la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

7 Ide Bisnis Kreatif Dan Unik Yang Jarang Terpikirkan

7 Ide Bisnis Kreatif Dan Unik Yang Jarang Terpikirkan

Dalam dunia bisnis, kreativitas adalah salah satu faktor kunci yang sangat menentukan untuk meraih kesuksesan. Ide bisnis yang kreatif dan unik dapat menjadi pembeda di pasar yang kompetitif.

Memulai bisnis dan menentukan bisnis yang akan dijalankan tentunya bukan perkara mudah, sebelum memutuskan untuk benar-benar terjun kesebuah bisnis, tentunya ada berbagai pertimbangan yang dilakukan.

Baca: 6 Hal yang harus dihindari saat baru membangun bisnis

Pertimbangan dalam memulai bisnis di bidang kreatif dan unik, terlebih jarang terpikirkan tentunya meliputi minat pasar, karena bisa jadi bisnis yang jarang terpikirkan tersebut memang tidak cocok bagi pasar untuk daerah tertentu, atau membutuhkan modal yang besar, sehingga pelalu bisnis dalam bidang twersebut masih jarang dijumpai.

Contoh Bisnis Kreatif Dan Unik Yang Bisa Jadi Inspirasi

Ide bisnis kreatif yang jarang terpikirkan adalah sumber inspirasi yang berharga untuk para wirausahawan yang mencari berbagai peluang baru. Keunikan dan kreativitas adalah kunci dalam menjalankan sebuah bisnis yang jarang terpikirkan. Dengan visi dan dedikasi, ide-ide bisnis kreatif ini dapat di realisasikan dan mampu memberikan kontribusi positif bagi komunitas dan pasar.

Berikut ini beberapa contoh bisnis kreatif dan unik yang bisa kamu coba.

1. Custom Kursi Dari Bahan Drum Bekas

Seringkali, drum bekas yang sudah tidak lagi digunakan hanya di biatkan berdebu di gudang atau garasi. Ide bisnis kreatif yang bisa mengubah drum bekas ini menjadi kursi yang unik dan memiliki nilai ekonomi tinggi merupakan sebuah ide yang brilian, karena dalam bidang custom kursi dari drum ini masih jarang.

Alasan jarangnya penyedia custom kursi dari bahan drum bekas ini bisa jadi karena memang sulitnya membuat produk dan tingginya modal yang di perlukan, karena memerlukan berbagai peralatan seperti pemotong besi, alat las dan juga bahan-bahan untuk jok kursi yang lumayan mahal harganya.

Lihat: 30+ Desain kursi unik dari drum bekas paling keren

Ketika sudah berhasil membangun bisnis di bidang pembuatan kursi dari drum bekas, tentunya pelaku bisnis ini bisa menjual kursi-kursi drum kustom yang telah diubah menjadi furnitur yang fungsional dan estetis dengan harga yang lumayan tinggi, karena memang tingkat kesulitan pengerjaannya.

Bisnis dalam bidang ini bisa menjadi kesempatan besar untuk melibatkan musisi, pemilik cafe, atau pengguna priobadi yang ingin memiliki furnitur yang terkait dengan minat mereka. Terlebih jika dalam menjalankan bisnis memag menyediakan fasilitas custom ukuran, warna dan juga model kursi, tentunya akan makin banyak peminat produk ini.

2. Cafe Dengan Menu Khas Pedesaan

Cafe dengan suguhan menu makanan khas pedesaan adalah ide bisnis kreatif yang jarang ditemui, baik di daerah pedesaan sendiri terlebih di pusat kota yang sibuk sibuk dengan oekerjaan kantoran. 

Konsep cefe dengan menu khas pedesaan ini melibatkan berbagai makanan khas pedesaan dengan cita rasa autentik dan suasana yang nyaman. Ini bisa menjadi tempat yang menarik bagi orang-orang yang mendapatkan pengalaman makan yang berbeda atau ingin merasakan kembali keaslian tradisi kuliner pedesaan.

3. Angkringan Keliling

Konsep angkringan keliling adalah ide bisnis kreatif yang memungkinkan bisa membawa angkringan ke mana saja, khususnya ke tempat-tempat yang mungkin sulit dijangkau, atau tempat potensial yang banyak orangnya.

