la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

Cara membuat akun dan posting jualan di shopee dari hp untuk pemula sampai bisa dapat jutaan perbulan

Cara membuat akun dan posting jualan di shopee dari hp untuk pemula
Untuk bisa menambah pemasukan, banyak cara yang bisa dilakukan, salah satu caranya adalah jualan produk di shopee, untuk bisa memulai jualan di shopee tentunya harus paham dulu mulai dari pembuatan akun shopeenya dan bagaimana cara posting jualannya.
Beda halnya dengan promosi jualan di media sosial yang lebih mudah, karena tidak perlu menyertakan kategori produk, variasi produk, bahkan tanpa di beri detail harga pun masih bisa di upload, namun di shopee tidak bisa seperti itu dan harus lengkap.

Step by step mulai buat akun dan jualan di shopee

Untuk bisa memulai berjualan di shope, kamu benar-benar harus memperhatikan step demi step yang akan di bahas disini, dan pembahasan yang akan mimin sampaikan sangat cocok untuk pemula, karena benar-benar akan di bahas mulai dari paling dasar sampai bisa dapat omset penghasilan jutaan tiap bulan, apa saja step-stepnya?, langsung simak pembahasan berikut ini.

1. Download dan instal aplikasi shopee di hp

Karena mulai dari dasar tentunya harus di mulai dari proses download aplikasi shopee, pastikan aplikasi yang di download adalah aplikasi yang asli dan resmi, bukan aplikasi yang sudah di oprek.

Untuk bisa mendownload aplikasi shopee ini bisa langsung di download di play store (untuk android), di app store (untuk apple) dan app gallery (untuk smartphone huawei), pastikan untuk mendownload aplikasi yang resmi, bukan aplikasi bajakan. Setelah selesai download, tunggu sampai proses instalasi selesai.

2. Membuat akun toko shopee

Sebelum membuat akun shopee, pastikan untuk menyiapkan email dan juga nomor hp yang aktif, pastikan juga bahwa nomor hp yang di gunakan untuk mendaftar merupakan nomor yang selalu di pakai (bukan nomor kuota yang sekali pakai buang) dan usahakan juga nomor sudah terhubung ke whatsapp, untuk mempermudah.
Perlu di garis bawahi, bahwa nomor hp merupakan bagian terpenting dalam akun, karena nantinya kode otp akan dikirim disini, mulai dari otp peringatan login, sampai reset pasword ketika lupa pasword, semua akan dikirim ke nomor ataupun email.

Langkah-langkah daftar akun shopee

  1. Buka aplikasi shopee yang telah di instal.
  2. Cari menu saya (dengan gambar logo orang).
  3. Klik pilihan daftar yang ada di menu.
  4. Masukkan nomor hp dan ingat juga seperti yang telah di jelaskan tadi, gunakan nomor yang selalu aktif
  5. Kemudian klik tombol lanjut, nantinya kamu akan di minta mencocokan gambar verifikasi, caranya geser gambar kemudian kamu diminta untuk memasukan kode otp yang telah dikirim shopee ke nomor hp mu, setelah itu buka sms dan cari kode verifikasinya, jika belum masuk tunggu sebentar dan jika sudah lebih dari 5 menit belum masuk juga, kamu bisa meminta kode ulang, kemudian masukan kode di tempat yang telah di sediakan dan klik lanjut.
  6. Langkah berikutnya adalah mengatur pasword, pasword biasanya terdiri dari 8 karakter (kombinasi huruf besar, huruf kecil dan angka), pastikan membuat pasword yang mudah di ingat, walaupun sebenarnya bukan masalah besar jika tiba-tibalupa, karena masih bisa di reset ulang.
  7. Setelah itu, klik tombol daftar dan akun sudah jadi, namun belum siap di gunakan untuk berjualan.

3. Mempersiapkan akun shopee untuk jualan

Untuk bisa memulai jualan di shopee, akun perlu di seting terlebih dahulu, mulai dari nama toko, username, alamat toko sampai jasa kirim pilihan toko.
Dalam pemilihan jasa kirim toko, usahakan untuk memilih jasa kirim yang mudah di jangkau, karena walaupun kebanyakan ekspedisi pengiriman sudah menyediakan fasilitas pick up pengiriman, akan tetapi bagi toko baru dan masih sedikit pengiriman, biasanya kurir yang bertugas untuk pick up pesanan sering telat, atau bahkan tidak mau pick up pesanan.

Untuk akun baru yang di buat di shopee, biasanya memang biasanya sudah memiliki username dan juga nama toko, akan tetapi sifatnya random, sehingga perlu di ganti dengan nama yang sesuai dengan nama toko yang ingin kamu buat.

4. Daftar gratis ongkir (free ongkir) shopee

Awalnya yang paling menarik dari shopee tentunya adalah banyaknya promo free ongkirnya, namun belakangan ini, kebijakan free ongkir shopee sedikit berubah dan potongan free ongkir yang di berikan pun sangat sedikit, sehingga banya penjual dan juga pembeli yang mengeluhkannya.

Walaupun demikian, tetap tokomu harus juga di daftarkan ke gratis ongkir shopee, karena nantinya akan sangat membantu meningkatkan minat belanja pembeli di tokomu.

Karena potongan free ongkir lebih kecil, biasanya pembeli cenderung memilih toko yang lokasinya masih 1 daerah, sehingga bisa tambah menghemat ongkir yang di keluarkan.

