5 Kegiatan Positif di Bulan Ramadhan

0 13

Umat muslim di Indonesia kembali menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Menahan lapar dan dahaga bukanlah inti dari ibadah puasa di bulan suci ini. Namun, meskipun saat berpuasa kita harus menahan nafsu untuk tidak makan dan minum, bukan berarti hal tersebut menjadi penghalang untuk kita melakukan aktivitas sehari-hari secara maksimal.

Justru sebaliknya, jika kita bermalas-malasan, tubuh akan menjadi semakin lemas. Berbagai jenis kegiatan tentunya masih bisa dilakukan seperti juga pada bulan-bulan lainnya. Khusus di bulan Ramadhan, alangkah baiknya jika kita bisa melakukan kegiatan positif dan bermanfaat bagi diri sendiri dan juga orang banyak. Jadi, kegiatan seperti apa yang bisa kita lakukan di bulan Ramadan ini?

  1. Bertadarus dan menghatamkan Al-Qur’an

Bertadarus dan membaca Al-Qur’an menjadi salah satu kegiatan yang dianjurkan di bulan Ramadhan. Dengan ganjaran yang berlipat, bulan Ramadhan adalah saat yang tepat untuk memperbanyak ibadah dan salah satunya dengan memperbanyak membaca Al-Qur’an.

  1. Mencoba resep makanan ringan

Sambil menunggu waktu berbuka tiba atau di waktu senggang, Anda juga bisa mempraktikan resep-resep makanan ringan yang tersimpan di lemari untuk dijadikan menu berbuka puasa. Apalagi jika banyak orang juga bisa mencicipi “hasil karya” yang Anda buat. Anda bisa mengirimkan panganan hasil buatan Anda sendiri kepada tetangga atau masjid terdekat di rumah. Bulan Ramadhan, bulan penuh berkah, loh. Tidak ada salahnya untuk berbagi, kan?

  1. Membaca buku

Jika Anda sedang bingung ingin melakukan apa sambil menunggu waktu berbuka tiba, cobalah membayangkan untuk melihat dunia. Bagaimana caranya? Ya, membaca buku salah satunya. Tidak harus buku-buku yang bertema tentang ilmu agama, buku apapun bisa menjadi “jendela” terbaik Anda untuk melihat dunia.

  1. Bergotong royong membersihkan rumah

Dalam Islam dikenal sebuah hadis yang berbunyi “kebersihan adalah sebagian dari Iman”. Berhubung bulan puasa merupakan bulan yang penuh dengan kebaikan, tidak ada salahnya Anda bersama dengan anggota keluarga yang lain bergotong royong untuk membersihkan rumah. Rumah yang bersih bukan hanya nyaman untuk ditempati, namun juga sebagai cerminan dari penghuni rumah itu sendiri. Selain itu, para tamu dan kerabatpun pastinya akan merasa lebih betah dan kerasan di rumah yang bersih dan apik.

  1. Berolahraga

Puasa bukan berarti Anda juga puasa berolahraga. Di waktu pagi, setelah sahur dan shalat subuh, ataupun sore hari, beberapa jam sebelum waktu berbuka tiba, sempatkanlah untuk berolahraga sebentar. Tidak perlu olahraga yang berat-berat. Anda bisa berjalan santai sambil mencari menu berbuka yang lezat dan nikmat. Bersepeda mengelilingi taman di sekitar komplek rumah. Atau jika olahraga fisik masih terasa berat, mungkin Anda bisa mencoba olahraga yang membutuhkan strategi dan ketangkasan, seperti catur atau bermain monopoli, misalnya.

Sumber :
https://www.1001inspirasiramadhan.com/article/puasa/5-kegiatan-positif-di-bulan-ramadhan

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.