Cara Sambung Pucuk Tanaman Agar Cepat Berhasil

180

Asalamualaikum para pembaca yang baik pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara memperbaiki mutu tanaman, salah satu caranya dapat dilakukan dengan cara sambung pucuk tanaman. karena indonesia adalah negara yang di anugrahi tanah yang sangat subur, bagai surga yang dihampar oleh tuhan, jadi nikmat tuhan manakah yang kalian dustakan?.

Maka dari itu tanamilah lahan yang terbenkalai disisi rumah kita jangan biarkan merana, untuk itu agar tanaman yang kita tanam dapat menghasilkan tanaman yang berkualitas maka kita harus memperbaiki mutu tanaman tersebut agar dapat cocok di tanam di pekarangan rumah kita kriterianya yaitu tanaman dengan pohon yang tidak besar tetapi mampu menghasilkan buah yang enak, banyak juga besar, dengan menggunakan bibit dari hasil sambung pucuk maka tanaman yang kita inginkan dapat terpenuhi.

Pengertian cara sambung pucuk tanaman

cara sambung pucuk tanaman

Sambung pucuk tanaman yaitu menyatukan antara dua tanaman yang sama jenis tapi berbeda kualitas agar dapat tumbuh berkembangbiak menjadi satu tanaman yang unggul dan berkualitas, yang atas unggul tentang hasil buah dan yang tahan terhadap hama yang bawah kualitas tentang perakaran yang kuat dan tahan terhadap kekurangan air maupun pada saat kelebihan air. Mari kita bersama-sama belajar agar mampu membuat tanaman yang dapat tumbuh unggul dan berkualitas tersebut sendiri, pelaksanaan waktu yang baik untuk melakukan teknik sambung pucuk tanaman adalah pagi hari karena pagi hari kambium sedang aktif, atau saat tumbuhan tersebut muncul tunas-tunas baru.

Biasanya sebelum melakukan teknik sambung pucuk ini tanaman atau pohon di beri pupuk terlebih dahulu agar bertunas atau menjadikan kambium tanaman tersebut aktif yaitu sebulan sebelum dilakukan penyambungan, baik bakal entris maupun batang mata tunas atau pokok bagian bawah. Tetapi jika memang sudah aktif atau ditandai dengan tumbuhnya tunas baru secara alami, maka kita bisa langsung melakukan penyambungan tanaman tersebut.

Persiapan awal cara sambung pucuk tanaman

Berikut ini persiapan sebelum melakukan sambung pucuk tanaman, sebaiknya terlebih dulu kita persiapkan bahan dan alatnya yaitu :

Alat yang diperlukan yaitu :

  • pisau okulasi pastikan tajam dan steril
  • grafting tape, plastik okulasi atau plastik es, jika memang tidak ada plastik okulasi ini sebagai pengikat antara entres dan batang bawah
  • plastik cungkup jika memang dibutuhkan

Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu :

  • Entres atau mata tunas beserta batangnya dari pahon yang berkualitas baik dan unggul
  • Batang bawah cari yang sehat dan perakaran yang telah kuat

Langkah-langkah sambung pucuk tanaman

cara sambung pucuk tanaman

Langkah 1 : Cuci tangan agar steril, kemudian kita siapkan dulu entris bagian atas yang akan kita iris miring di sebelah kiri dan sebelah kanan yang menyerupai sebuah mata kapak, usahakan panjangnya sama antara kiri dan kanan kira-kira panjang irisan 2 cm atau 3 cm. Untuk entres ini usahkan cari entres dari tanaman yang berkualitas unggul.

