10 Rekomendasi Ide Bisnis Barang-barang Kerajinan Tangan yang Unik (2018)

94

Di tengah era digitalisasi yang semakin pesat, berbisnis bukanlah hal yang sulit dijalani. Internet memudahkan kita semua untuk memasarkan produk dan menjaring konsumen dari berbagai lini masyarakat. 

Kalau kamu sedang mencari ide unik kreatif untuk memulai usaha, kamu bisa membuat barang-barang handmade. Produk berlabel handmade alias kerajinan buatan tangan memiliki daya tarik tersendiri karena punya gaya khas dan keunikan tersendiri yang tidak dimiliki barang buatan pabrik. 

Selain itu modal yang dibutuhkan juga terbilang sedikit dan terjangkau bagi anak muda yang baru hendak memulai usaha. Kalau kamu senang proses kreatif dan mengulik sesuatu yang baru, bisnis handmade bisa menjadi lahan usaha yang tepat. Di sela waktu kosong, kamu bisa menyempatkan diri membuat kreasi unik untuk dijual kembali.

Tip Memulai Bisnis Kerajinan Tangan

Tentukan Target Pasar

Menentukan target pasar merupakan hal krusial yang harus dipikirkan sebelum memulai bisnis. Dengan ini kamu bisa dengan mudah memasarkan produk sesuai karakteristik target konsumen. 

Apakah target pasarmu adalah para remaja? Maka kamu bisa mengemas produk dengan warna-warna cerah yang menggambarkan semangat jiwa muda. Apakah target pasarmu adalah para pria? Maka kamu bisa mendesain laman instagram dengan warna-warna maskulin dan netral dengan perpaduan yang modern.

Dengan menentukan target pasar yang jelas maka produk yang dijual akan tepat sasaran dan meraup untung dalam waktu singkat. Biaya pemasaran yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar karena pasar yang dituju lebih terbatas.

Konsep Branding

Konsep branding merupakan langkah dasar yang harus dimiliki sebuah bisnis baru. Branding menentukan apa yang akan diingat konsumen mengenai produk yang kamu jual. Mulailah dengan membuat logo produk yang mudah diingat. Logo harus merepresentasikan barang yang dijual. 

Branding apa yang akan kamu usung? Apa yang membedakan produk buatanmu dengan barang lain yang sudah beredar di pasaran? Itulah pertanyaan yang harus dijawab sebelum memasarkan produk. Dengan ini kamu sudah punya pondasi kokoh untuk mengenalkan produkmu ke khalayak.

Mulai Pemasaran

Setelah semuanya siap, mulailah memasarkan produk buatanmu! Di era modern seperti sekarang manfaatkanlah platform di dunia maya semaksimal mungkin. Cara ini lebih mudah karena kamu tidak perlu memiliki toko fisik untuk memulai bisnis.

Kamu bisa mengandalkan media sosial sebagai sarana pemasaran. Apakah kamu akan fokus memasarkan di Instagram, Twitter, atau Facebook? Apakah dengan memanfaatkan aplikasi seperti Tokopedia, Shopee, Tokopedia, dan platform lainnya? Tentunya kamu sendiri yang menentukan. Dari sana kamu bisa mengenalkan produkmu ke orang banyak lintas kota bahkan negara. Semakin banyak orang yang melihat produkmu, semakin banyak juga yang berminat membeli barang buatanmu.

Rekomendasi 10 Ide Kerajinan Tangan Unik sebagai Awal Bisnismu

Peralatan Rumah Tangga dari Rotan

Tentu kamu sudah tidak asing dengan material rotan. Rotan identik dengan furnitur dan peralatan rumah yang kuno dan antik. Disitu ada celah bisnis yang bisa kamu ambil. Kamu bisa mengubah rotan menjadi peralatan rumah tangga dengan desain yang lebih modern. Kamu bisa membuat lemari, rak susun, meja, dan perabotan lainnya. Sebagai pembeda buatlah desain seunik mungkin dan berikan warna yang menarik mata. 

Bila selama ini rotan identik dengan warna coklat kayu, kamu bisa bereksperimen dengan warna cerah seperti merah, kuning, dan biru Bila tertarik dengan bisnis rotan, kamu bisa memulainya dengan mencari supplier untuk menjalin kerja sama. Sebagai modal awal kamu bisa siapkan dana sebesar Rp 3-5 juta dan kamu bisa menjualnya sesuai dengan tingkat kesulitan produk yang dibuat.

