la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

Cara Membuat Deskripsi Produk Yang Bagus Untuk Postingan Jualan Online

Cara Membuat Deskripsi Produk Yang Bagus Untuk Postingan Jualan Online

Menjual produk secara online bukan hanya tentang bisa membuat dan menampilkan sebuah gambar yang menarik, dengan judul yang sesuai dengan produk yang di jual saja, tetapi bagaimana penjual juga bisa menggambarkan nilai produk tersebut melalui sebuah deskripsi yang kuat, lengkap dan menggugah.

Menciptakan deskripsi produk yang baik adalah sebuah seni yang dapat memikat perhatian calon pembeli dan membuat mereka merasa bahwa produk yang di tawarkan itu benar-benar memenuhi kebutuhan atau keinginan mereka.

Baca: Cara Membuat Judul Produk Yang Menarik Di Marketplace Agar Jualanmu Makin Laris

Dalam membuat sebuah deskripsi yang terpenting tentunya adalah membuat penjelasan yang jelas tentang produk yang di tawarkan, sehingga pembeli bisa mengenali jenis produk yang ingin di beli dengan melihat deskripsi produk saja tanpa perlu bertanya panjang lebar dengan penjualnya.

Langkah-langkah Membuat Deskripsi Produk Jualan Online

Dalam membuat deskripsi produk tentunya ada hal-hal yang perlu di perhatikan, agar deskripsi produk yang di buat tidak terkesan berlebihan dan mlebihkan produk jualan. Berikut ini beberapa langkah dalam membuat deskripsi produk jualan online yang bisa kamu lakukan.

1. Kenali Target Pasar Jualanmu

Pertama-tama, sebelum membuat sebuah deskripsi tentunya yang perlu dilakukan adalah mengetahui siapa target pasar produk. Ulas dan komunikasikan kelebihan produk secara langsung melalui teks. 

Baca: Target Pasar Produk Kerajinan Tangan Yang Potensial

Misalnya saja jika menjual pakaian yang nyaman dan stylish, gambarkan bagaimana pakaian tersebut tidak hanya memberikan kenyamanan tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri pemakainya. Jika target produk pakaian yang di jual merupakan produk untuk anak muda, maka akan lebih baik jika menggunakan bahasa yang kekinian.

2. Gunakan Bahasa Yang Ramah Dan Menarik

Bahasa dalam penulisan deskripsi merupakan sebuah kunci. Gunakan bahasa yang ramah dan menarik, bukan hanya sekedar daftar fakta. Sebagai contoh, jika sedang menjual produk perawatan kulit, jangan hanya menyebutkan bahan-bahan yang digunakan, tetapi ceritakan bagaimana produk tersebut mampu merawat kulit dengan lembut dan memberikan hasil yang menyegarkan.

Baca: 7 Strategi pemasaran produk yang efektif dan bisa menjadi kunci sukses untuk bisnis yang kamu jalankan

Penyesuaian bahsa sesuai dengan target pasar juga menjadi hal yang snagat penting, karena biasanya orang yang dewasa akan merasa kurang senang membaca bahasa penulisan yang terlalu kekinian, dan sebaliknya, anak muda juga tidak akan suka dengan bahasa yang terlalu formal yang biasanya di gunakan orang dewasa.

3. Buat Deskripsi Produk Yang Detail

Detail dalam deskripsi produk merupakan kunci, tetapi jangan sampai terjebak dalam teknikalitas yang membuat pembaca kehilangan bisa kehilangan minat. Gambarkan karakteristik unik produk tanpa membuat deskripsi terlalu rumit.

Misalnya, jika menjual tas tangan dengan desain inovatif, ceritakan bagaimana desain tersebut praktis dalam kehidupan sehari-hari tanpa meninggalkan sentuhan gaya yang unik. Selain desain hal yang tak kalah penting dalam sebuah deskripsi produk tentunya adalah meliputi ukuran produk, manfaat produk, warna produk, model dan detail lainnya yang perlu di ketahui oleh pembeli.

4. Gugah Emosi Audiens

Gunakan kata-kata yang menggugah emosi dan mampu menciptakan sebuah gambaran visual. Alih-alih hanya menyebutkan bahwa produk yang di jual tahan lama, gambarkan bagaimana produk tersebut bisa menjadi mitra setia dalam setiap perjalanan petualangan atau melewati berbagai musim.

5. Tekankan Tentang Manfaat Produk

Dalam membuat sebuah deskripsi produk manfaat produk harus ditekankan, bukan hanya fitur yang dimiliki. Jika menjual blender dengan teknologi canggih, jangan hanya menyebutkan spesifikasi teknisnya, tetapi gambarkan bagaimana blender tersebut membuat persiapan makanan harian lebih cepat dan lebih menyenangkan, sehingga waktu bersama keluarga tidak banyak terbuang.

6. Berikan Informasi Terkait Perawatan

Berikan informasi tentang bagaimana cara melakukan perawatan atau pemakaian produk yang membantu calon pembeli merasa lebih yakin dengan keputusan pembelian mereka. Misalnya, jelaskan cara merawat pakaian agar tetap terlihat baru atau berikan tips kreatif cara menggunakan produk tertentu.

7. Lakukan Pembaruan Deskripsi Produk

Pastikan untuk selalu memperbarui deskripsi produk sesuai dengan perubahan atau peningkatan fitur yang ada pada produk. Hal ini penting agar calon pembeli selalu mendapatkan informasi terbaru dan akurat terkait produk yang akan di beli.

Baca: 9 Strategi Meningkatkan Penjualan Produk Dengan Cara Membangun BRAND yang Kuat

Dengan mengaplikasikan keahlian dalam membuat deskripsi produk, anda dapat menjadikan postingan jualan online tidak sekadar sebagai daftar barang dagangan, tetapi sebagai kisah yang memikat dan mampu memberikan sebuah nilai tambah kepada pembeli yang potensial.

Posting Komentar

Posting Komentar

Tulis komentar sesuai dengan topik pembahasan yang ada di dalam artikel