Kelebihan dari angkringan keliling ini tentunya adalah lebih fleksibel, terutama dalam pemilihan tempat yang di gunakan, karena bisa di pindah sesuai dengan target pasar yang di inginkan.

Baca: Pentingnya memahami target pemasaran produk

Untuk membuat angkringan keliling bisa dengan menggunakan mobil tahun 90 an yang di modif ntuk bisa menjadi tempat berjualan yang multifungs. sangat di rekomendasikan untuk meggunkan mobil yang tua, karena harganya lebih murah, sehingga modal yang di perlukan juga bisa lebih kecil.

4. Studio Seni Khusus Untuk Ekspresi Kreatif

Studio seni khusus adalah ide bisnis yang mengundang semua orang untuk dapat mengekspresikan kreativitas mereka. Anda dapat menyediakan studio seni dengan berbagai peralatan seperti cat, kanvas, peralatan sulam, dan alat-alat kerajinan lainnya. 

Studio ini bisa menjadi tempat bagi individu atau bahkan kelompok untuk belajar dan menciptakan karya seni mereka sendiri. Untuk mengembangkan bisnis dibidang ini bisa juga dengan menawarkan kursus seni atau sesi terbimbing untuk mengembangkan keterampilan yang dimiliki oleh para peserta.

5. Pembuatan Bahan Bangunan Yang Ramah Lingkungan

Bisnis yang bisa berfokus pada pembuatan bahan bangunan ramah lingkungan adalah ide kreatif yang mempertimbangkan kebutuhan dan njuga akan menjadi solusi berkelanjutan untuk kedepannya. Anda dapat memulai bisnis yang memproduksi bahan bangunan seperti bata, ubin, atau material dinding dari bahan-bahan daur ulang atau ramah lingkungan.

Semakin banyak konstruksi yang mempertimbangkan dampak lingkungan, semakin besar potensi pasar untuk bahan bangunan ramah lingkungan. Tentunya yang susah dalam memulai bisnis ini adalah, peralatan yang di butuhkan biasanya mahal dan memerlukan penelitian yang panjang untuk bisa menghasilkan sebuah produk yang kuat dan aman untuk di jadikan bahan bangunan.

Baca: 10 Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Memulai Bisnis

Panjangnya proses dan peralatan yang mahal tentunya membutuhkan modal yang lebih besar. Namun jika memiliki jiwa kreatif yang tinggi tentunya peralatan yang mahal bisa di buat menjadi lebih sederhana untuk memperkecil modal yang di perlukan.

6. Layanan Taman Vertical

Layanan taman vertikal merupakan sebuah bisnis yang melibatkan dan menciptakan taman-taman vertikal di gedung-gedung perkotaan atau rumah-rumah pribadi. Taman vertikal tidak hanya menghijaukan kota, tetapi juga bisa memberikan nuansa segar dan estetika yang unik. Ide ini bisa melibatkan desain taman vertikal, instalasi, pemeliharaan, atau penjualan tanaman yang cocok untuk taman vertikal.

7. Restoran Pop-up

Restoran pop-up adalah konsep kuliner yang mendebarkan dan menarik, karena bisa memberikan kejutan sebuah tempat kuliner di tempat yang tidak terduga. Ini mencakup restoran yang muncul secara sementara di lokasi-lokasi yang tidak terduga, seperti ruang terbuka, atap gedung, atau bahkan dalam kapal pesiar. 

Restoran pop-up ini menawarkan pengalaman kuliner yang unik dengan menu yang berbeda setiap kali mereka muncul. Kehadiran yang singkat dan lokasi yang berubah-ubah membuat restoran pop-up menjadi pengalaman eksklusif dan membuat penasaran pengunjung yang datang.

Baca: 10 Jenis Produk Paling Laris Yang Bisa Jadi Ide Jualan

Karena bersifat sementara dengan berpindah-pindah, tentunya tempat restoran bukan merupakan bangunan yang permanent, melainkan sebuah tempat yangbisa di bongkar pasang atau di pindahkan dengan mudah,, untuk mencari tempat lain sebagai target dalam penjualan.

Perlu di ingat, bahwa dalam dunia bisnis, kemungkinan untuk membangun bisnis yang unik dan inovatif dengan konsep kreatif selalu memiliki peluang dan memiliki kemingkinan sukses yang snagat besar.

Posting Komentar

Posting Komentar

Tulis komentar sesuai dengan topik pembahasan yang ada di dalam artikel