la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

7 Ide Bisnis Untuk Anak Sekolah Dengan Modal Kecil Paling Potensial Dengan Profit Menjanjikan

7 Ide Bisnis Untuk Anak Sekolah Dengan Modal Kecil Paling Potensial Dengan Profit Menjanjikan

Siapa bilang anak sekolah sekaranmg ini tak bisa memiliki bisnis sendiri?. Dengan memiliki semangat, kreativitas dan juga tekad yang kuat, anak-anak bahkan yang masih sekolah pun bisa untuk merintis bisnis sederhana, namun menguntungkan. Meski dengan modal terbatas, bisnis tetap memiliki potensi untuk bisa sukses.

Dengan makin canggihnya dunia digital seperti sekarang ini, makin mudah untuk bisa memperkenalkan produk pada banyak audiens, baik melalui media sosial, maupu melalui platform e-commerce seperti shopee, lazada, tokopedia dan platform lainnya.

Baca: Cara membuat akun dan posting jualan di shopee dari hp untuk pemula sampai bisa dapat jutaan perbulan

Banyaknya platform digital seperti sekarang ini tentunya membuka banyak jalan untuk menjadi tempat promosi yang potensial. Bagi pelaku bisnis yang mampu mengikuti perkembangan digital yang cepat seperti sekarang ini, tentunya potensi bisnis yang di jalankan bisa sukses sangat besar, walaupun dengan modal yang serba terbatas.

Rekomendasi Bisnis Untuk Anak Sekolah Dengan Modal Kecil

Dalam membangun sebuah bisnis, kunci utamanya adalah memiliki keberanian untuk mencoba hal baru dan terus konsisten dalam menjalankan bisnis tersebut. Modal kecil bukanlah sebuah hambatan yang tidak bisa diatasi, melainkan tantangan yang membutuhkan kreativitas dan semangat pantang menyerah. Berikut 7 rekomendasi ide bisnis yang dapat ditekuni oleh para pelajar untuk meraih kesuksesan di dunia bisnis.

1. Bisnis Kuliner

Berkecimpung dalam dunia kuliner sekarang ini bisa menjadi peluang emas. Jangan meremehkan kemampuan memasak atau membuat kue-kue sederhana yang diminati anak sekolah. Bisnis katering kecil-kecilan atau bisnis jajanan untuk acara-acara kecil di sekitar lingkungan dapat menjadi peluang bagus.Bisnis kuliner bukan hanya berfokus pada makanan saja, akan tetapi juga termasuk minuman yang sedang tren saat ini.

Baca: 10 Ide Bisnis Jualan Minuman Kekinian Modal Kecil Dengan Keuntungan Yang Menjanjikan

Tidak seperti dulu, yang menganggap bahawa bisnis kuliner merupakan sebuah bisnis yang memerlukan banyak modal, sekarang ini bisnis kuliner lebih membumi dan mudah di jangkau dan di jalankan di rumah dengan modal yang terbatas, sehingga peluang dan keberanian untuk mencoba berkecimpung dalam dunia kuliner mulai di miliki oleh anak muda, termasuk akan sekolah.

Tips Promosi Bisnis Kuliner

Berikut ini beberapa tips promosi bisnis kuliner yang bisa kamu terapkan.

Promosi Melalui Media Sosial

Bagi yang memiliki modal serba terbatas, tentunya akan sangat susah jika harus menyetok banyak makanan, dan potensi makanan busk ataupun basi sangat tinggi, untuk itulah bisa di siasati dengan cara melakukan promosi dan menawarkan dagangan melalui media sosial, dan ketika sudah ada pesanan, pesanan bisa langsung di proses sesuai dengan jumlah pesanan yang masuk, sehingga tidak ada resiko dagangan basi dan mubadzir.

Promosi Melalui Teman

Bagi yang menjalankan bisnis ketika masih sekolah, tentunya teman akan selalu memberikan dukungan, dan tidak segan untuk membeli dagangan dan merekomendasikan dagangan yang kamu jajakan jika teman-temanmu merasa jualan yang kamu jajakan enak dan layak untuk lebih dikenal banyak orang.

Promosi Melalui Keluarga

Selain teman, Kleuarga tentunya menjadi garda pertama yang selalu menjadi pendukung yang memberikan dukungan baik secara moral maupun modal, jadi jangan ragu untuk mempromosikan pada kaluarga, agar nantinya keluarga merekomendasikan pada teman-temannya, sehingga produk yang kamu jajakan lebih banyak dikenal.

2. Kesenian Dan Kerajinan Tangan

Kemampuan dalam bidang seni dan kerajinan juga dapat dijadikan sumber penghasilan. Menghasilkan lukisan sketsa, kerajinan tangan, atau barang-barang handmade lainnya bisa menjadi ide bisnis yang menarik. Dalam era digital ini, platform online seperti Instagram atau facebook dapat digunakan sebagai media untuk mempromosikan produk kesenian dan kerajinan tangan. Dengan kreativitas dan keahlian, anak sekolah juga bisa menghasilkan pendapatan tambahan yang berasal dari bakat seni yang dimiliki.

