4 Hal yang Harus Dihindari Saat Puasa

182

uasa merupakan suatu ibadah wajib yang dijalani oleh umat muslim. Berpuasa di bulan ramadan selama 30 hari juga memberi manfaat bagi kesehatan tubuh, namun perlu juga diperhatikan beberapa hal agar manfaat dari puasa dapat dimaksimalkan. Berikut adalah hal-hal yang sebaiknya dihindari.

4 Hal yang Sebaiknya Dihindari saat Puasa

1. Masalah tidur

Keterbatasan asupan cairan dan nutrisi menjadi kekhawatiran sebagian orang saat menjalankan ibadah puasa. Sebagian orang memilih tidur untuk mengemat energi dan menghabiskan waktu agar tidak terasa menjelang waktu berbuka puasa. Waktu tidur dan durasi tidur menjadi tidak teratur dan bila dibiasakan selama sebulan, hal ini akan menjadi kebiasaan baru yang tentunya akan merugikan, apalagi selepas bulan puasa rutinitas akan kembali normal. Jangan biarkan masalah tidur ini terbawa-bawa dan menjadi kebiasaan baru anda.

Solusi : Tetap atur jam dan durasi tidur anda. Isi waktu anda dengan mengerjakan hal-hal yang lebih positif dibanding harus menghabiskan waktu dengan tidur.

2. Kebanyakan makan atau minum saat berbuka puasa

Setelah sekitar 13-14 jam berpuasa, waktu berbuka puasa kadang dijadikan momen ‘balas dendam’ oleh sebagian orang. Makanan yang dimakan menjadi kurang terkontrol, baik dari segi porsi maupun jumlah keseimbangan nutrisinya, akibatnya terjadi ketidak seimbangan asupan untuk tubuh. Terlalu banyak atau kekurangan glukosa, karbohidrat, lemak, protein dan lain-lain justru bisa menjadi masalah. Hal ini mungkin akan menghambat ibadah dan aktivitas anda sehari-hari.

Solusi : Atur porsi makan, sesuaikan asupan nutrisi dengan aktivitas anda sebelum berbuka dan aktivitas setelah berbuka. Hindari mengkonsumsi makanan berlebihan, perhatikan prioritas nutrisi agar kondisi kembali prima.

ibadah puasa

3. Kebanyakan makan atau minum saat sahur

Asupan makanan sebaiknya selalu dijaga pada batas kewajaran. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan saat sahur mengakibatkan kerja lambung menjadi sangat berat, apalagi bila di pagi harinya anda harus bekerja atau menjalankan aktivitas. Sementara puasa ataupun tidak, rata-rata makanan hanya dapat bertahan di lambung selama 4-5 jam saja seberapapun porsinya.

Solusi : Konsumsi makanan saat sahur dengan porsi yang wajar. Perkirakan aktivitas anda selanjutnya, jangan sampai karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan saat sahur justru mengganggu pencernaan dan berdampak pada ativitas anda. Perhatikan pula prioritas nutrisinya.

4. Kurang aktivitas

Perasaan lemas dan kurang tenaga mungkin menjadi alasan banyak orang untuk mengurangi aktivitas saat menjalankan ibadah puasa. Perlu di ingat, kebiasaan tidur lagi setelah sahur dan shalat subuh tidak disarankan karena akan mengakibatkan porsi makan yang harusnya diubah menjadi energi justru akan tertimbun menjadi lemak.

Begitupula saat setelah berbuka puasa, dimana makanan yang kita konsumsi tidak tersalurkan atau tidak berproduksi menjadi energi, cadangan energi kemudian disimpan dalam wujud lemak. Jadi jangan heran, bila sebagian orang yang menjadikan bulan puasa sebagai momen untuk berdiet justru tidak mendapatkan perubahan sama sekali bahkan harus menghadapi kenyataan bahwa timbunan lemak semakin bertambah.

Solusi : Jangan hindari semua aktivitas secara total. Beraktivitaslah sewajarnya dan jangan menjadikan ibadah sebagai alasan anda untuk bermalas-malasan.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat menjalankan ibadah puasa agar manfaat puasa dapat anda rasakan, ibadah anda menjadi lancar dan tidak menimbulkan kebiasaan maupun dampak buruk setelahnya.

Sumber :
https://www.klikmania.net/hal-yang-harus-dihindari-saat-puasa/

Comments are closed.