20 Manfaat Bekatul Organik Pada Kesehatan

70

Salah satu manfaat tepung beras yang dapat digunakan adalah bekatul atau juga dikenal sebagai katul  yang merupakan kulit dari beras atau ketan yang dihaluskan. Bekatul diketahui sebagai makanan hewan ternak seperti sapi, ayam, kerbau dan beberapa hewan ternak lainnya. Akan tetapi, di zaman dahulu masyarakat menggunakan katul untuk dikonsumsi dan diolah menjadi makanan. Dibeberapa daerah juga masih banyak yang memanfaatkan bekatul untuk dimakan. Saat ini juga bekatul, terlebih bekatul organik juga mulai dikonsumsi kembali karena diketahui memiki beragam kandungan di dalamnya, yang tidak hanya untuk dikonsumsi untuk mengenyangkan saja, akan tetapi juga digunakan sebagai makanan untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Kandungan Gizi Bekatul Organik

Seperti halnya manfaat bekatul, bekatul organik memang berasal dari kulit beras atau kulit ketan yang dihaluskan. Namun, bekatul organik memiliki berbagai kandungan di dalamnya yang baik untuk kesehatan. Beberapa kandungan di dalam bekatul  organik diantaranya, protein, mineral, lemak, vitamin B kompleks, vitamin A, serat, biotin, inositol, kolin, piridoksin, asam folat, asam pantotenat, dann asam aminobenzoat. Beberapa kandungan dalam bekatul organik tersebut sebenarnya baik untuk dikonsumsi manusia. Akan tetapi karena berfikiran bahwa bekatul berasal dari kulit padi dan banyak yang menganggap sebagai limbah. Kebanyakan masyarakat pada umumnya, menggunakan bekatul untuk pakan ternak saja.

Manfaat Bekatul Organik

Dalam beberapa tahun terakhir, bekatul tidak hanya digunakan untuk makanan hewan ternak dan juga dikonsumsi oleh masyarakat pedesaan, namun juga sudah mulai diteliti dan digunakan untuk pengobatan. Mengkonsumsi  bekatul bukan hanya untuk mengisi perut,namun juga untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan. Adapun beberapa manfaat bekatul untuk kesehatan, diantaranya:

  1. Menambah Stamina

Mengkonsumsi bekatul organik dapat membantu menambah stamina untuk menjalani berbagai aktivitas. Kandungan protein dan banyak kandungan lain yang diperlukan oleh tubuh dimiliki oleh bekatul organik. Cukup dengan mengkonsumsi bekatul organik 1 sendok makan perharinya, stamina tubuh dapat meningkat.

  1. Meningkatkan Proses Metabolisme

Metabolisme tubuh merupakan salah satu kunci untuk menjaga kesehatan. apabila proses metabolisme tubuh baik, maka tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit. Metabolisme tubuh yang buruk dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan yang serius. Meningkatkan metabolisme di dalam tubuh dapat dilakukan dengan olahraga, dan juga mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan metabolisme. Salah satunya yakni dengan mengkonsumsi bekatul organik dan manfaat singkong goreng.

  1. Sebagai Obat Untuk Menyembuhkan Asma

Dari penelitian yang diteliti kurang dari 10 tahun terakhir, bekatul organik diketahui dapat dengan efektif untuk mengatasi penyakit asma. Menambahkan bekatul organik dalam makanan, ataupun mengkonsumsi bekatul dengan menambahkan air panas, dapat dengan efektif menyembuhkan asma seperti manfaat daun sirsak untuk asma, dibandingkan dengan hanya mengkonsumsi obat asma saja. Penyakit asma akan jarang sekali kambuh, sekalipun kambuh hanya kambuh ringan saja.

  1. Mengatasi Sakit Jantung

Penyakit berbahaya seperti penyakit jantung kini banyak diderita karena konsumsi makanan yang kurang sehat serta banyak yang memiliki pola hidup tidak sehat. Selain menggunakan obat untuk mencegah serangan jantung, mengkonsumsi bekatul organik dapat ditambahkan untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung. Bekatul organik memiliki kemampuan untuk melancarkan peredaran darah sehingga penyakit jantuk tidak mudah kambuh. Dalam kurun waktu 8 bulan, keadaan jantung dapat dikategorikan normal.

  1. Mencegah Obesitas

Mengalami obesitas pastinya sangat mengganggu karena kelebihan berat badan membuat semakin sulit untuk bergerak. Menurunkan berat badan bagi penderita obesitas biasanya dilakukan dengan diet hanya mengkonsumsi buah dan sayur. Namun hal ini terkadang sangat susah dilakukan karena masih tetap merasa lapar. Cara lan mencegah dan menurunkan obesitas dapat dilakukan dengan mengkonsumsi bekatul organik. Bekatul organik kaya akan serat sehingga dapat membuat perut  terasa cepat kenyang meskipun hanya makan sedikit. Mengonsunsi manfaat pare untuk kolesterol juga mampu mencegah obesitas.

