la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

9 Ide Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa Dengan Profit Penghasilan Paling Menjanjikan

9 Ide Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa Dengan Profit Paling Menjanjikan

Menjadi mahasiswa sekarang ini bukanlah sebuah penghalang yang menjadi alasan untuk tidak mencicipi manisnya dunia bisnis di era modern sepeti sekarang ini. Malah sebaliknya, masa perkuliahan merupakan waktu yang tepat untuk merintis dan memulai bisnis yang menguntungkan. 

Bagi para mahasiswa yang ingin menyeimbangkan dan mengoptimalkan waktu kuliah dengan mencari cuan (keuntungan finansial), penting untuk bisa memahami banyaknya peluang bisnis yang tersedia di sekitar dan menarik untuk di coba.

Jenis Bisnis Yang Cocok Untuk Mahasiswa Paling Potensial Untuk Dijalankan

Ide bisnis yang kreatif dan sesuai dengan passion atau keahlian pribadi dapat menjadi sebuah kunci utama dalam mencapai kesuksesan. Dengan memiliki tekad yang kuat, konsistensi, dan semangat untuk terus belajar, mahasiswa dapat meraih profit yang menjanjikan sambil tetap menjalankan studi kuliah.

Baca: Kunci Sukses : 8 Faktor Terpenting Yang Perlu Disiapkan Ketika Memulai Bisnis

Berikut adalah 9 ide bisnis yang bisa dijalankan tanpa harus meninggalkan kuliah.

1. Jualan Online (Online Shop)

Jualan online bisa menjadi sebuah pilihan yang menarik. Dengan kecanggihan teknologi yang akan terus berkembang seperti sekarang ini, mahasiswa dapat menjajakan produk-produk unik melalui platform e-commerce seperti platform shopee, lazada, tokopedia dan platform e-commerce lainnya.

Baca: Cara membuat akun dan posting jualan di shopee dari hp untuk pemula sampai bisa dapat jutaan perbulan

Menjual produk handmade seperti aksesoris, tas, atau bahkan pakaian dengan desain kreatif bisa menjadi pilihan yang tepat, karena kategori fashion ini merupakan salah satu kategori produk yang tidak ada matinya, sehingga potensi produk terjual lebih tinggi.

Baca: 10 Jenis Kategori Produk Paling Laris Yang Bisa Jadi Ide Jualan

Besarnya peluang dalam bisnis fashion ini tidak hanya memberikan sebuah peluang mendapatkan keuntungan dari segi finansial, tetapi juga bisa mengeksplorasi kreativitas dalam dunia fashion dan bagaimana menentukan strategi promosi bisnis yang efektif untuk di jalankan.

2. Jasa Fotografer

Foto grafer merupakan orang yang merekam sebuah momen ataupun peristiwa dalam bentuk gambar. mahasiswa dengan keahlian fotografi bisa memanfaatkan kemampuan tersebut untuk membuka jasa fotografi. Di era media sosial yang makin mendominasi seperti sekarang, banyak orang yang membutuhkan jasa fotografi untuk keperluan personal atau bisnis.

Baca: Manfaat Media Sosial Untuk Promosi Dan Mengambangkan Bisnis

Menawarkan paket foto prewedding, dokumentasi acara wisuda atau bahkan foto produk dapat menjadi ladang penghasilan yang menjanjikan. Makin berkembangnya dunia digital, makin banyak juga yang membutuhkan jasa fotografi, sehingga ere digital sekarang ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat promosi sekaligus menjadi tempat yang potensial untuk mendapatkan klien fotografi.

3. Jasa Desain Grafis

Keahlian (skill) dalam mendesain grafis juga bisa diubah menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan untuk di tekuni. Mahasiswa dengan skill desain grafis dapat menawarkan jasa pembuatan logo, poster, atau konten visual untuk kebutuhan online dan offline.

Baca: 5 Skill Yang Harus Dimiliki Milenial Dan Paling Dibutuhkan Banyak Perusahaan Dalam Dunia Kerja Saat Ini

Dengan memanfaatkan kreativitas dalam desain grafis, mahasiswa dapat menarik klien dari berbagai kalangan, mulai dari pegiat sosial media, perusahaan, sampai individu yang memerlukan jasa desain grafis, karena walaupun banyak aplikasi yang tersedia dan mendukung desain grafis, tidak semua orang bisa mengoprasikannya dengan maksimal, sehingga tetap memerlukan jasa yang lebih profesional.

4. Menjadi Content Creator (Pembuat Konten)

Sekarang ini banyak yang berpikiran bahwa content creator ini hanya sebatas pada video saja, padahal pada dasarnya, content creator ini mencakup berbagai bidang, mulai dari penulisan, gambar sampai video, sehingga potensi penghasilan dari pembuat konten ini sangat besar.

Baca: 7 Sumber Penghasilan Menjadi Konten Kreator Di Era Digital Yang Prospeknya Makin Menggiurkan

Penghasilan yang di janjikan dari content creator ini sangat menarik dan menjanjikan, terutama bagi kalangan anak muda, sehingga tak heran jika sekarang ini banyak sakali anak muda yang tertarik dan terjun dalam dunia content creator, terutama dalam pembuatan konten video untuk di upload di youtube, tiktok ataupun platform lainnya yang bisa menghasilkan.

5. Bisnis Kuliner

Bagi yang memiliki passion dan ketertarikan dalam bidang kuliner, mahasiswa bisa memulai bisnis makanan ringan atau minuman kreatif. Misalnya, membuat kudapan sehat atau minuman unik yang sedang tren di kalangan mahasiswa.

