la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

11 Ide Bisnis Yang Menjanjikan Dan Cocok Di Jalankan Di Desa

11 Ide Bisnis Yang Menjanjikan Dan Cocok Di Jalankan Di Desa

Untuk bisa menjalankan sebuah bisnis rumahan dan bisa sukses, tentunya tidak memandang bisnis itu di jalankan di desa ataupun di kota, apalagi di era serba digital seperti ini. Yang dulunya lokasi merupakan pokok yang paling utama, sekarang lokasi sudah bukan penghalang yang berarti, di desapun bisa membangun sebuah bisnis yang menjanjikan.

Baca:  10+ Ide Usaha Rumahan Modal Kecil, Pasti Sukses

Untuk bisa sukses dalam berkarir dalam bidang hiburan bisa dibilang peluang terbesar memang masih ada dikota, tepapi untuk skala bisnis rumahan tentunya peluang antara di kota maupun di desa tetaplah sama, sama-sama memiliki peluang sukses yang tinggi.

Sekarang membangun sebuah bisnis dan bisa sukses di desa bukanlah sebuah mimpi disiang bolong lagi, jadi jangan ada anggapan bahwa yang bisa sukses hanya di kota saja, buang jauh-jauh anggapan tersebut.

Baca: 7 Ide Bisnis Kreatif Dan Unik Yang Jarang Terpikirkan

Dimanapun sebuah bisnis didirikan tentunya memiliki kesempatan sukses yang sama, apalagi jika bisnis memiki dampak yang bagus bagi masyarakat sekitar, misalnya saja bisa menyerap banyak tenaga kerja baru tentunya bisnis akan mendapat full dukungan dari masyarakat juga.

Tertarik untuk mencoba memulai bisnis di desa?, langsung ikuti terus pembahasannya.

Ragam jenis bisnis yang menjanjikan di desa

Jika melihat keadaan desa yang asri dan polusi yang masih sangat minim di bandingkan di kota, tentunya bisa mendatangkan ragam ide bisnis yang menguntungkan dan cocok untuk di jalankan di desa.

Berikut ini adalah ragam bisnis yang sangat recommended untuk kamu coba.

1. Peternakan lele

Dipedesaan sangat cocok untuk di jadikan ternak lele, karena pada umumnya, lahan yang tersedia masih banyak, sehinggu mudah untuk pembuatan kolam lele.

Berbeda dengan di kota, tentunya harga beli maupun sewa lahan sangatlah berbeda dan jauh lebih murah di desa sehingga bagi yang tidak punya lahan masih bisa tetap hemat budget dengan menyewa ataupun membeli lahan di desa.

Lele merupakan salah satu bisnis yang sangat potensial, karena permintaan pasar akan ikan lele yang berkualitas masih sangat tinggi dan tentunya kualitas air yang baik dan polusi yang masih rendah di desa adalah tempat yang cocok untuk beternak lele.

Rasa daging yang gurih dan harganya yang sangat terjangkau merupakan alasan utama banyak orang yang suka dengan si lele ini, sehingga tak heran permintaan akan ikan lele sangat tinggi, dan masih membuat kuwalahan para peternak lele.

2. Membuat bisnis peternakan ayam

Diprediksi sampai penghujung tahun 2022 ini konsumsi daging ayam dan permintaan daging ayam akan makin meningkat, walaupun harga bahan pangan merangkak naik, namun tidak mempengaruhi tingkat konsumsi daging ayam.

Dalam mendirikan usaha ternak ayam, tentunya yang paling utama dan perlu diperhatikan adalah lahan yang di gunakan.

Dalam pemilihan lahan untuk lokasi ternak ayam, pilihlah lahan yang jauh dari lokasi penduduk, bisa di sawah, bisa di kebun, karena peternakan biasanya akan menimbulkan bau yang cukup mengganggun, walaupun sudah di beri cairan tebu yang bisa sedikit mengurangi baunya.

Untuk kelancaran usaha kedepannya pemilihan lahan yang jauh dari pemukiman penduduk sangat di utamakan dan biasanya di desa tentunya masih banyak lahan yang bisa di manfaatkan.

3. Peternakan kambing dan sapi

Bisa dibilang peternakan kambing dan sapi merupakan salah satu jenis bisnis yang paling banyak diminati di desa.

Selain pemasaran yang sangat mudah, pakan yang tersedia juga masih sangat melimpah ruah dan bisa didapatkan dengan gratis tanpa takut kekurangan pakan.

Untuk yang peternakannya sudah mulai beranak pinak dan mulai berkembang biasanya untuk masalah pakan, petani menyiasatinya dengan menanam rumput gajah, salah satu rumput yang cepat pertumbuhannya dan bisa menghasilkan banyak rumput yang tidak ada habisnya.

4. Membuat kebun cabai

Seperti yang kita tau, bahwa tanah di pedesaan sangatlah bagus dan sangat potensial jika dijadikan sebagai kebun cabai.

Di tengah harga-harga bahan pokok yang makin melambung tinggi ini, cabai juga merupakan komoditas yang juga mengalami kenaikan harga.

Walaupun mengalami banyak kenaikan, akan tetapi tidak mempengaruhi tingkat permintaan cabai di pasaran. usaha jenis ini juga bisa lebih mudah di kembangkan, misal saja saat stok cabai masih menumpuk, untuk menghindari pembusukan, cabai bisa di olah dan bisa di jual menjadi cabai olahan berupa sambal yang gurih dan nikmat.

