la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

10 Jenis Bisnis Yang Cocok Di Jalankan Di Area Kampus Dan Sekolah

10 Jenis Bisnis Yang Cocok Di Jalankan Di Area Kampus Dan Sekolah

Membangun sebuah bisnis di sekitar area kampus dan sekolah dapat menjadi langkah strategis dan menjadi sebuah investasi bisnis jangka panjang dengan peluang yang melimpah, karena area kampus dan area sekolahan merupakan lokasi yang strategis yang bisa dijadikan sebagai tempat bisnis (usaha). Besarnya potensi bisnis di area kampus ataupun sekolah membuat lokasi ini banyak di incar pera pelaku bisnis, walauoun terkadang harga sewa ataupun harga beli yang di tawarkan mahal.

Baca: 7 Lokasi Strategis Yang Cocok Untuk Di Jadikan Tempat Usaha

Area sekitar kampus dan sekolahan tidak hanya menawarkan besarnya potensi pasar yang stabil, tetapi juga memberikan kesempatan untuk memberikan nilai tambah kepada para pelajar dan staf pendidik di area tersebut. Terget pasar untuk area kampus dan sekolahan adalah semua murid, mahasiswa, guru dan juga dosen yang mengajar di kampus, termasuk juga semua staf yang ada di lembaga pendidikan tersebut.

Bisnis Yang Ideal Untuk Area Kampus Dan Sekolahan

Memahami kebutuhan dan gaya hidup murid, mahasiswa serta semua staf pendidik dapat membantu dalam menentukan peluang bisnis yang sesuai di dekat kampus dan sekolah. Yang terpenting dalam memulai bisnis di area kampus dan sekolahan adalah memilih bisnis yang bisa memberikan nilai tambah dan kenyamanan bagi mereka, yang nantinya akan membuat bisnis yang kamu bangun menjadi pilihan utama di lingkungan pendidikan tersebut.

Berikut adalah beberapa jenis bisnis yang cocok dan ideal untuk dijalankan di dekat kampus dan sekolah:

1. Tempat Makan Dan Katering Makanan Yang Terjangkau

Memberikan pilihan makanan yang terjangkau dan bergizi bagi semua murid, mahasiswa dan staf pendidik di sekitar kampus bisa menjadi bisnis yang menarik untuk di coba. Tempat makan dan katering makanan yang praktis dan lezat dapat memberikan sebuah solusi untuk mereka yang memiliki jadwal yang padat dan tidak memiliki bekal ataupun tidak memiliki waktu untuk masak sendiri.

Baca: 7 Ide Bisnis Kuliner Kekinian Yang Menjanjikan Dan Cocok Untuk Milenial

Dalam pemilihan lokasi tempat makan dan katering ini, pastikan lokasi yang di pilih memiliki tempat parkiran yang luas dan lokasi mudah di jangkau, karena seenak apapun menu yang tersedia, jika lokasi susah di jangkau akan menyulitkan pengunjung yang ingin datang makan, dan akhirnya pengunjung memilih lokasi lain yang lebih mudah di jangkau.

2. Jasa Cetak dan Fotokopi

Kebutuhan akan jasa cetak dan fotokopi selalu tinggi di lingkungan pendidikan terutama di area kampus, bahkan bisa dibilang setiap hari ketika kampus aktif akan selalu ada pelanggan yang mencari tempat foto copy, entah untuk sekedar print makalah atau untuk fotokopi makalah . Membuka usaha di bidang percetakan dan fotokopi, baik dengan menyediakan peralatan self-service atau layanan cetak jadi, dapat menjadi peluang bisnis yang stabil dan sangat menjanjikan untuk dijalankan.

3. Service Laptop Dan Handphone

Baik mahasiswa dan staf pendidik, perangkat laptop dan Handphone (HP) merupakan sebuah sebuah perangkat yang saat ini hampir semua orang memilikinya. Dengan banyaknya penggunanya, tentunya seringkali banyak yang mengalami masalah dengan perangkat elektronik yang mereka gunakan. Menyediakan layanan servis perbaikan laptop atau handphone di sekitar kampus dapat menjadi solusi yang sangat dibutuhkan.

