Gampang Banget!. 6 Tips Mudah Cara Budidaya Tanaman Buah Cempedak Agar Mampu Tumbul Bagus dan Berbuah Unggul

195

 Bagi para penggemar buah-buahan khas indonesia, pastinya sudah tidak asing dengan buah yang satu ini. Bentuk mirip seperti buah nangka dengan ukuran yang lebih kecil. Yups Tepat sekali, inilah BUAH CEMPEDAK. Buah cempedak memang secara fisik memiliki bentuk yang tampak seperti buah nangka, hanya saja, buah cempedak memiliki ukuran yang lebih kecil. Buah cempedak sendiri populer akan keunggulan rasanya yang manis dengan bentuk dagingnya yang bulat cantik, selain itu, buah cempedak juga tersohor memiliki aroma yang sangat khas layaknya aroma buah durian. Kelebihan lainnya dari buah cempedak ini adalah jumlah buahnya yang cukup banyak dalam satu pohon yang selalu tumbuh tidak ada hentinya. pohon cempedak mampu berbuah secara berangsur-angsur yaitu dalam satu periode buah cempedak mampu panen sebanyak 3-5 kali. wow keren banget.

Tanaman buah cempedak merupakan salah satu tanaman buah khas indonesia yang berasal dari hasil penyambungan antara bibit pohon nangka dengan bibit pohon cempedak sendiri. tanaman buah cempedak masih termasuk dari famili Moraceae. Secara fisik pohon cempedak termasuk jenis tanaman yang memiliki batang yang besar dan rindang, daunnya sangat subur berwarna hijau dan mampu tumbuh hingga mencapai ketinggian 20 meter. Keunggulan lain dari tanaman buah Cempedak ini adalah pohon ini termasuk jenis tanaman yang mampu beradaptasi dengan sangat baik terhadap lingkungannya. sehingga pohon cempedak ini mampu tumbuh di berbagai dataran baik datran rendah hingga dataran tinggi serta mampu tumbuh di berbagai jenis tanah. Pohon cempedak sendiri sangat menyukai jenis daerah di mana tanah tidak sangat sering tergenang air atau air hadir, tetapi meresap, tidak banjir. Buah cempedak termasuk salah satu buah musiman dan masih jarang kita jumpai di pasar-pasar modern, hal ini yang membuat harga jualnya cukup tinggi.

Memiliki pohon cempedak di pekarangan rumah tentunya sangat menyenangkan sekali, ditambah lagi, ketika musim panen telah tiba, anda bisa memetik buah cempedak langsung dari pohonnya dan menyantapnya dalam kondisi masih segar, hmmm pasti sangat menyenangkan. tertarik untuk membudidayakan buah cempedak?. tenang saja, JualBenihMurah.com  akan memberikan ulasan tentang panduan budidaya tanaman buah cempedak agar tumbuh dengan baik dan berbuah dengan optimal

A. SYARAT TUMBUH TANAMAN BUAH CEMPEDAK
1. Iklim
Pohon cempedak cocok tumbuh di daerah yang memiliki curah hujan tahunan rata-rata 1500-2500 mm dan musim kemarau tidak terlalu keras.
Rata-rata suhu udara minimum 16-21 derajat C dan suhu udara maksimum 31,5 derajat C. 31-
Kelembaban tinggi diperlukan untuk mengurangi penguapan.

2. Tanah
Pohon cempedak dipelihara di berbagai jenis tanah, namun lebih suka aluvial, tanah liat berpasir / liat berlempung yang dalam dan juga irigasi.
Umumnya, tanah yang disukai adalah tanah yang gembur dan sedikit pasir.
Pohon cempedak tahan terhadap pH rendah (tanah masam) dengan pH 6,0-7,5, tetapi pH optimum 6-7.

3. Ketinggian Tanah
Pohon cempedak dapat tumbuh dari dataran rendah sampai ketinggian awal dari 1.300 m di atas permukaan laut.
Namun ketinggian tempat terbaik untuk tumbuh cempedak adalah antara 0-800 m di atas permukaan laut.

Berikut ini Petunjuk Mudah Cara Budidaya Tanaman Buah Cempedak Agar Mampu Tumbul Bagus dan Berbuah Unggul

1. Pemilihan Bibit

  • Bibit tanaman buah cempedak dapat di ambil dari hasil generatif, Pilihlah bibit terbaik adalah biji yang berasal dari buah matang di pohon. kemudian pilih biji berbentuk lebih bulat dan besar. Kemudian menanam bibit dalam ukuran polybag dari 1 liter.
  • Setelah menyiram secara teratur sampai setengah tahun, dan kemudian tanaman siap tanam.
  • Selian itu, Bibit tanaman buah cempedak juga dapat kita ambil dari hasil vegetatif, perbanyakan dengan okulasi. bibit cempedak hasil vegetatif dapat anda dapatkan di toko bibit terpercaya. 

