la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

Koneksi Bisnis: Ternyata Ini Pentingnya Punya Banyak Jaringan Bisnis

Koneksi Bisnis: Ternyata Ini Pentingnya Punya Banyak Jaringan Bisnis

Koneksi bisnis atau biasanya sering juga kita sebut sebagai jaringan hubungan dalam bisnis merupakan komponen penting dalam proses membangun dan juga mengembangkan bisnis, karena koneksi bisnis berfungsi sebagai salah satu support system dari luar dan juga dari dalam agar bisnis cepat berkembang.

Koneksi bisnis bukan hanya hubungan antar sesama pebisnis saja, akan tetapi antara pelaku bisnis dan konsumen, antar investor dan pelaku bisnis, bahkan hubungan antara pemerintah dan pelaku bisnis juga merupakan bagian dari koneksi bisnis.

Lalu sebenarnya secara spesifik apa sih fungsinya memiliki koneksi bisnis ini? Sebenarnya penting atau tidak memiliki koneksi bisnis?, lalu bagaimana jika tidak memiliki koneksi bisnis, apakah bisnis yang di jalankan bisa berjalan lancar?. Semua pertanyaan ini akan terjawab di pembahasan di bawah ini.

Fungsi punya banyak jaringan dalam dunia bisnis

Tak hanya penting, memiliki banyak jaringan dalam dunia bisnis juga bisa mempermudah berbagai urusan yang susah di tangani sendiri, Sehingga bagi kamu yang merintis bisnis, sangat penting untuk mengikuti pembahasan ini.

1. Koneksi bisa berperan sebagai sumber daya

Dalam artian umum, sumberdaya bisa di definisikan sebagai sesuatu yang di pandang bisa memiliki nilai ekonomi, jadi bisa berupa barang, jasa, maupun manusia. Seperti yang kita tau, dalam memulai sebuah bisnis tentunya tidak bisa dilakukan semua sendiri dan untuk menutupi kelemahan ini tentunya dibutuhkan sumber daya lain sebagai pendukung bisnis.

Baca: 7 Cara Menemukan Passion Untuk Menggapai Karir Impian

Untuk memperkuat sebuah bisnis, entah itu bisnis besar ataupun bisnis dengan modal kecil semua elemen sumberdaya mulai dari karyawan, sampai pemodal (investor) sampai pemerintah semua harus mulai dirintis agar bisnis yang di mulai bisa cepat berkembang dan menghasilkan.

2. Bisa menjadi pelanggan yang loyal

Makin banyak koneksi yang di punya oleh owner bisnis, tentunya makin mudah juga dalam mencari pelanggan pertama, bahkan pelanggan paling loyal akan dengan mudah datang, Untuk mencari pelanggan pertama biasanya para owner bisnis akan memulai dengan menggunakan koneksi yang terdekat dulu, bisa dari koneksi keluarga, ataupun teman.

Tujuan utama memanfaatkan koneksi terdekat tentunya untuk alasan yang baik, yaitu bisa menjadi tester dan pemberi kritik dan saran sebelum produk benar-benar mulai di pasarkan ke ruang lingkup yang lebih luas lagi.

Baca: 5 Strategi pemasaran online

Dengan mengetahui tingkat kepuasan dari koneksi terdekat tentunya bisa di jadikan sebagai acuan langkah kedepannya, apakah produk yang baru menetas ini sudah layak terjun ke pasar bebas, atau masih butuh perbaikan lagi. jika merasa puas tentunya koneksi terdekat pun tak akan sungkan memperkenalkan produkmu pada koneksi mereka masing-masing, sehingga koneksi baru bisa dengan mudah di dapat.

3. Koneksi berperan sebagai guru dalam dunia bisnis

Dalam dunia bisnis, yang namanya persaingan sudah pasti ada dan merupakan hal yang normal, untuk bisa menghadapi persaingan bisnis tetunya di perlukan berbagai ilmu dan pengalaman, terutama ilmu mengenai strategi dalam promosi bisnis.

Untuk bisa memperoleh ilmu dan pengalaman tentunya tidak bisa instan dan perlu di upgrade dari waktu kewaktu, karena memang strategi pemasaran dalam dunia bisnis selalu berkembang. Salah satu tempat memperoleh ilmu dalam dunia bisnis tentunya melalui pebisnis senior yang sudah memiliki banyak pengalaman, untuk mencari pengalaman dari pebisnis senior tentunya memerlukan koneksi, tidak tiba-tiba datang begitu saja.

