la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

Tips shopee! Cara optimasi produk di shopee untuk mendatangkan banyak pembeli

optimasi produk di shopee untuk mendatangkan banyak pembeli
Walaupun postingan bisa langsung tampil. Namun, biasanya algoritma shopee tidak langsung bisa menampilkan postinganmu di halaman pertama saat calon pembeli melakukan pencarian.
Untuk bisa tampil di halaman utama pencarian shopee perlu di lakukan optimasi, seperti mengarahkan pembeli dari sosial media ke shopee atau pun optimasi yang dilakukan langsung dari aplikasi shopee sendiri.

Optimasi produk melalui fitur naikan produk gratis

Fitur naikan produk merupakan fitur yang tersedia untuk para penjual shopee, yang tujuannya adalah untuk menaikan produk, saat penjual menaikan produk, maka secara otomatis produk akan lebih sering muncul di pencarian calon pembeli di bagian saran produk terbaru.

Fitur naikan produk ini merupakan fitur gratis yang di sediakan oleh shopee dan bisa di manfaatkan semua penjual. Fitur naikan produk sendiri bisa di gunakan setiap 4 jam sekali dengan maksimal 5 produk sekaligus yang bisa di naikan dalam 1 periode (4 jam sekali).
Bagi toko yang masih baru, sangat penting untuk memanfaatkan fitur ini, agar toko makin banyak di kenal dan dilihat orang, sehingga ada trafik yang lebih banyak dari para calon pembeli yang akan memberikan dampak possitif bagi toko.

Optimasi toko dengan mengikuti promosi toko yang di selenggarakan oleh shopee

Salah satu hal yang paling sering di lewatkan oleh para pemula adalah pada poin ini, bahkan banyak juga yang tidak mengetahui adanya promosi toko ini, padahal sangat berguna untuk meningkatkan eksposure toko. Untuk bisa mengakses menu promosi toko bisa diakses melalui menu toko saya dan cari menu promosi toko.

Menu dan fungsi dari promosi toko ini sangat banyak sekali, mulai dari diskon produk, promo shopee dll. Semua harus di maksimalkan.
Jangan lupa untuk selalu rutin mengecek bagian promo shopee, karena biasanya banyak promo menarik yang bisa kamu ikuti, mulai dari undangan flash sale, promo murah lebay sampai promo tanggal dan bulan yang sama seperti 12.12 (tanggal 12, bulan 12) semua bisa kamu ikuti untuk meningkatkan kunjunagn calon pembeli yang bisa meningkatkan penjualan tokomu

Melakukan optimasi toko melalui Iklan berbayar (ad)

Jika memang memiliki budget untuk beriklan (berbayar) tentunya tak ada salahnya juga toko baru berikalan, namun pastikan juga bahwa tokomu sudah memiliki banyak postingan produk, sehingga pembeli yang mengunjungi tokomu nantinya bisa memiliki banyak pilihan, bukan hanya satu produk yang kamu iklankan saja.

Bagi yang belum memiliki budget untuk beriklan jangan berkecil hati, karena walaupun tanpa beriklan (berbayar) pun, produkmu masih tetap bisa laku dan bahkan laris di serbu pembeli.

Melakukan optimasi on page pada toko shopee

Jenis optimasi yang bisa dilakukan pada toko yang ada di shopee ada dua tipe, yaitu optimasi on page dan juga optimasi off page. optimasi on page merupakan usaha optimasi yang dilakukan dalam toko melalui fitur yang tersedia di shopee, sedangkan optimasi off paga adalah usahan optimasi yang dilakukan dari luar shopee, misalnya saja mengarahkan pembeli dari instagram ke ke shopee dll.

Optimasi on page pada tampilan toko di shopee

Sekarang ini shopee sudah menyediakan template yang bisa di pilih menjadi tema yang sesuai dengan kategori produk yang di jual. Pemilihan tema yang tepat tentunya akan sagat berpengaruh pada tampilan toko, tampilan toko akan tampak lebih rapi dan menarik.

Optimasi on page pada pemilihan foto produk

Foto produk merupakan elemen yang pentimg dalam sebuah postingan produk, bisa di bilang foto produk ini merupakan elemen yang tidak bisa di pisahkan, bahkan ketika mencoba posting tanpa adanya foto produk tentunya tidak akan bisa.
Tampilan foto produk yang menarik dan seragam tentunya akans angat memiliki dampak yang besar yang bisa mempengaruhi minat pembeli, sehingga poin ini harus bener-benar dilakukan dengan rapi dan bagus.

Optimasi on page pada judul postingan dan deskripsi produk

Selain foto produk, hal yang tak bisa lepas dari postingan di marketplace seperti shopee ini adalah judul dan juga deskripsi produk. Judul produk merupakan sebuah kata kunci (keyword) yang bisa membuat produkmu bisa tampil ketika ada orang yang melakukan pencarian sesuai dengan judul produk yang kamu buat, sementara deskripsi produk merupakan detail produk yang kamu posting, yangberkaitan dengan deskripsi ukuran, warna, model dll.

Judul postingan produk yang baik tentunya adalah sebuah kata kunci yang bisa mewakili produk yang sedang di jual, misalkan saja kamu ingin menjual kemeja untuk pria dengan warna putih, maka judul yang bisa di gunakan adalah "Kemeja pria keren warna putih" "Kemeja polos warna putih untuk pria" bisa juga dengan menambahkan detail ukuran dan juga jenis bahan misalnya " Kemeja keren warna putih untuk pria bahan katun halus".

Bagi toko yang masih baru dan belum memiliki pembeli, usahakan untuk menarget long tail keyword (kata kunci yang panjang), tujuannya adalah agar makin banyak kata kunci yang tertarget, sehingga kemungkinan muncul di pencarian pembeli lebih besar.

Jika memungkinkan maksimalkan penggunaan judul sesuai dengan jumlah karakter judul yang tersedia, namun pertimbangkan juga untuk membuat judul yang mudah di pahami, jangan asal membuat judul panjang, namunjustru malah susah di pahami oleh para pembeli, yang justru membuat pembeli malas bernelanja di tokomu.

Tentunya dengan menerapkan semua tips-tips yang di terangkan di atas tadi sudah sangat cukup untuk bisa mendatangkan banyak pembeli dan bisa mendapatkan penghasilan sampai jutaan rupiah hanya dari shopee saja, terimakasih, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Posting Komentar

Tulis komentar sesuai dengan topik pembahasan yang ada di dalam artikel