  1. Mengobati Kista

Kista dialami oleh wanita disebabkan karena adanya penebalan dinding rahim. Kista yang sudah membesar akan menyebabkan bagian rahim terasa sakit. Apabila kista sudah membesar, kista akan diangkan, terkadang juga harus mengangkat rahim, sehingga beberapa wanita yang terkena kista tidak dapat hamil lagi. Mengatasi kista dapat dengan mengkonsumsi bekatul organik dan manfaat daun sirsak untuk kista ovarium. Kandungan di dalam bekatul organik akan mencegah terjadinya penebalan yang terjadi pada dinding rahim.

  1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Bekatul orgabik memiliki kandungan yang kaya serat. Selain untuk menurunkan obesitas dengan memberikan efek cepat kenyang, kandungan serat di dalam bekatul organik juga dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.

  1. Mengatasi Pengapuran Pada Pembuluh Darah

Pengapuran yang terjadi pada pembuluh darah dapat menyebabkan pembuluh darah tersumbat. Sumbatan yang terjadi pada pembuluh darah dapat menyebabkan berbagai penyakit yang disebabkan karena aliran darah tidak lancar. Kandungan manfaat vitamin B bagi tubuh kompleks, terutama vitamin B15 pada bekatul organik dapat membantu menguraikan pengkapuran yang terjadi pada pembuluh darah.

  1. Meredakan Pegal Otot

Melakukan banyak aktivitas dan kurangnya pemanasan dapat menyababkan pegal pada otot. Mengurangi rasa pegal pada otot biasanya diatasi dengandipijat atau dengan mengunakan balsem. Selain itu, mengkonsumsi bekatul organik juga dapat membantu mengatasi pegal pada otot. Kandungan di dalam bekatul organik dapat membantu melancarkan oksigen dalam otot dan mengurangi timbunan asam laktat penyebab rasa pegal yang terjadi.

  1. Mencegah Kanker

Banyak sekali makan yang dapat membantu menjadi solusi kanker. Bekatul organik juga memiliki peran untuk mencegah masuknya sel kanker dan mencegah perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Bekatul organik memiliki kandungan antioksidan yang dapat mencegah masuknya sel kanker ke dalam tubuh. Bekatul organik juga memiliki kandungan manfaat vitamin E yang membantu memerangi kanker agar tidak berkembang di dalam tubuh.

  1. Mengatasi Gangguan Syaraf

Gangguan syaraf dapat menyababkan beberapa bagian tubuh juga terganggu, karena pesan yang disampaikan oleh otak tidak sampai. Mengatasi gangguan syaraf dapat dilakukan dengan mengkonsumsi bekatul organik. Kandungan manfaat vitamin B1 dan B2 di dalam bekatul organik dapat membantu mencegah sistem syaraf agar bekerja dengan normal.

  1. Menyembuhkan Autis

Walaupun autis dianggap sebagai penyakit bawaan sejak lahir. Namun, auitis dapat diatasi dengan memberikan bekatul organik. Kandungan asam folat dalam bekatul organik dapat menyeimbangkan fungsi otak sehingga dapat mencegah terjadinya autis.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Bekatul organik memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh yang terjaga dapat membantu mencegah tubuh agar tidak mudah terkena berbagai jenis penyakit.

  1. Memperbaiki Fungsi Hati

Mengkonsumsi bekatul organik dapat membantu memperbaikai fungsi hati. Organ hati sebagai organ yang berperan menetralkan racun di dalam tubuh harus dijaga kesehatannya agar tetap dapat melaksanakan fungsinya dengan baik. Manfaat temulawak untuk liver juga patut anda coba.

  1. Meningkatkan Gairah Seks Pria

Dari berbagai kandungan yang terdapat di dalam bekatul organik, bekatul organik memiliki kandungan yang membantu meningkatkan gairah seks pada pria.

Manfaat Lain Bekatul Organik

Selain beberapa manfaat yang telah dipaparkan, bekatul organik juga memiliki beberapa manfaat lainnya, diantaranya:

  1. Mengatasi Diabetes Mellitus
  2. Mengatasi Penyakit Basedov/ Gondok
  3. Menurunkan Kadar Kolesterol
  4. Meningkatkan Kesuburan Wanita
  5. Menyembuhkan Penyakit Beri-beri

Efek Samping Mengkonsumsi Bekatul Organik

Memiliki manfaat, bekatul organik juga memiliki beberapa efek samping, diantaranya:

  1. Pertama kali mengkonsumsi bekatul organik dapat menyebabkan diare.
  2. Terlalu banyak mengkonsumsi bekatul organik, bukan malah melancarkan pencernaan, akan tetapi juga dapat menyebabkan sembelit.
  3. Bagi penderita maag sebaiknya tidak mengkonsumsi bekatul organik, karena dapat menyebabkan mual.

Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi bekatul organik. Namun jangan lupa dengan efek samping dari mengkonsumsi bekatul organik. Konsumsi sesuai dengan kadarnya, dan bila perlu sesuai dengan anjuran pihak medis. Semoga bermanfaat . . .

Sumber :
https://manfaat.co.id/manfaat-bekatul-organik

Comments are closed.