Tips memilih ban mobil

tips memilih ban mobil

tips memilih ban mobil

Tips memilih ban mobil – Sebagaimana pada artikel sebelumnya mengenai daftar harga ban mobil kali ini akan saya bahas mengenai tips memilih ban mobil. Ban selain sebagai aksesoris untuk mobil juga merupakan salah satu fitur keselamatan paling penting dalam mobil Anda. Ban mobil adalah satu-satunya perangkat yang menghubungkan mobil jalan raya. Tanpa diimbangi ban yang sesuai teknologi keselamatan seperti Antilock Brakes (ABS) dan kontrol stabilitas elektronik tidak dapat bekerja dengan baik.

Peran ban adalah sangat penting untuk kenyamanan dan keselamatan berkendara, tetapi taukan anda cara memilih ban yang tepat untuk mobil anda?. Saat ini ada berbagai jenis ban tetapi sedikit informasi tentang ban tersebut. Tidak ada ban yang paling bagus, karena kebutuhan setiap orang berbeda satu sama lain. Memilih atau menentukan ban mobil untuk memperoleh performa mobil yang bagus saat ini menjadi lebih diutamakan, hal ini karena beberapa mobil mempunyai fungsi yang berbeda khusus sehingga beberapa perusahaan pembuat ban mobil menciptakan banyak jenis ban mobil dengan variasi yang sangat banyak. Berikut ini adalah beberapa tips memilih ban mobil yang perlu diperhatikan.

 

Tips memilih ban mobil :

1. Utamakan Keselamatan.
Carilah ban yang mengutamakan keamanan yaitu ban yang baik pada saat dipakai dalam tes pengereman, handling dan mempunyai daya tahan untuk hydroplaning (pembetukan lapisan air antara ban dan permukaan jalan). Biarkan tread wear, kenyamanan mengemudi, suara-suara, dan daya tahan perputaran menjadi nilai tambah saja.

2. Bacalah petunjuk yang diberikan
Jaminan yang diberikan oleh pabrik untuk ban-ban mereka adalah jaminan penggantian kerugian apabila ban mengalami kerusakan dalam jarak tempuh yang mereka janjikan. Semakin jauh jarak tempuh yang ada pada ban, semakin kecil nilai penggantiannya.

Kebanyakan jaminan untuk ban hanya mencakup kerusakan yang terjadi karena pengunaan secara regular dan tidak mencakup kerusakan yang dikarenakan lubang dijalanan ataupun bahaya yang terjadi dijalanan.

3. Kenali ukuran ban
Untuk mengetahui tipe dan ukuran ban yang direkomendasikan oleh manufaktur kendaraan, cek pada bagian plakat yang ada di doorjamb atau laci mobil, pada penutup bahan bakar, atau dibuku panduan pemilik.

Demikian tips memilih ban mobil, ketika anda sudah memutuskan untuk membeli jenis ban tertentu lakukanlah perawatan untuk ban baru anda. Ban mobil bukanlah barang yang bebas perawatan. Perlu diketahui bahwa ban kehilangan tekanan 1 psi setiap bulan. Jika Anda membeli ban pada bulan Agustus, pada Januari Anda akan kehilangan 20% tekanan udara pada ban. Ban yang kempes (kurang udara) akan menyedot bahan bakar lebih banyak. Semoga bermanfaat.

buka-usaha.com

2 Comments

  1. cara memilih ban 18 July 2014
    • admin langkahbisnis 23 December 2014

Leave a Reply