MANFAAT DAN CARA MENANAM SI MUNGIL BLACKBERRY

0 70

Blackberry adalah buah yang lezat dan serbaguna, tergabung dalam genus Rubus dalam keluarga Rosaceae yang juga mencakup raspberry dan dewberry. Berasal dari wilayah beriklim sedang di dunia, blackberry telah dihormati sebagai buah resmi negara bagian Alabama dan ditemukan di Amerika Utara dan pesisir Pasifik. Budaya kuno dianggap tanaman blackberry sebagai gulma atau tanaman liar, namun sejarah obatnya membentang hingga lebih dari 2000 tahun. Sejarah mengungkapkan penggunaan tradisional buah blackberry, daun, kulit kayu, dan akar oleh orang Romawi dan Yunani untuk penyembuhan berbagai kondisi kesehatan mulai dari infeksi ringan sampai gigitan berbisa . Bahkan, selama 18 thabad, penyembuhan Yunani menggunakan blackberry untuk mengobati asam urat sangat berpengaruh di Eropa sehingga dikenal sebagai ‘encok berry’. Bukti ilmiah terkini telah berkontribusi secara luas dalam menggali potensi terapeutik dari blackberry dan konsumsi di seluruh dunia.

Tanaman Blackberry memiliki tegakan dua tahunan atau tegak sebagian tegak dengan lonjakan tajam dan daun hijau tua dengan gugus bunga putih kehijauan. Ini menghasilkan buah agregat ungu hitam yang terdiri dari beberapa segmen berdaging kecil atau drupelets. Blackberry memiliki kulit yang rapuh dan halus dengan  inti kehijauan yang memanjang hampir sampai ke dasar berry. Blackberry dewasa umumnya berwarna merah atau hijau dan sulit untuk menyentuh dan kemudian berubah menjadi hitam, lembut, juicy, dan mengkilap buah-buahan pada pematangan.

NILAI GIZI BLACKBERRY

Buah blackberry adalah buah padat dan padat nutrisi yang menyimpan berbagai macam komponen bergizi . Vitamin yang diberikan oleh blackberry termasuk vitamin A , vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B6 , folat, vitamin C (asam askorbat), vitamin E (alpha-tocopherol) dan vitamin K (phylloquinone ). Kekayaan mineral dari blackberry termasuk kalsium , zat besi , magnesium , fosfor, potassium , dan seng. Blackberry juga merupakan sumber asam amino dan serat makanan penting , tanpa mengandung kolesterol berbahaya.

Cara Menumbuhkan Blackberry

Jika Anda memutuskan untuk menanam blackberry, sangat penting untuk mempelajari beberapa hal:

  • bagaimana memilih dan menyiapkan tanah untuk ditanam,
  • bagaimana memilih varietas blackberry yang sesuai dengan tanah, posisi dan kebutuhan Anda,
  • bagaimana mempertahankan tanaman agar menghasilkan hasil panen dan kualitas buah yang lebih baik.

Blackberry adalah semak abadi keluarga Rosaceae. Hal ini dimungkinkan untuk menumbuhkan blackberry di daerah yang hangat dan dingin – beberapa varietas mentolerir kondisi tropis dan tropis yang lebih hangat.

Bush Blackberry terdiri dari tunas yang relatif panjang yang tumbuh dari akar dan tanpa dukung, biasanya mereka membungkuk ke tanah. Dengan kelembaban yang cukup di tanah, cabang yang bersentuhan dengan tanah mulai berakar – ini hanyalah salah satu dari banyak cara blackberry dapat disebarkan di kebun belakang.

Daunnya terdiri dari 3 sampai 7 daun kecil elips bergerigi, berwarna hijau tua sampai gelap. Bunga bunganya kecil sampai sedang-besar, putih, terkadang dengan nuansa pink muda. Blackberry mekar dari bulan Mei dan seterusnya. Buah-buahan yang drupes agregat dengan berbagai bentuk dan ukuran – oval, bulat atau memanjang. Warna blackberry matang umumnya gloss black.

JENIS DAN VARIETAS BLACKBERRY

Semak Blackberry bisa dibagi menjadi dua tipe dasar:

  • Ereksi blackberry – jenis semak blackberry ini memiliki tunas yang kuat yang menahan diri tegak – blackberry ini tidak memerlukan tambahan dukungan. Varietas ini biasanya lebih tahan terhadap suhu rendah. Varietas yang paling umum adalah: Cherokee, Cheyenne, Shawnee dll.
  • Trailing blackberry – untuk tumbuh secara vertikal, jenis blackberry ini memerlukan semacam dukungan. Varietas yang paling umum adalah: Thornless, Black Satin, Boysenberry, Logan, Marion, Thornless Evergreen, Young, Waldo dll.
  • Tipe semi tegak – blackberry ini memiliki tunas yang kuat, namun mereka tetap membutuhkan dukungan untuk tumbuh tegak.

