11 Kerajinan Tangan yang Bisa Dikerjakan di Rumah dan Laris di Pasaran

148

Masyarakat Indonesia terkenal dengan kreatifitasnya dan menurut riset mayoritas lebih memilih kreatif daripada pintar. Tapi bukan berarti masyarakat yang kreatif tidak pintar bahkan karena cara berfikir yang pintar itulah yang menumbuhkan jiwa kreatif yang intinya adalah: tanpa bekerja di perusahaan dan mengharapkan upah, masyarakat juga bisa memanfaatkan keterampilannya dan kreatifitasnya dalam mencari nafkah bahkan lebih dari sekedar memenuhi kebutuhan sehari-hari.Ibu-ibu memiliki tanggung jawab besar dalam keluarga termasuk mengurus anak dan mengatur rumah tangga sudah banyak yang menjdi contoh motivasi dengan berkarya disela-sela kesibukannya. Sebagai contoh adalah kerajinan rumah tangga baik perorangan maupun kelompok yang bisa menghasilkan barang-barang cantik, unik dan laku dijual langsung maupun online dengan bantuan jejaring media sosial dan pasar online.

Berikut ini, Kerajinan Kreatif memberikan contoh-contoh hasil kerajinan ibu-ibu rumah tangga yang mungkin bisa menginspirasi Anda semua dalam mengisi waktu senggang, sekaligus menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Lilin Warna WarniIndonesia terkenal dengan kurangnya tenaga listrik dan seringnya mati lampu membuat lilin menjadi alternatif paling dicari sebagai penyuluh dalam kegelapan malam. Cieee… Selain itu, lilin juga bermanfaat sebagai hiasan yang memberi ketenangan dan juga menumbuhkan keromatisan suasana pada waktu-waktu tertentu. Acara-acara seperti perayaan ulang tahun juga tidak sedikit mengunakan jasa lilin ini.Tentunya bosan ya melihat warna lilin yang itu itu-itu saja. Ya, putih sudah sangat umum diproduksi dan mengisi pasar memuat mereka yang berjiwa kreatif memanfaat kan warna-warna cantik sebagai tampilan menarik lilin-lilin sekarang. Cara membuatnya yang tidak sulit dan bisa dilakukan dimana saja menjadikan lilin warna menjadi salah satu produk kerajinan kreatif yang paling layak dicoba. Lilin-lilin putih yang dipanaskan dengan pastel krayon warna kemudian dimasukkan kedalam gelas-gelas kecil transparan beserta sumbu dari benang yang mudah didapatkan bisa menghasilkan produk yang memberikan tampilan menarik lilin yang sangat diminati masyarakat. Tunggu apa lagi, silahkan dicoba.

Aksesoris dan Perhiasan dari Tanah Liat PolimerKurang lengkap rasanya penampilan wanita yang bepergian tapa aksesoris dan perhiasan seperti kalung. Perhiasan ini bisa dibuat dari beragam bahan yang salah satunya adalah polimer clay yaitu sejenis tanah liat buatan dari campuran beberapa bahan ini. Berbagai bentuk cantik menarik sesuai selera bisa dibentuk dengan tangan dan diberi corak-corak menarik lainnya menggunakan alat seadanya. Rantai maupun tali unik dari berbagai bahan bisa didapatkan secara terpisah dan dirangkai sedemikian rupa menjadi hiasan menarik seperti kalung, gelang dan anting-anting dari Clay Polimer ini. Silahkan dikreasikan dengan warna-warna pastel, pasti akan menjadi salah satu incaran masyarakat dalam bahkan luar negeri dari tua maupun muda. Silahkan mencoba ya…

Appron CantikMemasak tidak harus melulu mengenakan gaun wajib ibu-ibu rumah tangga loh yaitu DASTER polos. Tampil cantik pada saat memasak dipercaya menambah kelezatan masakan yang pasti membuat suami dan anak semakin sayang. Masasih… 😀. Itulah sebabnya appron banyak diminati kaum hawa (Chef kaum adam juga pakek). Appron-appron menarik penuh warna bisa diproduksi dirumah dengan modal mesin jahit dan keterampilan saja dan bahannya tidak perlu yang mahal yang penting memiliki corak dan warna menarik seperti gambar di atas. Kain-kain perca bisa juga menambah keindahan tampilan appron dengan perpaduan warna yang cocok tentunya.

Pembungkus Kado / Hadiah dari Kain (Fabric Gift Bag)Hadiah-hadiah atau kado yang dibungkus dengan kertas sudah mainstream dan sudah waktunya membuat kreasi yang anti-mainstream seperti dari bahan kain ini. Banyaknya event-event yang memanfaatkan barang ini membuatnya jadi salah satu barang yang diminati dan banyak di cari di toko-toko online luar negeri seperti pada saat perayaan hari-hari besar. Selain sebagai pembungkus, tas kado cantik ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat barang-barang lainnya oleh si penerima kado. Bahan kain yang dibutuhkan tidak banyak yang penting bercorak menarik membuat karya kreatif ini tidak sulit untuk dikerjakan. Tidak sedikit orang yang suka mengoleksi kerajinan ini bahkan menjadikannya hiasan gantung di dinding kamar. Pilihan warna dan motif juga mendukung keberhasilan penjualan barang ini tentunya harus bisa dimodifikasi juga sesua dengan permintaan pelanggan. Menambahkan bordir nama atau kata-kata khusus sudah pasti menjadi nilai plus bagi bisnis ini. Selamat mencoba dan berkreasi. 

