la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

Sukses Tes Wawancara Kerja: Cara Menjelaskan Kelebihan Dengan Singkat Dan Penuh Percaya Diri Saat Wawancara

Sukses Tes Wawancara Kerja: Cara Menjelaskan Kelebihan Dengan Singkat Dan Penuh Percaya Diri Saat Wawancara

Wawancara kerja adalah tahapan awal namun menjadi bagian krusial dalam mencari pekerjaan. Wawancara kerja merupakan satu-satunya kesempatan untuk meyakinkan calon atasan bahwa kamu adalah kandidat yang ideal.

Baca juga: Tips Agar Namamu Di Ingat HRD Saat Lamar Kerja

Salah satu pertanyaan yang sering diajukan dalam wawancara adalah "Apa kelebihanmu?" Pertanyaan ini adalah peluang emas untuk menunjukkan siapa kamu dan apa yang membuatmu unik dan pantas untuk di pertimbangkan menjadi bagian dari perusahaan tersebut. Namun, menjelaskan kelebihan diri dalam wawancara bukanlah tugas yang mudah, terlebih jika belum memiliki pengalaman untuk berbicara didepan orang dengan baik.

1. Gali Dan Pahami Terlebih Dahulu Kelebihan Yang Kamu Miliki

Sebelum bisa menjelaskan kelebihan yang dimiliki, pertama-tama perlu memahami terlebih dahulu kelebihan yang dimiliki dengan baik. Mungkin kamu adalah seorang pemecah masalah yang handal, seorang pemimpin yang menginspirasi, atau seorang individu yang sangat terorganisir. Identifikasi kelebihan-kelebihan ini dan pertimbangkan bagaimana kelebihan tersebut bisa relevan dengan pekerjaan yang di lamar.

2. Ketepatan Dan Relevansi Dengan Pekerjaan Yang Di Inginkan

Saat kamu menjelaskan kelebihanmu, pastikan bahwa kelebihan tersebut sesuai dengan pekerjaan yang lamar. Jangan hanya mengeluarkan daftar kelebihan yang dimiliki tanpa mempertimbangkan relevansinya. Misalnya, jika melamar pekerjaan di bidang pemasaran, lebih relevan jika kamu menjelaskan kemampuan komunikasi yang kuat, dan kecakapan dalam mengelola media sosial untuk promosi daripada keahlian dalam memasak.

3. Berikan Contoh Nyata Terkait Kelebihan Yang Telah Dijelaskan

Cara terbaik untuk meyakinkan bagian HRD adalah dengan memberikan contoh konkret. Misalnya, jika salah satu kelebihan yang kamu miliki adalah kemampuan mengelola sosial mdia sebagai sara promosi, ataupun skill edit gambar maupun video, maka tunjukan secara nyata kelebihan yang sudah kamu jelaskan, misalnya saja hasil editan foto, ataupun caramu dalam mempromosikan produk melalui media sosial.

Baca juga: 7 Strategi pemasaran produk yang efektif

Jelaskan bagaimana kelebihan yang kamu miliki akan membantu perusahaan mencapai tujuan dan meningkatkan kinerja. Contoh lain, jika kamu adalah seorang analis data yang cermat, kamu bisa mengatakan bahwa kemampuan analisis yang kamau miliki bisa membantu perusahaan mengoptimalkan strategi pemasaran dan meningkatkan penjualan.

4. jangan Berlebihan Saat Menjelaskan Tentang Kelebihan Yang Kamu Miliki

Kejujuran adalah kunci dalam menjelaskan kelebihan yang kamu miliki. Jangan terlalu berlebihan dalam mempresentasikan diri. HRD akan lebih menghargai kandidat yang realistis tentang kemampuan dan kelebihan yang dimiliki setiap calon pekerja. Sebaliknya, jika terlalu berlebihan, nantinya mungkin akan dianggap tidak jujur dan terlalu mengada-ada.

5. Gunakan Bahasa Yang Tepat Dan Sopan

Penggunaan bahasa yang tepat sangat penting, namun tutur kata yang sopan juga merupakan poin utama yang bisa menjadi bahan pertimbangan. Pastikan kamu bisa mengkomunikasikan kelebihan dengan bahasa yang profesional, jelas dan sopan. Hindari penggunaan kata-kata yang terlalu teknis atau jargon yang mungkin tidak dipahami oleh HRD.

Baca juga: Contoh Kata Promosi

Kurangi jeda (seperti kata EEE, dll) saat berbicara dengan HRD, tentunya di butuhkan mental dan latihan untuk bisa berbicara dengan lancar saat melakukan wawancara kerja, terlebih untuk para fresh graduate.

6. Jangan Lupa Mengenali Kelemahan Yang Kamu Miliki

Setelah panjang lebar menjelaskan tentang kelebihan, kadang-kadang peserta wawancara juga akan diminta untuk mengidentifikasi kelemahan yang dimiliki. Ini adalah kesempatan lain untuk menunjukkan kejujuran dan langhkah untuk bisa introspeksi diri. Dengan memahami kelemahan yang dimiliki, kamu bisa menjelaskan bagaimana upaya yang telah dilakukan untuk mengatasi kelemahan tersebut dan memastikan bahwa kelemahan yang kamu milikik tidak akan menggangu performa ketika sudah berkerja.

Pentingnya Melakukan Persiapan Wawancara Kerja

Persiapan dan latihan adalah kunci untuk berhasil dengan lancar saat menjelaskan kelebihan dalam proses wawancara. Cobalah untuk berlatih menjawab pertanyaan "Apa kelebihan kamu?" dengan seseorang, baik teman, keluarga, atau seorang mentor. Ini akan membantu merasa lebih percaya diri saat berhadapan langsung dengan HRD.

Posting Komentar

Posting Komentar

Tulis komentar sesuai dengan topik pembahasan yang ada di dalam artikel