Selain pembagian dasar ini, kultivar blackberry juga berbeda sesuai dengan:

  • Jika semak memiliki duri atau tidak,
  • jika semak-semak itu gugur atau hijau.

Kebanyakan varietas dapat dibeli di kedua versi: dengan duri atau duri. Untuk menanam blackberry di kebun belakang, varietas tanpa duri sangat dianjurkan. Di sisi lain, bila dibandingkan dengan varietas dengan duri, varietas berduri agak rentan terhadap kondisi cuaca buruk – selama musim dingin dan musim panas.

Seleksi Tanah Untuk Menumbuhkan Blackberry

Blackberry tumbuh subur di hampir semua tanah yang biasa ditemukan di sebagian besar halaman belakang dan kebun kecil. Namun, untuk menumbuhkan blackberry, seseorang harus menghindari tanah berpasir yang hangat, serta tanah yang dingin, berat dan terlalu lembab. Tanah tumbuh yang paling sesuai untuk blackberry adalah tanah liat berpasir, tanah agak lembab dan tanah yang serupa. Hasil terbaik dan buah terbaik dicapai pada medan yang terkuras dengan baik dengan beberapa gambut atau humus. Kandungan humus harus sekitar 2-4%, sedangkan tanah harus sedikit asam, dengan pH antara 5,5 dan 6,5.

POSISI APA YANG HARUS DIPILIH UNTUK MENUMBUHKAN BLACKBERRY?

Blackberry menyukai posisi hangat dan cerah. Mereka bisa tumbuh dan menghasilkan buah pada posisi yang sedikit teduh, tapi ini bisa mempengaruhi kualitas buah. Selain itu, angin hangat dan kering bisa mengancam tanaman blackberry, sehingga akan mengeringkan tanah dan mencegah berbunga tepat. Oleh karena itu, posisi terbaik untuk menumbuhkan blackberry adalah:

  • Dilindungi dari angin,
  • tanah dengan air yang diangin dengan baik dan dengan baik dengan pH 5.5 – 6.5,
  • memiliki banyak sinar matahari.

Jika tidak ada bahaya dari angin kencang, arah yang biasa untuk menanam blackberry ada di arah utara – selatan. Dengan jarak yang cukup antara deretan (tergantung pada tinggi tanaman tumbuh yang direncanakan), arah ini memberikan jumlah sinar matahari optimal untuk setiap tanaman.

PEMUPUKAN DAN PEMELIHARAAN TANAH

Buah blackberry tidak memerlukan tanah yang sangat subur – namun, mereka akan menghasilkan banyak buah saat ditanam di tanah yang cukup kaya dan berdrainase baik. Pemupukan harus dilakukan dua kali setahun – di awal musim semi (pada bulan Maret atau April) dan di musim gugur setelah panen (yang terbaik awal Oktober).

Untuk pemupukan musim semi, gunakan pupuk mineral yang kaya nitrogen (misalnya 20:10:10), tapi tambahkan beberapa humus dan / atau kompos. Jika Anda hanya memiliki beberapa tanaman blackberry, menggunakan pupuk yang dioptimalkan untuk berry dengan pelepasan nutrisi secara bertahap sangat dianjurkan. Ini bukan pilihan yang paling murah, tapi dalam skala kecil, kenapa tidak?

Pada musim gugur, dianjurkan untuk menggunakan pupuk kandang, sekitar 2-3 kg per meter persegi. Jika tanahnya subur, proses ini diulang setiap dua atau tiga tahun sekali.

Bila pupuk kandang digunakan, seseorang harus menghindari penggunaan pupuk nitrogen dan membatasi penerapan pupuk fosfor dan kalium. Jika Anda tidak menggunakan pupuk kandang pada musim gugur, gunakan pupuk NPK – dengan rasio nutrisi 10:12:26 atau 15:15:15 – tergantung pada kualitas tanahnya. Setelah pembuahan, bajak tanah sekitar 10 cm (4 inci) secara mendalam.

PENANAMAN BLACKBERRY – SPASI DAN PENGAIRAN

  • Tanam setidaknya 3 kaki terpisah di barisan, dan biarkan 7-8 kaki di antara baris.
  • Pastikan untuk menyirami tanaman sesering yang mereka bangun.
  • Setelah tanaman tumbuh sepenuhnya, mereka akan membutuhkan penyiraman rutin 1-2 inci per minggu seperti sisa kebun Anda.
  • Tanaman dapat disiram dengan selang air hujan, atau sistem irigasi tetes.