Aksesori Wanita dari Kerajinan Tangan

Perhiasan buatan tangan memang selalu menarik. Pasarnya sangatlah luas dengan kreativitas yang tak terbatas. Kamu bisa melirik pasar aksesori sebagai lahan menjanjikan sebuah bisnis kerajinan tangan. Kamu bisa menggunakan beragam material untuk membuat perhiasan seperti bros, gelang, kalung, ataupun cincin. 

Bahan yang bisa dimanfaatkan antara lain liontin, batu-batu kecil, benang, kawat, kancing, senar, dan material lainnya. Kamu bisa berkreasi dengan membuat bentuk-bentuk unik sesuai dengan tema yang diinginkan. 

Jika berhasil membuat produk yang unik dan berbeda dengan pesaing, kamu bisa meraup untung besar dalam waktu singkat. Modal yang dibutuhkan terbilang juga terjangkau, hanya dengan Rp 500 ribu bahkan kurang dari itu, kamu bisa mulai merintis bisnis aksesoris handmade. Layak untuk dicoba bukan?

Jadi Kreatif dengan Kain Perca

Sumber gambar Bisnisme.com

Sisa kain ternyata bisa didaur ulang menjadi produk kreatif yang mendatangkan keuntungan. Kain perca bisa diolah menjadi beragam benda seperti selimut, taplak, baju boneka, taplak, dan benda lainnya. Berpikirlah out of the box dan ciptakan barang unik yang tidak dapat ditemukan selain di tempatmu.

Usaha ini cocok untuk kamu yang senang berkreasi dengan memadukan pola-pola sembarang yang menghasilkan produk bernilai tinggi. Kamu bisa menyasar para mahasiswi dan ibu rumah tangga ataupun wanita karir yang ingin menata tempat tinggalnya menjadi ruang yang lebih artistik dan nyaman dihuni. Kamu bisa memulai bisnis ini dengan modal mulai dari Rp 500 ribu.

Kain Flanel dan Material Menarik untuk Jadi Kreasi Buatan Tangan

Sumber gambar Fatinia

Kain flanel adalah material yang bisa dimanfaatkan untuk membuat kreasi produk. Kelebihannya terletak pada bentuknya yang mudah dimodifikasi dengan harga yang terbilang murah. Kamu bisa membuat beragam produk seperti bunga imitasi, aksesori wanita, tempat tisu, bungkus toples, dan barang kreatif lainnya. 

Kain flanel memiliki banyak pilihan warna yang bisa dikreasikan menjadi barang berbeda. Untuk merangkainya gunakanlah mesin jahit agar pekerjaan cepat selesai. Kalau belum terbiasa, kamu juga bisa menjahit dengan tangan sebagai permulaan. Kamu bisa mencari inspirasi dengan meneliti barang-barang yang mudah dibuat dan banyak peminat. 

Untuk modal yang dibutuhkan juga terbilang sedikit. Di awal kamu cukup siapkan dana kurang lebih Rp 500 ribu. Untuk selanjutnya kembangkanlah imajinasimu untuk membuat produk yang unik dan diincar para konsumen.

Tas Rajutan Unik Kreasi Tangan

Sumber gambar Mari Berkarya

Bisnis yang paling enak adalah bisnis yang dikembangkan dari hobi yang kita senangi. Dengan itu kamu akan lebih menikmati setiap proses menuju kesuksesan. Salah satu hobi bernilai bisnis adalah merajut. 

Banyak sekali produk handmade yang dibuat dari rajutan, salah satunya adalah tas. Kamu bisa memunculkan ide-ide terliarmu ke dalam bentuk tas rajut yang bernilai tinggi. Kamu bisa membuat sketsa tas lalu menuangkannya dalam rajutan benang yang indah dan artistik. 

Kamu bisa menyiapkan modal kurang dari Rp 1 juta untuk memulai bisnis ini. Omzet yang didapat juga terbilang tinggi. Kamu bisa menghargai setiap tas rajut yang dibuat sesuai tingkat kesulitan dari tas yang dibuat.

Sepatu Lukis yang Unik

Kalau kamu suka menggambar jangan sampai bakat tersebut terpendam sia-sia. Kamu bisa membuka lahan bisnis dengan memanfaatkan sepatu polos sebagai kanvas untuk semua sketsa barumu. Kamu hanya memerlukan bahan dasar berupa sepatu polos, cat warna-warni, dan kuas.