3. Les Privat

Bagi yang berprestasi dalam bidang pelajaran tertentu, menyelami karier dalam bidang les privat juga merupakan pilihan yang menjanjikan. Anak sekolah yang berprestasi dan memiliki pengetahuan yang lebih dapat menawarkan jasa les privat untuk mata pelajaran tertentu yang mereka kuasai dengan baik. 

Baca: Cara Memulai Karier Guru Les Privat Dan Tips Membuat Brosur Yang Efektif Untuk Promosi Les Privat

target les privat ini bisa juga membantu adik-adik kelas yang kesulitan dalam pelajaran matematika atau bahasa Inggris dan berbagai mata pelajaran lainnya, atau memberikan pelajaran mengaji. Selain memberikan bantuan akademis, les privat juga dapat menjadi cara yang efektif untuk mengembangkan keterampilan dan rasa kepemimpinan dan empati.

4. Menjadi Penulis

Bagi yang suka dan memiliki hobi dalam dunia tulis menulis, anak sekolah bisa mencoba peruntungan dalam dunia penulisan. Menulis artikel, cerpen, atau bahkan membuat blog pribadi seperti ini bisa menjadi sebuah cara yang menyenangkan dan bisa bermanfaat untuk menghabiskan waktu luang.

Baca: 7 Cara Mudah Mendapatkan Uang Dari Menulis Artikel, Di Jamin Bikin Ketagihan

Dengan kemampuan menulis yang mumpuni, anak muda yang masih dalam proses menyelesaikan pendidikan juga dapat menghasilkan uang dari layanan penulisan konten atau mengikuti kompetisi penulisan. Siapa tahu, tulisan yang di buat bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang.

5. Menjadi Content Creator (Pembuat Konten)

Menjalankan bisnis di era digital ini tidak selalu berarti harus menjalankan bisnis yang serius dan selalu berada di kantor saat jam kerja. Anak sekolah sekarang ini dapat menciptakan berbagai konten kreatif di berbagai platform digital seperti YouTube, Instagram atau TikTok.

Baca: 7 Sumber Penghasilan Menjadi Konten Kreator Di Era Digital Yang Prospeknya Makin Menggiurkan

Dengan menjadi pembuat konten, mereka bisa mendapatkan penghasilan dari adanya iklan atau dukungan sponsor, endorse, ataupun dari jasa pembuatan konten. menjadi pembuat konten sekarang ini tidak hanya menjadi sebuah hobi yang menghibur, tetapi juga menjadi sebuah peluang untuk meraih popularitas dan keuntungan secara finansial.

6. Berjualan Online

Platform E-commerce seperti shopee, tokopedia, lazada dan platform lainnyantentunya bisa menjadi sebuah tempat jualan yang memiliki potensi untuk mendapatkan penghasilan yang tidak terbatas dengan waktu yang lebigh fleksibel, sehingga bisa dijalankan kapan saja dan dimana saja, sehingga tidak trlalu mengganggu dalam proses belajar di sekolah.

7. Menjadi Reseller, Dropshipper Dan Affiliator

Ketika jenis bisnis ini, reseller, dropshipper dan affiliator ini merupakan jenis bisnis yang berbeda, namun hampir memiliki banyak kesamaan dalam sistemnya, sehingga kali ini akan di bahas dalam satu jenis bisnis saja untuk mempersingkat pembahasan kali ini.

Baca : Cara Menjadi Dropshipper Tanpa modal Untuk Pemula Sampai Bisa Sukses

Bagi yang belum paham apa sebenarnya perbedaan reseller, dropshipper dan affiliator ini, berikut ini pembasan singkatnya.

Memahami Apa Itu Reseller

Reseller ini sesuai dengan namanya, yaitu reseller, yang berarti menjual ulang, artinya adalah kita bisa membeli barang dari supplier untuk dijual kembali. tujuan pembelian dari reseller ini bukan untuk di gunakan sendiri, akan tetapi dengan tujuan untuk di jual ulang dengan harga yang telah di naikkan (mark up).

Memahami Apa Itu Dropshipper

Berbeda dengan reseller, dropshipper ini merupakan modal bisnis yang tanpa perlu modal. Cara menjalankan dropshipper ini adalah kita mempromosikan barang dari supplier dengan harga yang telah di mark up, kemudian ketika sudah ada yang membeli, dropshipper baru melakukan pembelian pada supplier dan nantinya supplier akan langsung packing dan mengirim ke pembeli dengan data dan alamat yang di dapatkan dari dropshipper.

Memahami Apa Itu Affiliator

Affiliator ini sangat berbeda dari reseller dan dropshipper, karena peran affiliator ini hanya mempromosikan produk dari toko (supplier) dengan harga yang telah di tetapkan oleh supplier dan ketika ada pembelian masuk ke supplier, affiliator akan mendapatkan komisi dari penjualan yang di dapatkan.

Posting Komentar

Posting Komentar

Tulis komentar sesuai dengan topik pembahasan yang ada di dalam artikel