la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

Mengembangkan Bisnis: Cara Membuat Lokasi Toko Di Google Maps Yang Membuat Bisnis Anda Terkenal

Mengembangkan Bisnis: Cara Membuat Lokasi Toko Di Google Maps Yang Membuat Bisnis Anda Terkenal

Google maps sudah terbukti menjadi sebuah aplikasi yang sangat membantu dalam mencari sebuah titik lokasi dengan tepat. Google maps bukan hanya membantu bagi abang ojol maupun kurir saja, akan tatapi juga berguna bagi semua penggunanya, tentunya dengan catatan jika lokasi yang di cari sudah terdaftar di google maps, untuk itulah sangat penting untuk mendaftarkan lokasi bisnis ke google maps.

Dalam mendaftarkan sebuah lokasi baru di google maps, tentukan tujuan dan tujuan utama dalam menampilkan lokasi toko di google maps. Apakah kamu seorang pemilik usaha yang ingin memperluas jangkauan dan jaringan bisnis ? Atau mungkin hanya ingin memudahkan teman-teman atau keluarga dalam menemukan toko ? Apapun alasannya, ketika menambahkan lokasi toko ke google maps itu sudah bisa menjadi langkah cerdas.

Mengapa Menambahkan Lokasi Toko Ke Google Maps Sangat Penting?

Sebelum kita membahas cara menambahkan lokasi toko di google maps, mari kita pertimbangkan mengapa menambahkan lokasi toko ke google maps bisa menjadi begitu penting. Google maps adalah salah satu platform peta digital paling populer di dunia. Jutaan orang menggunakan aplikasi tersebut setiap hari untuk mencari tempat-tempat yang mereka butuhkan, termasuk toko dan juga bisnis lokal.

Baca: Prospek Kerja Bisnis Digital

Dengan menampilkan lokasi toko di google maps, itu berarti bisa memberikan informasi lokasi yang tepat bagi calon pelanggan yang potensial dan memberikan peluang lebih besar untuk menemukan lokasi bisnis. Ini berarti peluang lebih besar untuk menjual produk atau jasa yang di promosikan. Ini juga membantu dalam membangun citra profesional dan kehadiran online bagi bisnis yang dirintis.

Menambahkan Lokasi Toko Ke Google Maps

Setelah mengatahui apa saja manfaat dan pentingnya menambahkan lokasi toko ke google maps, maka langkah berikutnya adalah langkah untuk melakukannya, seperti berikut ini:

1. Buka Aplikasi Google Maps

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah membuka aplikasi google maps dari perangkat hp, dan biasanya sekarang ini aplikasi google maps sudah menjadi aplikasi yang wajib ada dan sudah tersedia secara default di smartphone, jika belum tersedia maka bisa download terlebih dahulu melalui app strore yang tersedia di smartphone masing-masing.

2. Masuk Ke Akun Google Anda

Pastikan masuk ke akun Google yang sudah terkait dengan akun bisnis yang sedang dikelola.

Cara Verifikasi Dan Kelola Informasi Bisnis

Langkah pertama sebelum menambahkan lokasi toko ke google maps adalah memastikan bahwa informasi bisnis yang dijalankan sudah diverifikasi dan dikelola dengan baik. Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan: 

  • Buka Google My Business

Unduh aplikasi Google My Business, jika tidak inmgin download aplikasinmya bisa juga buka situs webnya langsung. Google bisnis merupakan sebuah platform yang akan di gunakan untuk mengelola informasi bisnis yang dibuat.

  • Verifikasi Bisnis Anda

Jika bisnis yang di buat belum diverifikasi, ikuti petunjuk di google my business untuk melakukan verifikasi secara langsung. Ini bisa melalui surat pos atau melalui pilihan verifikasi lainnya.

  • Lengkapi Profil

Pastikan telah mengisi semua informasi yang relevan tentang bisnis yang di kelola, termasuk nama, alamat, nomor telepon, jam operasional, dan foto.

  • Optimalkan Deskripsi

Tulis deskripsi singkat tentang bisnis yang dikelola, pastika informasi yang di sampaikan jelas dan informatif. Ini akan membantu calon pelanggan memahami apa yang di tawarkan.

  • Verifikasi Lokasi

Google mungkin akan memerlukan proses lebih lanjut untuk memverifikasi bahwa Anda benar-benar pemilik bisnis tersebut. Ini bisa melalui panggilan telepon atau surat pos.

3. Pilih Menu contribute (kontribusi)

Setelah memilih menu kontribusi disana akan tersedia berbagi menu yang bisa dipilih, seperti edit peta,tambahkan tempat, tulis ulasan dan menu lainnya.

4. Pilih Add Place (Tambahkan Tempat)

Setelah menu kontribusi pilih menu tambahkan lokasi dan isi data formulir yang tersedia, mulai dari nama tempat, katagori tempat, kemudian alamat lokasi yang didaftarkan, pastikan sudah mengisi dengan lengkap data yang deiperlukan.

5. Klik Tobol send (Kirim)

Periksa ulang data yang di isi dalam formulir, pastikan data sudah benar dan lengkap, setelah dipastikan data sudah lengkap, klik tombol kirim.

6. Tunggu Pendaftaran selesai

Setelah semua proses dilakukan tentunya lokasi yang di daftarkan tidak langsung bisa tampil, akan tetapi harus menunggu peninjauan oleh google terkadang bisa selesai dalam hitungan jam atau bisa juga dalah hitungan hari maksimal 3 hari di hari kerja.

Memperbarui Lokasi Dan Detail Bisnis Secara Berkala

Dalam mengelola sebuah lokasi toko di google maps, perlu di ingat untuk secara berkala selalu memperbarui informasi bisnis yang telah di daftarkan, sehingga lokasi selalu akurat dan relevan. Hal ini akan membantu meningkatkan visibilitas dan membantu calon pelanggan menemukan lokasi dan memahami detail tentang informasi bisnis dengan lebih mudah.

Baca: Cara Membuat Deskripsi yang Menarik

Jangan lupa untuk tetap memantau ulasan dan tanggapan pelanggan, karena hal ini juga akan memengaruhi citra bisnis di platform ini. Karena terkadang ada juga orang yang iseng ataupun saingan bisnia yang memberikan ulasan buruk dengan tujuan untuk menurtunkan kredibilitas dari bisnis tersebut.

Cara Memindahkan Lokasi Toko Di Google Maps

Jika lokasi bisnis pindah ke lokasi yang berbeda, tentunya lokasi di google maps juga perlu dipindahkan ke lokasi yang sesuai. Berikut adalah cara melakukannya:

  • Buka Google My Business

Masuk ke akun Google My Business Anda.

  • Pilih Lokasi yang Akan Diperbarui

Pilih lokasi toko yang akan Anda pindahkan. dengan memiliki akun google maps tentunya akans angat mepermudah dalam mengupdate lokasi dan memilih lokasi yang ingin di edit.

  • Edit Informasi

Temukan opsi untuk mengedit informasi bisnis dan edit informasi bisnis sesuai dengan informasi baru.

  • Pindahkan Peta

Di peta yang muncul, tandai lokasi baru toko dengan menyesuaikan penanda. Pastikan untuk memilih posisi yang akurat.

  • Konfirmasi Pemindahan

Ikuti petunjuk yang muncul untuk mengonfirmasi perubahan dan pemindahan lokasi toko.

Posting Komentar

Posting Komentar

Tulis komentar sesuai dengan topik pembahasan yang ada di dalam artikel