Selain pembeli yang sifatnya pemakai / konsumsi sendiri, para dropshipper tentunya juga banyak yang mengeluhkan ongkir, karena biasanya ke untungan bisa berlipat ganda dengan adanya potongan ongkir yang besar.
Kita do'akan saja, semoga kedepannya shopee bisa memberikan promo free ongkir yang besar lagi, dan makin banyak juga promo-promo menarik lainnya, karena bagaimanapun juga promo-promo seperti ini sangat berpengaruh pada minat belanja seseorang, yang tadinya tidak ingin belanja, karena ada promo, malah bisa jadi khilaf belanjanya dan begitu juga sebaliknya.

5. Mulai memilih foto produk untuk di posting di shopee

Biasanya kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula adalah dalam pemilihan foto yang di upload ke shopee, banyak dari pemula yang asal-asalan dalam memilih foto produk, padahal foto produk merupakan komponen yang sangat penting.
Yang perlu di perhatikan dalam pemilihan foto produk tentunya bukan hanya foto yang bagus saja, akan tetapi juga ada faktor lain yang perlu di perhatikan, misalnya saja membuat foto yang menjadi identitas toko, misalnya saja menambah bingkai toko dll.

6. Membuat judul produk

Setelah memilih dan menentukan foto produk, langkah berikutnya adalah menentukan judul produk, judul produk merupakan hal yang juga sangat penting, karena dari judul inilah produkmu bisa di temukan oleh para calon pembeli, sehingga harus betul-betul di pilh keyword yang bagus dan juga sesuai dengan produk jualan.

7. Membuat deskripsi produk

Selain foto produk dan judul produk membuat deskripsi produk juga tak kalah pentingnya, karena lewat deskripsi inilah nanti pengunjung bisa mengerti tentang spek produk, bahan produk, komposisi produk, varian produk dan juga informasi lain berkaitan dengan produk, untuk bisa lebih detail tentang judul produk dan juga deskripsi produk bisa di lihat di pembahasan sebelumnya

Dalam pembahasan tentang judul dan deskripsi tersebut sudah sangat detail di bahas, tentang bagaimana membuat judul yang baik dan bagaimana juga membuat deskripsi produk yang baik, sehingga disini memang hanya di sampaikan secara garis besarnya saja.

Sebelum memulai posting produk, tentunya pengetahuan seperti ini merupakan sebuah keharusan untuk di pahami, agar nantinya tidak perlu lagi edit ulang semua post yang sudah di upload karena di rasa kurang maksimal dan masih banyak yang salah.

8. Mulai posting produk

Setelah mengetahui tentang basic-basic di shopee, langkah berikutnya adalah memulai posting produk, untuk produk baru akan lebih baik jika fokus ke postingan produk terlebih dulu, buat postingan produk agar banyak terlebih dulu sebelum melakukan optimasi produk lebih lanjut, karena akan percuma jika melakukan optimasi produk, akan tetapi poduk jualanmu di shopee baru ada satu.

Selain optimasi produk kurang maksimal, jika postingan hanya ada satu atau dua bahkan tiga, tentunya pembeli juga akan malas membeli, karena merasa kurang percaya dengan tokomu, berbeda halnya jika sudah ada banyak produk dan pilihan, tentunya pembeli akan ebih merasa percaya dengan tokomu. Berikut ini adalah step dalam posting produk yang bisa kamu praktekan langsung.

Berikut ini langkah posting produk di shopee.

1. Pergi ke menu toko saya di shopee

Untuk bisa melakukan posting produk baru kamu perlu mengakses lagi menu toko saya, setelah masuk ke menu saya yang ada di menu awal (home page) aplikasi shopee kemudian cari dan klik menu toko saya, selain menu toko saya akan banyak menu yang tersedia dan semua bisa kamu akses, mulai dari saldo saya, saldo saya merupakan hasil dari penjualanmu nantinya yang sudah bisa kamu tarik, sementara saldo yang masih belum bisa di tarik bisa di lihat di menu penghasilan saya, semua transaksi penjuala yang belum cair akan tampil disini.

Ada juga menu lainnya yang nantinya perlu kamu cek seperti penilaian toko, performa toko, performa toko merupakan menu yangberisi tentang performa tokomu, seperti performa pengiriman barang, performa dalam membalas chat dari pelanggan, sampai menu untuk chat dengan customer service shopee juga ada disini.

2. Pilih menu tambah produk

Setelah masuk ke menu toko saya, akan muncul banyak sekali menu, kemudian pilih menu tambah produk, setelah itu tambahkan foto, judul dan deskripsi produk yang telah dibuat tadi, lengkapi semua poin yang memiliki simbol bintang (*) berwarna merah, karena jika bagian tersebut tidak di lengkapi, mulai dari kategori sampai berat produk maka postingan tidak akan bisa di upload, dan akan muncul kotak merah yang menjelaskan bagian mana saja yang belum di isi.

Jika produk yang kamu jual merupakan produk pree order, jangan lupa juga untuk mengaktifkan (klik) bagian pree order, setelah semua sudah di lengkapi kemudian klik tampilkan, dan postimgman pertamamu berhasil di tampilkan di akun shopeemu.

Posting Komentar

Posting Komentar

Tulis komentar sesuai dengan topik pembahasan yang ada di dalam artikel