Lihat: 6 Hal yang harus dihindari saat baru membangun usaha

Pada umumnya para pebisnis senior akan dengan senang hati share tentang bagaimana dia bisa menemukan ide bisnis, kemudian berani memulai bisnis, sampai bagaimana bisnisnya bisa berkembang dan bisa sukses. Ilmu dari senior ini merupakan hal yang sangat berharga dan sangat bermanfaat sebagai bekal kedepannya.

4. Bisa menjadi teman untuk sharing

Sebuah bisnis pasti nantinya akan ada pasang surutnya, sehingga teman untuk sharing dalam dunia bisnis sangatlah penting, misalkan saja saat bisnis sepi, jika mempunyai teman sesama owner bisnis tentunya bisa saling sharing. Dengan saling sharing mulai dari hal yang kecil sampai hal yang penting dalam strategi pemasaran bisnis harus dilakukan, tujuannya adalah agar bisa memecahkan masalah dan menemukan solusi.

5. Bisa di ajak kerja sama dalam membuat bisnis

Terkadang dalam memulai bisnis ada yang punya modal banyak, ada yang punya modal pas-pasan, ada juga yang masih kekurangan modal. Kerjasama bisa menjadi solusi bagi yang bermodal pas-pasan dan kekurangan modal, untuk menghindari perselisihan nantinya, semua perlu diperjelas dari awal, mulai dari pembagian kerja sampai pembagian hasilnya.

Baca: Strategi Negosiasi Dalam Bisnis Yang Paling Efektif

selain memperjelas pembagiannya, tentunya harus juga di siapkan pejanjian tertulis, bukan berarti tidak percaya dengan orang yang di ajak kerja sama, tentunya hal seperti ini juga sangat perlu dilakukan agar ke dua belah pihak juga bisa merasa aman dalam perlindungan hukum, tanpa ada kekhawatiran bahwa rekan kerjanya akan menipunya suatu saat nantinya.

6. Bisa menjadi pelindung (backingan)

Tentunya kita tau lah, pentingnya backingan, disini yang di maksud tentunya dalam hal positif, bukan dalam hal-hal negatif seperti yang sedang viral di penghujung tahun 2022 ini. Lalu apa pentingnya punya backingan?, tentunya untuk menyelesaikan masalah dan menutupi rapat-rapat kasus yang sedang terjadi. Eh.. Maksudnya saat bisnis sedang ada masalah keuangan, karena uang di bawa kabur klien misalnya, tentunya backingan bisa membantu dalam memback up keuangan dan menutup minusnya untuk sementara.

backingan juga bisa berperan aktif dalam membantu proses promosi bisnis, apalagi jika backingan yang kamu miliki adalah orang yang berpengaruh dalam dunia bisnis, tentunya sangat mungkin bisnismu akan sangat cepat berkembang jika mendapat bantuan berupa promosi secara langsung darinya

Cara Mudah Menambah dan membangun Jaringan Bisnis

Untuk bisa memiliki koneksi yang banyak tentunya memerlukan berbagai cara, di antaranya dengan aktif bersosial, mengikuti berbagai kegiatan yang bisa menambah kenalan, sehingga nantinya koneksi akan terjalin secara alami.

Salah satu jalan mudah yang biasanya tanpa disadari menambah koneksi adalah jalur pendidikan, dengan menempuh pendidikan, nantinya akan menemukan berbagai profil orang dengan latar yang berbeda dengan ke unikan karakteristik masing-masing dan tidak menutup kemungkinan nantinya di dunia pendidikan kamu bisa menemukan koneksi yang akan menemanimu dan memberi backingan se umur hidup.

Koneksi yang terbaik adalah koneksi yang terjalin secara alami, bukan sebuah koneksi yang menguntungkan satu pihak dan merugikan orang lain. Tipe koneksi fake seperti ini harus selalu di hindari mulai dari sekarang, karena koneksi seperti ini akan membahayakanmu baik di kehidupanmu yang sekarang ataupun untk kehidupanmu yang berikutnya, jadi kamu harus benar-benar selalu bersikap bijak dalam memilih koneksimu.

Makin banyak memiliki koneksi, tentunya makin mudah juga peluang peluang bisnis yang ada dan makin mudah pula dalam membangun sebuah bisnis.

Baca: Peluang Bisnis: Prospek Kerja Bisnis Digital Makin

Koneksi yang baik merupakan sebuah prevlilege yang tidak semua orang miliki, jika kamu merupakan orang yang termasuk mendapat previlege, kamu patut mensyukurinya dan bai yang punya banyak koneksi tentunya jangan semena-mena menggunakan koneksinya untuk hal yang kurang baik dan melawan hukum.

Posting Komentar

Posting Komentar

Tulis komentar sesuai dengan topik pembahasan yang ada di dalam artikel