Pada saat pengirisan diusahakan satu kali irisan agar kambium tidak terluka, maksud satu kali irisan adalah dipotong dari sisi atas sampe bawah dalam sekali iris, supaya nantinya proses penyatuan dapat berhasil sempurna potongan harus lurus dan tidak bergelombang supaya sambungan kita nantinya dapat rapat dan udara lembab tidak masuk karena dapat membuat berairnya sambungan yang berakibat gagalnya proses sambungan kita.

cara sambung pucuk tanaman

Langkah 2 : Setelah selesai mengerjakan entris batang atas kita lanjut mengerjakan batang bawah yaitu carilah tanaman yang tumbuh secara sempurna sehat dan segar juga terhindar dari hama, biasanya dalam satu tanaman terdapat banyak batang yang tumbuh, diantara batang-batang tersebut pilihlah batang yang besarnya kira-kira sebesar pensil tapi harus sesuaikan dengan besar entres batang atas karena kesesuaian penting utuk teknik ini.

Setelah kita dapatkan pokok batang bawah yang bagus kita potong kira-kira tingginya 10 cm sampai 15 cm. jangan terlalu ke bawah karena saat penyiraman bisa tergenang air. Kemudian kita belah pokok bawah panjang belahan harus sama dengan irisan entres atau batang mata tunas. Misalnya entres atau batang mata tunas 3 cm maka panjang belahan juga harus 3 cm.

cara sambung pucuk tanaman

Langkah 3 : Setelah belahan pokok batang bawah selesai kita selipkan entres atau potongan batang mata tunas ke pokok batang bawah, ingat jangan digesar-geser dan jagan pula diulang-ulang menyelipkan ke pokok batang bawah karena akan merusak kambium setelah pas terpasang sempurna, barulah di ikat mengunakan grafting tape atau bisa juga mengunakan plastik es mambo yang dapat di tarik jadi panjang.

Ingat dalam pengikatan harus pas maksudya tidak boleh terlalu kuat dan jangan juga terlalu longgar karena jika terlalu kuat tanaman akan tercekik tapi jika terlalu longgar kerapatan sambungan tidak akan sempurna dan air juga mudah masuk, kemudian jika air masuk ini sangat fatal karena akan menyebabkan busuknya entres atau batang mata tunas. Setelah selesai pengikatan sisa plastik pengikat atau grafting tape bisa dibalutkan ke entres sampe ke pucuknya atau benar-benar terbalut agar kelembaban entres terjaga, dan jika kalau memang sisa pengikat sambungan tidak cukup untuk membalut entres bisa kita gunakan cungkup mengunakan plastik.

cara sambung pucuk tanaman

Langkah 4 : Setelah kita ikat sempurna dan di balut atau di cungkup kita bisa menunggu kira-kira 21 hari bisa kurang juga lebih intinya kalau sudah ada mata tunas yang sudah tumbuh tunas baru tandanya sambungan kita berhasil buka dan singkirkan balutan plastik yang ada pada entres.

Hanya cungkup atau balutan dibagian atas yang di buka karena dapat menganggu tunas-tunas baru yang akan tumbuh dan berkembang untuk ikatan di bagian bawah bisa nunggu kira-kira sambungan sudah kuat dan menyatu sempurna yang di tandai dengan tanaman sudah membesar, pada sambungan muncul lekukan-lekukan dan ikatan tadi mulai menganggu atau menyekik tanam barulah di buka agar tidak patah nantinya.

Video Cara Sambung Pucuk Tanaman Mangga

Bagi para pembaca artikel ini yang masih merasa kurang paham pada artikel tentang cara sambung pucuk tanaman yang telah kami bahas diatas, anda dapat menonton video berikut ini agar dapat gambaran bagaima proses pelaksanaan teknik sambung pucuk ini, silahkan tonton ya..

Untuk hasil sambung pucuk tanaman mangga tersebut, silahkan lihat video berikut :

Demikianlah ulasan kami tentang cara sambung pucuk tanaman, semoga pembahasan kami dapat memberikan tambahan ilmu dan wawasan bagi anda terutama yang gemar sekali dengan membudidayakan tanaman, sampai ketemu lagi pada pembahasan artikel berikutnya 🙂 . Terima kasih dan wassalamu’alaikumwrwb.

Sumber : https://www.tutorialtanaman.com/cara-sambung-pucuk-tanaman/



Comments are closed.