la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

Segera Pindah Tempat Kerja Ke Perusahaan Baru, Jika Hal Ini Terjadi Padamu

Segera Pindah Tempat Kerja Ke Perusahaan Baru, Jika Hal Ini Terjadi Padamu

Keputusan untuk pindah tempat kerja bukanlah sebuah langkah yang diambil dengan ringan, melainkan sebuah pertimbangan matang yang melibatkan banyak faktor, termasuk kebutuhan dan pengeluaran yang wajib ada tiap harinya. Ketika memutuskan untuk pindah berarti harus siap dengan perubahan yang berlaku di perusahaan baru, termasuk tim kerja dan juga gaji.

Baca: Pilih Gaji Besar Perusahaan Kecil Atau Gaji Kecil Perusahaan Besar ? : Berikut Ini Pertimbangan Memilihnya

Setiap individu memiliki waktu yang berbeda-beda dalam menyesuaikan perubahan tersebut, sehingga memang harus di pertimbangkan secara matang, kapan waktu ideal ntuk pindah tempat kerja. Jika di tanya lagi kapan sebenarnya waktu yang ideal untuk pindah tempat kerja, tentunya tidak ada patokan khusus, namun, jika di mintai pendapat terkait waktunya maka jawabannya adalah setelah 3 tahun bekerja.

Berikut ini pembahsan dan juga beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan dalam keputusan pindah kerja.

Kapan Idealnya Waktu Pindah Tempat Kerja Ke Perusahaan Baru Yang Tepat?

Apakah pindah tempat kerja setelah 3 tahun masa kerja sudah ideal?.  Sebenernya tidak ada keharusan, jika setelah 3 tahun bekerja harus segera pindah, karena banyak juga orang yang sukses dan tetap bertahan dalam pekerjaannya walaupun sudah berpuluh-puluh tahu, bahkan bisa menjadi seorang expert di bidangnya. lalu sebenarnya apa alasan kenapa 3 tahun menjadi waktu yang idaal untuk pindah kerja, berikut ini pertimbangannya.

1. Tahun Pertama Menjadi Tempat Belajar Dan Memahami Budaya Kerja

Di tahun-tahun awal merupakan tahap di mana pekerja mempelajari bagaimana budaya da bisa menyesuaikan dengan pekerjaan yang sedang di jalani. lamanya waktu yang di perlukan tentunnya adalah agar penyesuaian sistem kerja bisa di lakukan dengan sempurna.

Baca: 5 Skill Yang Harus Dimiliki Milenial Dan Paling Dibutuhkan Banyak Perusahaan Dalam Dunia Kerja Saat Ini

Di tahun pertama ini biasanya pekerja akan membutuhkan bimbingan dari para senior atau bahkan bos dalam perusahaan, sehingga jika belum bisa menyesuaikan dengan sistem kerja dan buru-buru pindah tempat kerja di waktu ini, maka ketika pindah ke tempat kerja lain akan marasa keteteran dengan sistem kerja baru, karena belum memiliki pengalaman.

2. tahun Kedua Mulai Menjadi Pekerja Yang Mandiri

Di tahun ke dua ini tentunya pekerja yang dulunya belum memiiliki pengalaman dan masih membutuhkan bimbingan dari para senior sudah mulai bisa bekerja secara mandiri dan mampu mengemban tugas yang di berikan secara mandiri dengan sempurna tanpa perlu bimbuingan lagi dari para senior.

3. Tahun Ketiga Menjadi Waktu Untuk Meninggalkan Legacy Atau Prestasi

Jika kamu sudah bisa meninggalkan legacy dan mempunyai prestasi dari perusahaan sebelumnya, itu berarti kamu sudah memiliki exposure yang lengkap, sehingga saat pindah ke perusahaan lain hal ini bisa menjadi pengalaman yang menjadi nilai positif, karena biasanya tolak ukur suatu perusahaan menerima kamu adalah berdasarkan dari kinerja diperusahaan berikutnya. jika diperusahaan berikutnya bagus, maka peluang untuk mendapatkan gaji lebih tinggi akan makin terbuka, karena umumnya ketika ingin pindah tempat kerja alasan utamanya tentulah berkaitan dengan gaji yang di dapatkan.

Alasan Kenapa Kamu Harus Pindah Tempat Kerja Secepatnya

Terkadang, walaupun sudah mengetahui bahwa ketika memutuskan pindah kerja sebelum betul-betul memahami cara dan budaya kerja di sebuah lingkungan perusahaan memang akan merugikan diri sendiri, akan tetapi terkadang ada juga pemicu yang membuat rasa tidak nyaman, sehingga mengharuskan untuk mengambil pilihan pindah tempat kerja. lalu sebenarnya apa saja sih yang membuat kita harus pindah kerja secepatnya.