Baca : 10 Ide Bisnis Jualan Minuman Kekinian Modal Kecil Dengan Keuntungan Yang Menjanjikan

Menjual produk kuliner di kampus atau melalui platform online bisa menjadi cara yang efektif untuk mendapatkan penghasilan tambahan dan memperluas jangkauan bisnis kuliner yang dijalankan.

6. Jasa Pembuat Aplikasi Dan Website

Mahasiswa yang ahli dalam bidang teknologi (IT) bisa menjajal bisnis jasa pembuatan aplikasi atau website. Dengan kemampuan pemrograman dan pemahaman coding yang baik, dapat membantu individu atau bisnis kecil yang membutuhkan kehadiran dalam bidang digital, karena sekarang ini, jika tidak bisa mengikuti perkembangan digital akan sangat susah untuk membuat bisnis makin berkambang.

Baca: Peluang Bisnis : Prospek Kerja Bisnis Digital Makin Memikat Bagi Kaum Milenial

Menyediakan penyedia jasa pembuatan aplikasi ataupun website bisa menjadi sebuah bisnis yang menjadi solusi bagi sesama pelaku bisnis dan pemahaman dalam teknologi ini dapat menjadi sumber penghasilan yang stabil bagi pelakunya.

7. Menjadi Penulis

Jangan lupakan besarnya potensi dalam dunia literasi di era digital sekarang ini. Mahasiswa yang gemar dan memiliki keahlian dalam menulis dapat menjual jasa penulisan artikel atau konten penulisan online melalui media berita.

Baca: 7 Cara Mudah Mendapatkan Uang Dari Menulis Artikel, Di Jamin Bikin Ketagihan

Di era digital sekarang ini banyak website, blog, atau perusahaan yang membutuhkan jasa penulis lepas untuk mengisi konten mereka. Selain mendapatkan penghasilan, mahasiswa juga bisa terus mengasah kemampuan dalam menulis. Selain menyediakan jasa penulisan, keahlian menulis juga bisa di kembangkan sendiri dengan membuat konten yang berhubungan dengan tulisan, seperti membuat blog ataupun membuat buku.

8. Bimbingan Dan Les Privat

Mahasiswa juga dapat menciptakan bisnis dalam bentuk jasa konsultasi, pelatihan ataupun les privat sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Misalnya, mahasiswa jurusan bisnis dapat memberikan konsultasi kecil-kecilan kepada pebisnis pemula atau mahasiswa jurusan komunikasi bisa memberikan pelatihan public speaking, bagi mahasiswa yang pandai dalam pelajaran tertentu seperti matematika, bahasa inggris ataupun mata pelajaran sekolah lainnya, bisa dicoba memberikan jasa les privat pada anak-anak sekolah. 

Baca: Cara Memulai Karier Guru Les Privat Dan Tips Membuat Brosur Yang Efektif Untuk Promosi Les Privat

Dengan membagikan pengetahuan yang dimiliki, mahasiswa tidak hanya mendapatkan keuntungan dari segi finansial, tetapi juga menjadi pengalaman kerja yang berharga. Menjadi pembimbing dan guru les privat meruopakan sebuah karier yang patut untuk dicoba dan di kembangkan bagi mahasiswa.

9. Jadi Reseller, Dropshipper Dan Affiliator

Baik reseller, dropshipper, maupun affiliator mrtupaakn jenis bisnis yang berbeda, namun memiliki beberapa kemiripan, sehingga akan lebih mudah jika di bahasa menjadi satu, agar lebih mudah dipahami, berikut ini penjelaannya.

Reseller adalah

Secara singkat, reseller meruopakan je nis bisnis yang dijalankan dengan cara menjualk kembali produk dari supplier, dengan kata lain reseller membeli sebuah produk dari penyedia produk (supplier) dengan tujuan untuk di jual kembali.

Baca: 9 Cara Mencari Supplier Tangan Pertama Untuk Mendukung Suksesnya Bisnis Yang Dijalankan

Keuntungan dari reseller ini di dapatkan dari mark up harga pembelian dari supplier, misalnya saja rseller membeli sebuah kaos dengan harga Rp. 90.000, kemudian di jual kembali dengan harga Rp. 120.000.

Dropshipper adalah

Sebenernya hampir sama dengan reseller, yang membedakan hanyalah dropshipper tidak perlu membeli produk terlebih dahulu sebelum ada pesanan dan dropshipper hanya perlu memasarkan dan menawarkan produk (berupa gambar) melalui sosial media, e-commerce ataupun website, kemudian ketika ada yang berminat dan melakukan pembelian, dropshipper baru melakukan pembelian produk ke supplier penyedia produk dan supplier akan langsung mengirim barang ke supplier, sehingga dropshipper tidak perlu lagi packing barang.

Baca: Cara Menjadi Dropshipper Tanpa modal Untuk Pemula Sampai Bisa Sukses

Kelebihan dari menjadi dropshipper ini tentunya adalah tidak perlu menyetok barang, dan bisnis ini bisa di mulai dengan modal Rp.0, karena nantinya modal akan di peroleh dari pembeyaran pembeli, kunci untuk bisa sukses dalam bisnis dropshipper ini tentunya adalah bisa melakukan promosi dengan maksimal dan bisa memanfaatkan media sosial dan juga platform E-commerce.

Affiliator adalah

Jika reseller dan dropshipper tadi ada aktivitas pembelian yang dilakukan pelaku bisnis, maka menjadi affiliator ini sangat berbeda, karena affiliator ini hanya menjalankan peran sebagai pemasar produk dan pendapatan yang di peroleh affiliator ini diperoleh dari komisi penjualan produk dari produk yang terjual, makin banyak produk terjual makin banyak juga komisi yang di dapatkan.

Posting Komentar

Posting Komentar

Tulis komentar sesuai dengan topik pembahasan yang ada di dalam artikel