5. Penyewaan alat pertanian

Selain bisa menjadi sumber penghasilan, tentunya dengan membuka penyewaan alat-alat pertanian seperti traktor untuk bajak sawah, atau traktor untuk pemisah padi dan tangkainya (alat ngedos orang jawa menyebutnya) akan membantu para petani.

Bagi para petani, tentunya harga perlengkapan pertanian seperti itu sangatlah mahal sehingga menyewa merupakan pilihan yang sangat tepat.

6. Ekspedisi pengantaran barang

Walaupun sebuah usaha di rintisnya di desa, akan tetapi dengan adanya fasilitas digital seperti sekarang ini, seperti adanya media sosial dan marketplace akan memper kecil jarak antara kota dan desa.

Jika promosi berjalan lancar tentunya membutuhkan jasa angkut untuk bisa mengirim barangnya ke konsumen di berbagai wilayah.

Di jepara, salah satu pekerjaan yang sekarang ini diminati anak muda adalah mebuka expedisi pengantaran menggunakan pick up, selain bisa dapat penghasilan, juga bisa sambil jalan-jalan, sehingga kebanyakan yang menjadi supir masih muda-muda.

7. Pengrajin barang seni

Tiap daerah tentunya memiliki kerajinan seninya masing-masing, misalnya saja di daerah jepara, produk seni unggulan yang ada di jepara adalah ukiran, barang mebel dan juga kain tenun troso.

Baca: Rahasia Bisnis Fashion : Cara mudah memulai bisnis fashion dan bisa sukses

Lebih-lebih di industri mebel dan ukirnya jepara tetap masih menjadi nomor satu dan tak bisa tergantikan, sehingga kesempatan untuk bisa berkarya dan sukses di bidang ini masih sangat tinggi.

Untuk daerah lain bisa juga dengan memasarkan produk kesenian khas daerahnya, agar poduknya makin banyak di kenal oleh masyarakat luar dan bisa memberi kesempatan kerja bagi masyarakat sekitar.

8. Bisnis kuliner kekinian

Bisnis kuliner belakangan ini mulai banyak sekali diminati dikalangan anak muda, sehingga sekarang banyak bermunculan bisnis kuliner dengan berbagai menu andalan masing masing.

Peluang dalam bisnis kuliner ini bisa di bilang masih sangat terbuka lebar. Kunci bisa berhasil dalam bisnis kulines sekarang ini selain ulet dan tekun tentunya pelaku bisnis kuliner juga harus kreatif dan juga inovatif, agar bisnis kulinernya bisa mengikuti perkembangan zaman.

9. Bisnis konter

Walaupun dipedesaan tentunya kebutuhan dalam kuota data sekarang ini juga sudah seperti kebutuhan primer, entah kuota yang di gunakan untuk besosmed, untuk game atau juga untuk kebutuhan belajar dan juga bekerja.

Baca: Peluang Bisnis : Prospek Kerja Bisnis Digital Makin Memikat Bagi Kaum Milenial

Bisnis konter merupakan bisnis yang selalu di butuhkan oleh semua kalangan, sehingga merupakan bisnis yang sangat potensial dan patut untuk di coba.

10. Menanam sayuran hidroponik

Bagi yang belum tahu, apa itu sayuran hidroponik, Sayuran hidroponik merupakan sayuran yang tumbuh dalam media tumbuh selain tanah dengan kata lain sayuran yang tumbuh pada media tanam buatan.

Baca: Cara Membuat Lokasi Toko Di Google Maps Yang Membuat Bisnis Anda Terkenal

Sayuran hidroponik merupakan jenis sayuran yang hidup dan tumbuh dengan mengandalkan irigasi (pengairan), untuk bisa menghasilkan sayuran yang berkualitas tentunya irigasi dan kelancaran air sangat berperan.

Selain masa panennya yang cepat, sayuran hidroponik ini tentunya juga sangat aman dan sehat dan yang terpenting, tidak membutuhkan media tanam yang luas, karena bisa di buat secara bersusun dalam penanamannya.

11. Bisnis tambak ikan

Bagi yang rumahnya di pesisir tentunya sangat cocok nih, mencoba bisnis pengelolaan tambak ikan, selain penjualan hasil panen yang mudah, tentunya harga ikan seperti jenis ikan bandeng, ikan nila, ikan munjair, ikan belanak dan jenis ikan tambak lainnya sangat stabil.

Makin majunya dunia digital, makin mudah juga jangkauan pemasaran yang ingin di capai. Agar pemasaran bisa dijalankan dengan baik tentunya harus bisa mengikuti strategi bisnis kekinian menggunakan kecanggihan dunia digital.

Baca: 7 Strategi pemasaran produk yang efektif dan bisa menjadi kunci sukses untuk bisnis yang kamu jalankan

Pemasaran daan promosi dalam dunia digital bukan hanya mencakup pada promosi yang dilakukan melalui media sos;ial saja, akan tetapi mencakup secara keseluruhan, baik penggunaan e-comerce secara optimal, website maupun jenis media promosi digital lainnya yang selalu berkembang dari waktu ke waktu.

Posting Komentar

Posting Komentar

Tulis komentar sesuai dengan topik pembahasan yang ada di dalam artikel