Tas Belanja dari Kain (Fabric Shopping Bags)Belanja dengan keranjang belanja plastik dan warna yang polor sudah terlalu sering kita lihat. Penampilan juga perlu diperhatikan pada saat berbelanja tentunya dengan tas belanja yang cantik seperti berikut diyakini akan membuat lebih percaya diri. Tas cantik dan unik dari bahan kain ini juga nayak diminati kaum hawa dari anak-anak hingga dewasa. Kreasi cerdik bisa menjadi nilai plus usaha pembuatan tas belanja ini misalnya dengan menambahan bunga-bunga atau tulisan berwarna cerah seperti “Selamat Pagi”, “On the Way”, “Apa Khabar” dan lain-lain yang membuat suasanya hati yang melihatnya menjadi lebih ceria. Kenapa tidak mencoba memulai saja? 

Kantong Teh Buatan SendiriProduk teh di pasaran banyak rasa, aromanya dan khasiat tersendiri dengan kantong teh kecil khasnya hanya cocok untuk satu gelas. Kebiasaan meminum teh dari dulu dipercaya bisa menyehatkan dan mengurangi racun-racun yang dikandung tubuh. Seperti di Inggris, radisi minum teh di Indonesia juga sudah populer sejak dulu terkenal dengan istilah “ngeteh” selain “ngopi”. Itulah sebabnya produk teh bubuk dengan kantong unik sangat cocok dipasarkan dan tentunya bisa menjadi salah satu produk yang mengundang perhatian karena tidak terlalu sering dilihat orang. Dengan menambahkan gantungan kecil bertulisan aroma atau khasiat teh di dalam kantong kain bisa menjadi daya tarik lebih produk ini. Coba dibuat, foto lalu posting di jejaring sosial dan lihat hasilnya.

Gelang Unik Manik-Manik
Memadukan manik-manik, batu hias dan kayu unik bisa menghasilkan aksesoris perhiasan yang menarik dan pasti laku dipasaran. Merangkai manik-manik memang membutuhkan kejelian dan sedikit keterampilan tapi hasilnya bisa mendatangkan kepuasan tersendiri tentunya juga bisa mengisi pundi-pundi keuangan. Bagaiman tidak, dengan modal yang kecil barang ini bisa dijual dengan harga yang lumayan menggiurkan apalagi dijual online dan bisa menembus pasar luar negeri. Di luar negeri bahan perhiasan banyak yang terbuat dari olahan pabrik berbeda dengan Indonesia yang kaya dengan benda-benda unik yang lebih alami. Semakin langka bahan yang dipakai maka semakin mahal juga harga jualnya. Coba sekarang dengan memanfaatkan cangkang kerang dan kayu-kayu cantik yang ada di daerah sobat kreatif semua, mudah-mudahan bisa menjadi hobby yang menguntungkan.

Gantungan Kunci Jahit
Gantungan kunci dari bahan plastik, besi, kayu dan akrilik sudah banyak di pasaran. Sudah saatnya membuat hal yang beerbeda seperti gantungan kunci ini. Terbuat dari kain-kain perca membuat karya kerajinan ini nyaris tidak memerlukan modal karena bisa memanfaatkan baju-baju bekas dan tua. Kulit-kulit sintetis juga bisa didapatkan dengan mudah dan harganya pun sangat terjangkau. Kain flanel juga bisa menjadi salah satu opsi untuk kerajinan ini dimana warna-warna cerahnya bisa dipadukan menjadi gantungan kunci yang sangat menarik.

Kerajinan Dompet dari Barang Bekas
Dompet banyak dipakai dan bahkan wajib sebagai tempat perlengkapan hias bagi kaum hawa atau tempat alat tulis bagi pelajar. Bisa dikatakan barang ini sudah merupakan kebutuhan sekaligus fashion bagi rata-rata orang membuatnya laris di pasaran. Postingan di jejaring sosial dan toko-toko online banyak yang menawarkan barang kerajinan tangan ini dengan harga yang bervariasi.

Lilin Cangkir
Sama halnya dengan lilin warna, lilin di cangkir unik ini juga banyak diminati terlebih dengan memanfaatkan cangkir-cangkir cantik dengan warna menarik. Sebenarnya inti paling mendasar keberhasilan usaha ini adalah apabila kita bisa memproduksi cangkir dan tidak perlu membelinya meskipun dengan membeli juga bisa menghasilkan untuk walau tidak sebesar produksi cangkir sendiri. Nilai plus juga bisa diraih dengan cara menambah pernak-pernik di cangkir seperti melukisnya dengan ornamen cantik atau menempel manik-manik yang menarik.

Modifikasi Pakaian JadiPakaian seperti baju, celana dan rok yang kurang modis bisa dimodifikasi menjadi pakaian yang bernilai tinggi hanya dengan memanfaatkan kemauan dan kreatifitas yang kita miliki. Modifikasi ini bisa berupa penambahan aksesoris, kain tambhan atau memotong-motong menjadi bentuk baru yang jauh lebih modis. Modifikasi lain yang tidak kalah cantiknya adalah dengan merubah warna jeans menjadi perpaduan beberapa warna menarik dengan cara wantek dan memudarkan warna asli menggunakan bahan kimia yang tidak merusak bahan dasar kain.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan dirumah sebagai hobby sekaligus sebagai tambahan pendukung ekonomi bahkan bisa menjadi penghasilan utama dalam rumah tangga. Mari memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan menjadikan segala hal menjadi lebih berharga dan jauh lebih baik seperti membuat barang-barang di atas. Semoga beberapa contoh yang disebutkan di atas bisa menjadi sumber inspirasi bagi sobat kreatif semua. Mohon bagikan artikel ini bila terasa bermanfaat, terima kasih.

Sumber : https://www.kerajinankreatif.com/2017/11/11-kerajinan-tangan-yang-bisa.html

Comments are closed.