segar 😀

    Sedangkan untuk pengiriman luar pulau kami kenakan biaya per batangnya Rp. 120.000,- ditambah biaya kotak packing Rp. 25.000,-, estimasi waktu yang dibutuhkan 4-12 hari, sama perlakuannya dengan diatas, Anda jangan khawatir kami sudah bekerja sama dengan expedisi, jika tanaman lebih dari 2 hari, team expedisi membantu menyiramkan air ke bibit yang bapak pesan, jadi sampai tujuan bibitpun masih segar segar 😀

    sebagai contoh bapak rumahnya jakarta pesan 4 batang bibit durian bawor (berkaki 4 atau 1kaki) dengan tinggi 1 – 1,5meter maka hitungannya : Rp. 150.000,- x 4 +  35.000,- x 4 + 25.000 = Rp. 765.000,- [ditunggu 2-4hari bibit akan datang didepan rumah Anda pak :D]

Client kami yang ada di Madiun jawa timur, bibit durian bawor ditanam di sawah

Client kami yang ada di Madiun jawa timur, bibit durian bawor ditanam di sawah

Client kami pak Andy dari lamongan telah menanam di Gondang legi malang selatan

Client kami pak Andy dari lamongan telah menanam di Gondang legi malang selatan

Kotak packing pelindung bibit durian bawor (1 kotak bisa 4 atau 5 batang) kiriman ke bu Niken di madiun jawa timur

Kotak packing pelindung bibit durian bawor (1 kotak bisa 4 atau 5 batang) kiriman ke bu Niken di madiun jawa timur

 

Client kami pak Ali yang ada di Jepara

Client kami pak Ali yang ada di Jepara

Kepada client/customer kami, terima kasih atas kepercayaan dan kerjasamanya slama ini, dan smoga bibit-bibit yang bapak/ibu tanam lekas berbuah dan sukses.. amin 😀

32 Comments

  1. admin langkahbisnis 6 March 2013
  2. Muhamad Revi 7 May 2013
    • admin langkahbisnis 7 May 2013
  3. syaiful 30 May 2013
    • admin langkahbisnis 30 May 2013
  4. antonius wijaya 3 June 2013
    • admin langkahbisnis 11 June 2013
  5. khoirul anam 12 September 2014
    • admin langkahbisnis 23 December 2014
  6. ari irvansyah 28 April 2015
  7. twento 25 December 2015
    • admin 7 January 2016
      • Mintana 15 January 2016
  8. bahrul ulum 29 January 2016
  9. Toko Obral 2 February 2016
  10. Toko Obral 2 February 2016
  11. Vicky 4 February 2016
    • Admin 5 February 2016
    • sariyono 21 April 2016
      • admin 10 May 2016
  12. aneng syafitri 18 February 2016
    • admin 24 February 2016
  13. Mahmud Iskandar 29 February 2016
    • admin 1 March 2016
  14. Mohammad Iqbal 5 April 2016
    • admin 7 April 2016
  15. Effan Zulfiqar 21 April 2016
    • admin 10 May 2016
  16. joul 2 June 2016
  17. Suwardi 1 July 2016

Leave a Reply