1. Tidak Ada Ruang Untuk Pertumbuhan

Maksudnya tidak ada ruang untuk pertumbuhan adalah karier yang sedang dijalani merupakan karier tertinggi dalam bidang itu dalam sebuah perusahaan, sehingga tidak ada kemungkinan untuk mendapatkan karier yang lebih tinggi lagi. Jika tempat kerjamu tidak lagi memberikan tantangan atau peluang untuk pertumbuhan yang lebih profesional, ini mungkin saat yang tepat untuk mencari lingkungan yang lebih menantang.

2. Keseimbangan Hidup Yang Terganggu

Jika beban kerja yang di dapatkan terlalu berat dan bisa menghancurkan keseimbangan hidupmu, atau sebaliknya, jika kamu merasa kurang tertantang dengan pekerjaan sekarang, pertimbangkan untuk secepatnya mencari tempat kerja baru yang lebih sesuai dengan nilai-nilai dan sejalan dengan tujuan hidupmu.

Baca: Pengembangan Diri: 7 Cara Menemukan Passion Untuk Jalan Menggapai Karir Impian

Jika stres atau ketidak bahagiaan dalam kerja terus berlanjut meskipun telah mencoba berbagai upaya untuk memperbaikinya, ini bisa menjadi sebuah sinyal untuk mencari lingkungan kerja baru yang lebih mendukung.

3. Hubungan Kerja Yang Buruk

Konflik interpersonal yang terjadi atau adanya ketidakcocokan dengan rekan kerja atau bahkan atasan dapat merusak lingkungan kerja, sehingga bisa menurunkan performa kerja. Jika upaya untuk memperbaiki hubungan sudah dilakukan. namun, tetap tidak membuahkan hasil, mungkin saatnya untuk mencari lingkungan baru di tempat baru yang lebih positif.

4. Kompensasi Yang Tidak Sebanding

Jika kamu merasa kontribusi yang kamu lakukan untuk perusahaan sangat besar, namun kompensasi yang di berikan perusahaan tidak sebanding, ini bisa menjadi tanda untuk segera mencari peluang pekerjaan yang lebih menghargai kontribusimu di tempat yang baru.

5. Merasa Tidak Diakui Atau Dihargai

Jika usaha dan prestasimu yang mentereng di perusahaan sekarang tidak diakui atau dihargai, ini dapat memengaruhi motivasi dan kepuasan dalam bekerja. Segera rencanakan untuk pindah tempat kerja untuk mendapatkan pengakuan yang sepadan dengan kontribusi dan prestasi yang kamu berikan.

6. Perubahan Visi, Misi Dan Kepemimpinan

Jika perusahaan mengalami perubahan strategis atau ada pergantian kepemimpinan yang signifikan yang tidak sesuai dengan nilai atau visimu, kamu bisa mencoba untuk bertahan atau mencari peluang baru. Adanya keselarasan antara nilai pribadi dan nilai perusahaan adalah kunci kepuasan kerja jangka panjang.

Baca: 10 Cara Membangun Karakteristik Wirausaha Yang Kuat Dalam Menjalankan Bisnis

Visi dan tujuan karier dalam sebuah perusahaan dapat berubah seiring waktu. Jika kamu merasa bahwa perubahan yang terjadi ini tidak sesuai dengan fokus atau arah perusahaanmu saat ini, maka segera pertimbangkan untuk mengeksplorasi peluang baru di tempat yang baru.

7. Adanya Kesempatan Baru Yang Sulit Ditolak

Kadang-kadang, peluang yang tidak dapat dilewatkan bisa tiba-tiba muncul di depan mata. Jika kamu mendapatkan tawaran pekerjaan dengan karier yang lebih cemerlang ataupun tawaran berupa proyek menarik, pertimbangkan apakah itu dapat memberikan pertumbuhan dan kepuasan lebih besar, yang membuatmu bisa yakin untuk meninggalkan pekerjaan yang sekarang.

Pentingnya Pertimbangan Dari Mentor

Keputusan untuk pindah tempat kerja baru merupakan sebuah keputusan yang bersifat sangat individual dan harus dipertimbangkan dengan hati-hati. Penting untuk merenungkan tujuan kariermu, nilai-nilai yang kamu pegang, dan apakah perubahan lingkungan kerja baru benar-benar dapat memenuhi ekspektasimu.

Jangan ragu untuk mencari nasihat dari mentor atau orang-orang yang memiliki pengalaman serupa. Setiap langkah, ketika diambil pada waktu yang tepat dan di barengi dengan pemikiran matang, dapat menjadi lompatan menuju karier impian yang lebih memuaskan.

Posting Komentar

Posting Komentar

Tulis komentar sesuai dengan topik pembahasan yang ada di dalam artikel