Setelah Penanaman

  • Setelah menabur blackberry pada musim gugur, musim semi, atau pada musim dingin ringan, mereka mencapai puncaknya pada bulan Juni, Juli, dan Agustus.
  • Tanaman membutuhkan sinar matahari penuh di iklim yang lebih dingin namun juga memerlukan sedikit warna di daerah yang lebih panas .
  • Pastikan menanam semak-semak dimana mereka bisa berkeliaran.
  • Dianjurkan untuk transplantasi tanaman berumur satu tahun karena dibutuhkan waktu dua tahun untuk menghasilkan buah.
  • Hindari menumbuhkan blackberry di dekat pohon kenari hitam
  • Blackberry mengalami pertumbuhan kerdil, layu, atau bahkan kematian jika mereka bersentuhan dengan akar kenari hitam.
  • Saat memutuskan lokasi menanam blackberry, reaksi allelopatik terjadi dalam lingkaran satu setengah kali jarak dari batang kenari hitam ke cabang terluar .

Pohon tersebut menekan tanaman tetangga dengan melepaskan ke lingkungan zat yang menghambat pertumbuhan pesaing potensial.

Penyakit Tanaman Blackberry

  • Hindari menanam blackberry di mana tanaman keluarga nightshade, yang merupakan paprika, tomat, kentang, dan terong, telah tumbuh dalam beberapa tahun terakhir.
  • Tanaman Ini Bisa Menularkan Layu Verticillium Ke Tanaman Blackberry.
  • Jika daun tanaman blackberry Anda menjadi kerdil dan bengkok, dan jamur berbedak putih berkembang di bagian bawah dedaunan, mereka memiliki penyakit tanaman yang disebut “embun tepung” .Pupaskan dan hancurkan bagian yang terinfeksi.
  • Untuk mengatasi embun tepung, oleskan 95 persen wabah belerang fungisida setiap 7 sampai 10 hari sampai sistem hilang atau sampai sebulan sebelum panen dimulai.

Tanaman Tipis Membiarkan Matahari Dan Udara.

  • Hancurkan alat pemangkas Anda dengan larutan pemutih dari satu bagian pemutih rumah tangga ke empat bagian air setelah masing-masing dipotong.
  • Obat terbaik adalah menanam tanaman tahan penyakit. Misalnya, varietas seperti Boysen, Ebony King, Eldorado, Lawton, Orange, Evergreen, Russell, dan Snyder tahan terhadap penyakit karat oranye.
  • Titik kuning di kedua sisi daun menunjukkan penyakit tanaman ini.
  • Beberapa minggu kemudian, area berwarna terang berkembang di bagian bawah dedaunan.
  • Kemudian permukaan daun pecah, memperlihatkan massa spora merah oranye dan merah yang besar.
  • Menggali tanaman yang terinfeksi dan menghancurkannya. Untuk pencegahan, pembersihan musim gugur yang baik dan lepaskan buah liar yang tumbuh di dekatnya.

PENYIRAMAN TANAMAN BLACKBERRY

Untuk pertumbuhan yang tepat, blackberry membutuhkan kelembaban tanah yang moderat. Air sangat penting dalam pengembangan tunas tahunan, tapi juga untuk pertumbuhan buah. Selama bulan-bulan musim panas, blackberry membutuhkan sekitar 30 mm (1,2 inci) air setiap 7-10 hari – yaitu sekitar 20-30 liter air per tanaman saat ditanam di kebun setiap minggu. Dalam kasus sistem irigasi tetes, jumlah ini sedikit lebih rendah.

Sebenarnya, sistem irigasi tetes dianjurkan karena mudah dikenali dan menyediakan tingkat kelembaban konstan di dalam tanah.

Pemangkasan Tanaman Blackberry

Pemangkasan pertama blackberry dilakukan segera setelah tanam. Hapus apapun yang tidak terlihat sehat.

Tanaman yang menghasilkan buah biasanya tingginya sekitar 2 m dan harus disingkat menjadi 30 – 50 cm (1-2 kaki) dan varietas yang lebih kecil sampai 20 cm (8 inci). Ini akan memperkuat akar dan tunas tunas yang akan tumbuh.

Untuk pencahayaan yang lebih baik dan kualitas buah yang lebih tinggi, semak blackberry harus ditipiskan dengan hati-hati. Biasanya, seseorang harus meninggalkan 5-6 tunas kuat (atau 8-12 pada varietas kuat) dan yang lainnya dikeluarkan. Tunas yang rusak atau sakit harus dipotong ke tanah. Tunas dua tahun yang memiliki buah juga dibuang. Pada akhir musim dingin, adalah praktik yang baik untuk mempersingkat ranting lateral pada cabang berusia satu tahun dengan panjang sekitar 30-40 cm (12-16 inci). Dengan cara ini, buah tahun depan akan lebih besar dan lebih baik.

Menyimpan Blackberry

Simpan buah di kulkas segera setelah memetik rasa.

Berries membeku dengan baik dan akan bertahan hingga 6 bulan beku.

Perlahan bilas buah jika mereka tampak berdebu atau kotor, dan biarkan mereka mengering sebelum memasukkannya ke dalam wadah kedap udara di dalam freezer.

Metode penyimpanan jangka panjang kedua terbaik adalah membuat selai blackberry atau jeli.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.