Sebagai contoh kamu bisa menggunakan sneakers polos dan menggambarnya dengan desain yang lucu dan artsy. Kunci keberhasilan bisnis ini terletak pada kualitas sepatu dan gambar yang unik dan tahan lama. Selanjutnya gencarlah memasarkan produk buatanmu di media sosial. Agar produkmu dikenal luas buatlah trademark khusus di setiap desain sepatu buatanmu. Dengan itu sepatu lukis handmade rancanganmu akan mudah diingat dan dicari banyak orang. Untuk memulai bisnis ini kamu bisa menyiapkan dana kurang lebih Rp 1,5 juta saja.

Sepatu Lucu untuk Bayi

Sumber gambar Notonthehighstreet.com

Instagram memainkan peran cukup besar dalam menciptakan lifestyle para penggunanya. Kita terbiasa melihat OOTD para selebgram berseliweran di laman media sosial. Hal ini bisa menciptakan peluang bisnis baru yang mungkin ingin kamu coba. 

Salah satunya adalah bisnis fashion berupa sepatu lucu untuk bayi. Para ibu-ibu muda seringkali membagi momen khusus buah hatinya melalui instagram. Tentunya sepatu bayi memainkan peran penting untuk menciptakan trend fashion tersendiri. Untuk membuat sepatu bayi kamu hanya perlu bermodal kain dan mesin jahit. 

Kamu bisa mendesain bentuk sepatu unik dan lucu yang dituangkan dalam bentuk sepatu mungil yang manis. Modal yang dibutuhkan juga tidak besar. Untuk modal awal berada di kisaran di bawah Rp 1 juta. Yang terpenting kualitas harus selalu dikedepankan dan diusung oleh warna-warna cerah sebagai dasar.

Tote Bag dengan Desain yang Fantastis

Sumber gambar Hot for Houses

Tote bag merupakan jenis tas yang sedang digemari saat ini. Muatannya yang besar menjadi keunggulan tersendiri dibandingkan jenis tas lainnya. Tote bag biasanya dibuat dari bahan kanvas dan berukuran besar. 

Dan di sinilah tempat untuk berkreasi. Kamu bisa menciptakan bisnis dengan mendesain tote bag dan menjualnya di pasaran. Jika kamu terbiasa menggambar di kanvas gambar, kali ini buatlah gambar di sebuah tas kanvas. Ukurannya yang terbilang besar bisa menjadi media kreativitas yang leluasa dikembangkan. Pastikan kamu menggunakan alat-alat berkualitas tinggi sebagai sarana menggambar agar tas buatanmu tahan lama dibandingkan tas handmade lainnya.

Dompet Koin yang Mudah Dibuat dan Sangat Dibutuhkan

Sumber gambar Elevenia

Barang kerajinan tangan lainnya yang bisa kamu buat adalah dompet koin. Uang koin memang berbentuk kecil tapi kalau kebanyakan tentu akan sulit dibawa kemana saja. Dompet kecil akan memudahkanmu membawa uang koin tanpa takut tercecer. 

Kamu juga bisa membuat dompet koin handmade dengan cara yang simple. Gunakanlah kain berdesain unik dan bentuklah sedemikian rupa dengan memanfaatkan rangka dompet khas Tiongkok. Kamu juga bisa menggunakan ritsleting untuk pakaian yang banyak ditemukan di pasaran. Padu padankanlah warna dompet dan ristleting untuk menjadi dompet berdesain cantik dan unik.

Kerajinan Kayu yang Tak Pernah Sepi Peminat

Kayu bisa menjadi media kreativitas tak terbatas. Kamu bisa membuat berbagai barang menggunakan material kayu. Misalnya saja lukisan 3 dimensi, miniatur, ataupun barang-barang kecil seperti phone case, notes, tempat pensil, jam tangan, dan kreasi unik lainnya. 

Nilai jual dari barang yang terbuat dari kayu biasanya lebih mahal dan dihargai tinggi oleh para penggemarnya di pasaran. Kamu tidak perlu ragu jika ingin terjun ke ranah bisnis ini. 

Jika tidak punya keahlian memahat, kamu bisa menyewa tenaga profesional untuk membantu menjalankan bisnis barang handmade ini. Dengan desain yang unik dan kualitas yang tinggi, kamu bisa dengan mudah meraup untung dari bisnis kecil kecilan.

Sumber : https://bp-guide.id/AXS7S7eJ

Comments are closed.