2. Pengolahan Lahan
Lahan yg akan digunakan untuk bertanam sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu dr rerumputan, sisa tebangan, tanaman liar lalau dibajak atau dicangkul.
Di sekitar lahan atau kebun sebaiknya dibuat saluran drainase, hal ini bertujuan untuk menghindari adanya genangan.
Kegiatan pengolahan lahan sebaiknya dilaksanakan pada waktu sebelum musim hujan.

3. Tahap Penanaman

  • Jarak tanam untuk tanaman cempedak sebaiknya menggunakan ukuran 10×10 meter atau 12×12 meter, karena jika jarak yang terlalu dekat, pohon tidak akan memiliki banyak cabang dan tentu buah juga akan kurang.
  • Ukuran lubang tanam dapat menggunakan ukuran 80 x 80 x 70 cm atau 70 x 70 x 60 cm, penggalian tanah bagian atas (20 cm) dipisahkan oleh bagian bawah tambang dan kiri selama 2-3 minggu.
  • Lubang tanam ditutup kembali, dgn tanah galian pd pertama kali memasuki setelah dicampur dgn pupuk kandang organik / kompos sebanyak + 30 kg / lubang.
  • Tanam musim hujan dilakukan di awal sore sehingga bibit sudah ditanam tidak langsung terkena sinar matahari.
  • Bibit ditanam sekitar 5 cm di atas pangkal batang dan diikat ke batang / bambu sehingga tanaman dapat tumbuh tegak.
  • Bibit yang baru ditanam harus diberi naungan untuk menghindari hujan deras sengatan matahari. Naungan dapat dibongkar setelah 3-5 bulan tanaman tua.
  • Tanah di sekitar tanaman dianjurkan di tutupi rumput / jerami sebagai mulsa tertutup, sehingga kelembaban tanah dapat stabil.

4. Tahap Pemeliharan
4.1 Pembersihan Gulma
Pada saat pembesaran tanaman, rumput tidak harus disemprot, cukup dipangkas dan dibiarkan mengering di sekitar akar tanaman.
Hal ini cukup berguna sebagai pupuk organik.
Jika disemprotkan, pertumbuhan akar tanaman juga terganggu, akibatnya tanaman akan menjadi kuning.
Selain itu, jika tanaman yang berbuah, akan risiko gagal berbuah atau buah asam dan hambar

4.2 Pemeliharaan

  • Dalam proses pemeliharaan, ketika ujung daun mulai muncul sebagai ovarium yang kecil (sebenarnya minat Cempedak) atau tunas yang muncul pada batang dan cabang tanaman, itu tandanya tanaman akan segera berbuah. Maka Anda harus melakukan erosi penyiangan daun kering di sekitar akar, menggunakan sampah berdiemeter pengerok 3-4m, karena lebih luas yang lebih baik.
  • Kemudian tumpukan rumput dan daun, yang akan digunakan untuk fumigasi. Pengasapan dilakukan untuk mendapatkan akar tanaman oksigen yang cukup dan tanah di sekitar akar lembab tidak basah. Manfaat membersihkan akar sangat besar, karena jika dilakukan sebelum buah, buah akan lebih padat dan mengurangi risiko buah busuk. Selain itu, tunas buah akan lebih cepat keluar sehingga berbuah sedikit lebih awal dari yang lain.
  • Buah Cempedak yang mulai membengkak harus dibungkus untuk mencegah serangan dari worm, lalat buah dan serangan mangsa seperti tupai. Tetapi jika buiah masih kecil, maka Anda tidak harus dibungkus pertama, karena proses masih berlangsung lampiran serbuk sari.
  • Gunakan bungkusnya berupa kantong plastik hitam, dengan ukuran yang sesuai. Kemudian lubang di bagian bawah dan membungkus plastik di sekitar potongan 2-3cm satu per satu. Jika ada serangan ketika menanam monyet hitam, maka tidak menggunakan kantong plastik dari plastik putih atau berwarna.
  • Melakukan proses fumigasi untuk lalat buah yang menyebabkan busuk buah. Fumigasi dilakukan dengan membakar daun dan rumput yang telah ditumpuk, dan pastikan asap yang keluar asap tebal, tidak api.
  • Lakukan pembersihan buah yang rusak, dan buah dipetik dan jauh dari pohon atau masuk ke fogging api. Karena jika terlambat untuk memisahkan buah yang rusak, itu akan beresiko besar untuk buag lain dan akan berpartisipasi tertama buah busuk yang tidak terjangkau untuk dibungkus.

5. Tahap Panen
Panen tanaman buah cempedak, Dalam satu .tangkai buah biasa mengandung 3-10 buah. Gunakan peniti dan jarum tusukan salah satu yang paling atas tangkai buah (dalam rumpun batang), jika rasanya biji keras berarti buah ini cukup lama dan bisa dipetik.

Demikianlah paduan tepat budidaya tanaman buah cempedak agar mampu tumbuh dengan baik dan berbuah dengan optimal, semoga informasi tersebut dapat memberikan gambaran awal dalam membudidayakan tanaman buah cempedak.

https://www.jualbenihmurah.com/blog/gampang-banget-6-tips-mudah-cara-budidaya-tanaman-buah-cempedak-agar-mampu-tumbul-bagus-dan-berbuah-unggul

Comments are closed.