la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

Cara membuat diskon yang menarik agar bisa menjual lebih banyak produk

Dalam hal membuat diskon tentunya tidak boleh asal, namun harus di perhitungkan dulu mulai dari modal, biaya promosi dan juga biaya packing, agar jangan sampai boncos nanti akhirnya.

Diskon merupakan sesuatu yang paling menjadi incaran dan di sukai oleh banyak pembeli. Kekurangan dari pemberian diskon bagi penjual adalah berkurangnya ke untungan yang akan di peroleh, bahkan jika salah perhitungan, bukan hanya berkurang ke untungan saja, akan tetapi justru malah mengalami kerugian, untuk itulah harus di perhitungkan secara cermat agar jangan sampai mengalami kerugian.

Pentingnya memberikan diskon bagi penjualan toko

Baik toko online maupun offline, pemberian diskon ini sangat penting, karena termasuk dalam salah satu strategi marketing yang tidak pernah gagal. Pemberian diskon bertujuan untuk menarik interaksi lebih banyak dari calon pembeli, sehingga bisa menghasilkan penjualan yang lebih banyak
Berikut ini strategi membuat diskon yang perlu kamu ketahui.

1. Membuat diskon dengan jangka waktu

Selain melakukan perhitungan, penggunaan kata diskon yang menunjukan bahwa diskon hanya berlaku untuk waktu-waktu tertentu yang sangat singkat juga terbukti ampuh bisa meningkatkan penjualan, karena dengan demikian, pembeli akan takut kehilangan moment-moment berlakunya diskon ini.
Berbeda halnya jika diskon yang di buat berlaku sampai berbulan-bulan, bahkan selamanya, justru pembeli akan menunda untuk melakukan pembelian, karena pembeli merasa, alah masih lama ini promo diskonnya, pembei akan berpikiran beli besok-besok juga masih bisa, dan kebanyakan setelah pemikiran ini muncul biasanya besoknya pun tidak jadi melakukan pembelian, entah tertarik dengan toko lain atau bahkan lupa.

2. Membuat diskon dengan lambang % (bukan tulisan persen)

Karena sudah sangat terbiasa dengan lambang % seperti ini tentunya saat berbelanja dan mencari diskonan bukan kata persen akan tetapi lambang %, sebagai contoh 50 % dan 50 persen, tentunya bagi kita yang berada di posisi sebagai calon pembeli mata akan lebih tertarik pada 50%, karena lebih familiar bagi pemburu diskon.

Meskipun terkesan sesuatu yang sepele dan sering kali di sepelekan, penulisan dalam pembuatan diskon ini juga termasuk hal yang sangat penting untuk di perhatika, salah dalam penulisan bisa memberikan hasil yang kurang maksimal.

3. Menyertakan diskon pada desain foto ataupun banner

Selain kalimat promosi, tentunya yang paling mendapat perhatian khusus adalah bagian foto produk dan untuk masalah penempatan diskon yang ampuh adalah di desain foto, karena bisa di buat lebih mencolok, sehingga fokus pembeli bisa ter arah ke diskon.

Dalam penempatan tulisan logo diskon usahakan untuk tidak menghalangi detail produk yang di jual, sehingga foto produk masih tetap bisa terlihat dengan jelas oleh calon pembeli.

4. Buat diskon musiman atau hari khusus

Tawarkan diskon selama perayaan hari besar seperti hari raya, hari valentine, atau black friday. Ini adalah waktu ketika banyak orang mencari penawaran diskon terbaik dan waktu di mana banyak orang kalap dalam berbelanja, karena biasanya sudah di siapkan anggaran untuk berbelanja di hari-hari khusus seperti ini.

5. Diskon khusus pelanggan setia

Berikan diskon khusus kepada pelanggan setia yang sering berbelanja di toko, sebagai bentuk penghargaan atas dukungan mereka. Ketika pembeli mendapatkan perhatian khusu, tentunya mereka akan merasa lebih di hargai dan makin suka berbelanja di tempat yang bisa menghargai mereka dan akhirnya bisa mendapatkan pelanggan yang loyal.

6. Diskon dengan sistem bundling produk

Buat paket bundling dengan beberapa produk yang berbeda dengan harga diskon. Ini bisa menjadi cara yang menarik untuk mengenalkan produk baru kepada pelanggan.

Sistem diskon bundling ini adalah membuat penawaran 2 produk atau lebih dengan model yang berbeda dengan harga yang lebih murah di bandingkan harus beli secara ecer.

Lakukan perencanaan dengan matang ketika memberikan diskon

Ingatlah bahwa diskon yang terlalu sering atau terlalu besar dapat merusak margin keuntungan yang bisa di peroleh. Oleh karena itu, penting untuk selalu merencanakan dan mengelola diskon dengan bijak agar tetap menguntungkan bagi keberlangsungan bisnis.

Posting Komentar

Posting Komentar

Tulis komentar sesuai dengan topik pembahasan yang ada di dalam artikel