4. Tempat Ngopi Atau Minuman Unik (Cafe)

Membuka cafe atau warung minuman dengan konsep yang unik dan nyaman dapat menjadi tempat favorit bagi mahasiswa untuk berkumpul dan bersantai sambil mengerjakan tugas. Tambahkan suasana nyaman yang mendukung untuk belajar atau diskusi. Untuk menarik pelanggan bisa juga menambahkan wifi gratis di cafe, karena koneksi internet merupakan sesuatu yang snagat di butuhkan saat mengerjakan tugas.

5. Jasa Pencucian Dan Laundry

Mahasiswa yang di sibukan dengan banyaknya tugas dan kegiatan kampus, seringjkali sibuk dan tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian mereka sendiri. Jasa pencucian dan laundry bisa menjadi solusi praktis bagi meraka, sehingga bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan untuk di jalankan di dekat kampus.

6. Toko Buku Dan Alat Tulis

Menyediakan buku, alat tulis, dan berbagai perlengkapan belajar lainnya di sekitar kampus dapat memenuhi kebutuhan akademis para murid, mahasiswa dan staf pendidik dengan mudah. Toko buku dan peralatan tulis merupakan tempat yang paling di butuhkan di sekitar lokasi pendidikan, karena kebutuhan akan peralatan tulis dan buku ham,pir ada setiap hari.

7. Warung Aneka Jajanan

Bagi anak-anak atau bahkan remaja dan yang sudah masuk kuliah, warung jajanan juga banyak di cari, karena biasanya ketika ingin mengerjakan tugas, ataupun sedang berkumpul, rasanya akan kurang lengkap jika tidak ada jajanan untuk menemani waktu belajar atapun nongkrong bersama teman.

Baca: 7 Kreasi Olahan Singkong Jadi Berbagai Menu Makanan Kekinian Yang Bisa Jadi Ide Bisnis Yang Menjanjikan

8. Jasa Desain Grafis Dan Percetakan

Mahasiswa dan staf akademis seringkali membutuhkan jasa desain grafis untuk tugas-tugas mereka. Dalam kegiatan kampus, seringkali banyak yang membutuhkan banner ataupun jasa desain, sehingga bisa membuka usaha di bidang desain grafis dan percetakan dapat menjadi langkah yang tepat dan bisa menjadi investasi jangka panjang.

9. Tempat Kost Yang Terjangkau

Bagi kampus yang memiliki reputasi yang baik, tentunya mahasiswa yang berkualiah di kampus biasnya bukan hanya dari daerah saja, akan tetapi, banyak juga para mahasiswa yang berasal dari luar kota, dan biasanya mahasiswa yang dari luar kota akan lebih memilih untuk ngekost daripada harus pulang pergi menempuh jarak yang lumayan jauh.

Baca: 10+ Ide Usaha Rumahan Modal Kecil, Pasti Sukses

Bagi laki-laki, sebenarnya bukan sebuah masalah besar jika harus pulang pergi menempuh jarak satu atau 2 jam. Namun bagi perempuan tentunya nhal ini sulit dilakukan, terutama jika kuliah ataupun saat mengerjakan tugas mengharuskan pulang malam hari, tentunya akan sangat berbahaya jika harus berkendara sendiri di malam hari, sehingga tempat kost menjadi pilihannyang tepat untuk dipilih.

10. Tempat Usaha Cuci Steam Motor Dan Mobil

Memulai usaha cuci motir dan mobil bukan merupakan perkara yang mudah, karena selain memerlukan modal dan tempat yang strategis, tentunya menjalankan usaha cuci steam motor dan mobil memerlukan tenaga dan susah untuk dijalankan sendiri, terlebih jika usaha yang di rintis sudah mulai berkembang, tentunya akan kewalahan jika di jalankan sendiri.

Baca: Rincian Modal Usaha Yang Dibutuhkan Untuk Cuci Steam Motor Dan Mobil

Sebelum memutuskan untuk memnekuni usaha cuci motor, pastikan tempat yang dipilih tidak terlalu dekat dengan lokasi usaha lainnya, karena ketika menjalankan usaha steam motor dan mobil, biasanya banyak cipratan air yang bisa mengenai sekitar, dan ini perlu di perhitungkan untuk kelancaran bisnis kedepannya.

Posting Komentar

Posting Komentar

Tulis komentar sesuai dengan topik pembahasan yang ada di dalam artikel