la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

Cara Meminta Reschedule Untuk Ubah Jadwal Interview Kerja Lewat Wa

Cara Meminta Reschedule Untuk Ubah Jadwal Interview Kerja Lewat Wa

Melibatkan diri menjalani proses interview kerja terkadang bisa menjadi tantangan, terutama ketika jadwal yang telah ditetapkan untuk interview ternyata bertabrakan dengan acara lain yang memerlukan kehadiranmu. Namun, tak perlu khawatir, karena sebenarnya bisa lho, meminta reschedule jadwal interview dan ini sangat wajar dan manusiawi untuk dilakukan.

Langkah-langlah Meminta Reschedule Jadwal Interview Lewat Wa Yang Tepat

Meminta reschedule jadwal interview dengan tepat membutuhkan kebijaksanaan dan sikap profesional agar kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang selama ini di impikan tidak terlewatkan begitu saja. Walapun bisa meminta jadwa interview, namun jika salah dalam langkah yang dilakukan, akibatnya akan sangat fatal, karana secara tidak langsung memberikan kesan yang kurang baik pada HRD. Berikut adalah beberapa langkah lebih lanjut untuk meminta reschedule jadawal interview.

1. Segera Berikan Pemberitahuan Secepat Mungkin

Jika sudah mengetahui adanya benturan jadwal, berikan pemberitahuan sesegera mungkin pada pihak penginterview. Ini memberikan waktu bagi pihak perusahaan untuk bisa lebih leluasa dalam merespons dan mencari solusi, baik berupa jadwal interview baru atau solusi lainnya, karena sekarang ini tidak menutup kemungkinan, bahwa interview juga bisa dilakukan secara online, tentunya sesuai dengan kebijakan perusahaan yang berlaku.

Baca: Cara Tanya Lowongan Kerja Lewat WA Yang Baik Dan Benar

Saat memberitahu pihak perusahaan, jangan ragu untuk bisa memberikan alasan yang jelas dan ringkas. Pihak perusahaan pada umumnya menghargai transparansi. Jika jadwal interview bertabrakan dengan keperluan mendesak, sampaikan secara tegas namun tetap dengan penyampaian yang sopan dan hormat.

2. Berikan Alternatif Waktu Pengganti Yang Kamu Bisa

Pastikan untuk memberikan alternatif waktu yang memungkinkan kamu bisa hadir dalam interview. Ini menunjukkan bahwa kamu menghargai waktu mereka dan siap untuk berkolaborasi dan mencari jadwal yang cocok bagi semua pihak. Jika memungkinkan, berikan beberapa opsi waktu untuk memberi fleksibilitas lebih terkait penggantian jadwal interview.

Baca: Sukses Tes Wawancara Kerja: Cara Menjelaskan Kelebihan Dengan Singkat Dan Penuh Percaya Diri Saat Wawancara

Selain itu, pastikan untuk memberi tahu bahwa kamu masih tetap antusias dan berkomitmen untuk bisa mengikuti interview. Ini penting untuk memastikan bahwa pihak perusahaan merasa bahwa keinginanmu untuk bergabung dengan perusahaan mereka tetap tinggi, dan reschedule waktu ang diminta merupakan pure (murni) karena adanya kendala jadwal yang berbenturan dengan keperluan lainnya, bukan alsan yang mengada-ada.

3. Pertimbangkan Jangka Waktu Yang Realistis

Pastikan sebelumnya untuk mempertimbangkan jangka waktu yang realistis. Jangan mengajukan permintaan reschedule di menit-menit terakhir, kecuali situasi darurat yang tidak dapat dihindari, karena hal ini akan memberikan kesan buruk dan merugikan citra profesionalmu di mata perusahaan.

Baca: Tips Simpel Agar Namamu Di Ingat HRD Saat Lamar Kerja Dan Lebih Cepat Diterima Kerja

Penting untuk saling memahami bahwa pihak perusahaan juga memiliki kewajiban dan jadwal yang harus mereka penuhi. Oleh karena itu, memberikan alternatif waktu yang lebih fleksibel dapat memudahkan pihak perusahaan dalam memutuskan, dan menentukan jadwal yang cocok.

4. Berikan Apresiasi Dan Terimakasih Atas Kesempatan Yang Diberikan

Berikan apresiasi atas pemahaman dan kerjasama yang perusahaan berikan. Menyampaikan terima kasih atas kesempatan reschedule jadwal interview yang telah di tentukan perusahaan adalah langkah kecil namun bermakna. Ini akan menciptakan sebuah hubungan timbal balik yang positif dan menunjukkan etika profesional dalam dunia kerja.

Contoh Pesan Wa Untuk Meminta  Reschedule Jadwal Interview Kerja

Setelah mengetahu poin-poin apa yang perlu di cantumkan dalam pesan, maka langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah membuat pesan wa yang akan dikirim ke pihak perusahaan, berikut ini contohnya :

"Selamat siang Pak/Bu (Tulis nama orang yang akan menginterview), salam kenal sebelumnya, saya (tulis namamu).

Terimakasih sebelumnya atas kesempatan interview untuk posisi (tulis pekerjaan yang kamu lamar) di perusahaan (tulis nama perusahaan).

Namun mohon maaf, di waktu tersebut saya ada agenda yang tidak bisa di tinggal.

Apa boleh untuk interview ini di reschedule (dijadwalkan ulang)?. Saya mengusulkan di hari (tentukan hari yang kamu bisa), tanggal (tulis tanggalnya), pukul (tulis juga waktunya). Semoga Bapak/Ibu berkenan. Terimakasih untuk waktu dan kesempatannya.

Posting Komentar

Posting Komentar

Tulis komentar sesuai dengan topik pembahasan yang ada di dalam artikel