la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

Kesalahan Promosi: 7 Cara Promosi Jualan Online Yang Wajib Banget Untuk Kamu Hindari

7 Cara Promosi Jualan Online Yang Wajib Banget Untuk Kamu Hindari

Dengan makin canggihnya teknologi, tentunya makin banyak pula cara promosi jualan online yang bisa menjadi pilihan, namun tahukah kamu, ternyata ada juga cara promosi jualan yang harus kamu hindari lho.

Dengan banyaknya cara maupun teknik bisnis online, kamu juga perlu memilh mana cara yang bagus dan mana cara yang kurang bagus dan terkesan murahan, akhirnya malah justru merusak citra bisnis yang sudah kamu bangun dengan susah payah mulai dari Nol.

Baca: 7 Strategi pemasaran produk efektif dan bisa menjadi kunci sukses

Bisa dibilang berjualan online merupakan suatu kegiatan yang sangat menyenangkan dan tidak memerlukan banyak tenaga untuk berkeliling menawarkan barang dagangan satu persatu, karena cukup hanya mengandalkan smartphone maupun komputer jualan bisa jalan dan target pasar pun lebih luas.

Pemicu munculnya kesalahan cara promosi jualan online

Dengan makin luas dan banyaknya target pasar, tentunya peminat jualan online juga makin meningkat, yang tadinya hanya menjadi pemantau dagangan mulai tertarik, bahkan yang tadinya hanya menjadi pembeli banyak juga yang ikut memulai jualan online sendiri.

Sebenarnya tidak ada salahnya dengan makin banyaknya penjual-penjual baru, namun yang menjadi masalah adalah banyak penjual baru yang kurang paham dengan strategi marketing sehingga tidak mampu bersaing dan banyak dari mereka yang mengambil jalan pintas mulai dari merusak harga pasar dan juga promosi yang berlebihan dan tidak terarah. 

Baca: 7 Strategi Penetapan Harga Barang Yang Harus Di Pahami Pemula

Yang paling fatal adalah ketika sudah merasa buntu maka segala cara promosi mulai di terapkan dan seringkali tindakan yang dilakukan justru terkesan murahan bahkan sangat mengganggu orang lain. 

Cara promosi jualan online yang harus kamu hindari

Sebagai pelaku bisnis jualan online jangan sampai kamu melakukan cara-cara promosi murahan yang nantinya malah bisa memperlambat perkembangan bisnismu dan justru memperburuk citra Bisnismu. Berikut ini adalah cara promosi jualan online yang harus kamu hindari.

1. Spam postingan produk yang sama berulang-ulang

Salah satu strategi dalam jualan tentunya adalah dengan aktif post produk di berbagai sosial media, namun yang perlu di hindari adalah melakukan spam postingan produk. 

Apa sih maksudnya spam postingan?, misalnya saja dalam 1 jam kamu sudah melakukan 10 kali postingan produk di satu grup dan yang di posting adalah produk yang sama dengan deskripsi yang sama juga.

Bukannya menarik minat pembeli, yang ada justru malah anggota grup risih dengan postinganmu dan bisnismu akan terlihat buruk di mata calon konsumenmu dan yang seharusnya sangat potensial justru malah tidak menghasilkan closing yang bagus.

2. Posting jualan di postingan orang

Selain membuat cara jualan terkesan murahan tentunya cara jualan seperti ini juga bisa merugikan orang yang punya postingan, karena kamu tiba-tiba ikut posting jualanmu di postingannya, padahal kamu bisa post sendiri.

3. Posting jualan di live orang

Sebenarnya entah apa yang di pikirkan oleh orang-orang yang posting jualan di live orang dan yang makin bikin risih biasanya post di live orang ini dilakukan berulangkali secara intens (spam).

Selain membuat risih orang yang live tentunya juga membuat risih pengunjung live tersebut, sehingga bisa membuat penonton live malas menonton, karena komentar live di penuhi dengan komentar spam dan pastinya sangat merugikan orang yang sedang live.

4. Posting jualan di komentar instagram

Siapa nih yang sering nemu postingan jualan di komentar intagram selebgram ataupun artis?, tentunya rasanya hampir semua pengguna instagram pernah.

Baca: Cara Promosi Produk Di Instagram

Respon orang yang melihat tentunya "ih.. Apa-apaan toko ini" jangankan untuk membeli, bahkan untuk sekedar klik dan lihat barang yang di jual saja sudah nggak banget rasanya.

5. Posting Jualan di forum diskusi

Kegiatan rutinan yang sangat melelahkan bagi admin yang mengelola forum diskusi tentunya adalah bersih-bersih postingan jualan seperti ini, karena tidak sesuai dengan fungsi forum.

Dalam setiap forum juga biasanya sudah ada notice tentang rules dari forum, namun kebanyakan tidak di baca dan malah di abaikan.

Walaupun postingan seperti ini sudah dilakukan penindakan tegas oleh admin, mulai dari menghapus postingan dan memberi peringatan dan jika masih bandel juga tentunya langkah terakhir adalah di kick dari forum.

Walaupun sudah ada tindakan tegas dari admin forum, namun orang-orang yang posting dengan cara seperti ini akan terus bermunculan dari waktu kewaktu silih berganti, di kick satu tumbuh seribu.

6. Posting jualan dengan konten yang tidak relevan

Belakangan ini tentunya kita sering menjumpai ada yang upload video viral, namun dalam deskripsi video di sisipkan link affiliate ataupun link jualan sendiri, misalkan saja video yang di post adalah kasus tembak-tembakan, namun di deskripsi yang di sertakan adalah jam tangan sangat tidak relevan dengan video.

Baca: Pentingnya memahami target pemasaran produk dan contoh pemasaran produk yang tepat

Saking banyaknya postingan seperti ini, sampai banyak muncul meme lucu yang berisikan "padahal nggak gue klik iklannya" dengan gambar yang lucu, saking muak dan rishnya para netizen dengan cara jualan seperti ini.

7. Membuat postingan dengan kata kunci dan hastag yang tidak sesuai

Mungkin masih ada yang bingung dengan kata kunci yang di maksud di sini, maksudnya adalah judul postingan, misalnya saja kamu ingin menjual gamis, namun judul di postinganmu malah "kue bolen legit" tentunya akan sangat menyesatkan pencarian pembeli.

Judul dalam sebuah postingan merupakan komponen yang sangat penting, karena nantinya dari judul inilah postinganmu bisi di temukan di pencarian dan dilihat banyak orang.

Baca: Cara Membuat Judul Dan Deskripsi Produk Yang Menarik

Hampir serupa dengan judul, hastag (#) juga biasanya di gunakan dalam pencarian, sehingga hastag juga harus di sesuaikan dengan produk yang di posting, bisa juga dengan menambah hastag populer akan tetapi jangan sampai lupa untuk membuat hastag yang relevan juga.

Posting Komentar

Posting Komentar

Tulis komentar sesuai dengan topik pembahasan yang ada di dalam artikel