la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

Kunci Sukses : 8 Faktor Terpenting Yang Perlu Disiapkan Ketika Memulai Bisnis

Kunci Sukses : 8 Faktor Terpenting Yang Perlu Disiapkan Ketika Memulai Bisnis

Bahkan ketika akan mulai makan saja akan butuh persiapan, apalagi sebelum memulai sebuah bisnis, tentunya memerlukan berbagai persiapan yang matang, agar bisnis yang di jalankan bisa sukses dan berjalan lancar sesuai yang di impikan. Jika berbicara tentang persiapan bisnis tentu banyak yang berpikiran bahwa uang lah yang paling utama yang harus di persiapkan, namun rasanya kurang tepat jika jawabannya adalah uang jawaban yang tepat adalah MODAL.

Perlu di ingat dan di tanamkan dalam pikiran bahwa modal tidak sama dengan uang, pasti banyak yang bingung maksudnya bagaimana?. Modal tidak sama dengan uang maksudnya adalah yang dibutuhkan sebagai modal bukan hanya uang saja, namun ada modal lainnya yang di perlukan seperti tenaga dan pemikiran yang juga merupakan modal utama.

Bentuk modal bisa bermacam-macam, bukan hanya uang saja bahkan koneksi dalam dunia bisnis juga bisa di kategorikan sebagai modal yang sangat berharga. Bahkan kelengkapan anggota badan diri sendiri juga merupakan modal sekaligus karunia dari Allah yang tak ternilai harganya, namun seringkali manusia lupa dengan modal besar yang di berikan ini dan masih suka mengeluh dengan keadaan dan tidak mau berusaha.

Baca: 6 Hal yang harus dihindari saat baru mulai membangun usaha

Berkecimpung dalam dunia bisnis dan bisa sukses merupakan impian setiap orang karena selain bisa menopang kebutuhan dalam segi ekonomi, keberhasilan dalam bisnis juga bina menaikan gengsi seseorang dan makin membuat percaya diri makin tinggi. Namun tentunya kita sadari untuk berada dalam tahap bisa disebut sukses tidaklah mudah, bayak rintangan dan jalan terjal yang harus dilalui.

Kesuksesan seseorang tidak bisa dinilai dari tingginya pendidikan formal, karena kesuksesan merupakan hak setiap orang yang mau berusaha mencapainya, bukan hanya hak orang yang berpendidikan tinggi saja, karena pendidikan tinggi pun bukan jaminan untuk bisa sukses.

Persiapan Penting Sebelum Memulai Bisnis

Apa saja sih yang perlu di persiapkan sebelum memulai bisnis selain uang? Tentunya banyak yang berpikir demikian karena sudah memiliki mindset bahwa semua bisa didapat dengan uang, namun faktanya kesuksesan tidak bisa didapat jika hanya mengandalkan uang saja dan perlu berbaga persipan yang matang seperti berikut ini.

1. Mempersiapkan modal

Seperti yang di ungkapkan di awal, bahwa modal tidak melulu harus uang, walaupun memang uang adalah bagian dari modal itu, namun tentunya dalam memulai bisnis memerlukan modal lain bukan hanya uang saja.

Baca: 10 Cara Mendapatkan Modal Usaha Untuk Bisnis Yang Paling Mudah Dan Realistis

Modal yang di perlukan dalam bisnis di antaranya adalah skill, skill merupakan modal dasar yang harus dimiliki seseorang ketika memulai bisnis. Selain skill, tentunya masih ada modal lain yang harus terpenuhi yaitu SDM yang berperan sebagai tenaga dan juga pikiran dalam sebuah bisnis, agar bisnis bisa berjalan.

2. Mentalitas wirausahawan (pebisnis)

Mentalitas pebisnis juga merupakan hal wajib yang harus dimiliki setiap pelaku bisnis, karena sebagai pemimpin nantinya kamu akan berperan sebagai penentu kemana bisnismu akan di arahkan, ke arah ke suksesan ataupun ke arah kebangkrutan.

Baca: 10 Cara Membangun Karakteristik Wirausaha Yang Kuat Dalam Menjalankan Bisnis

Jika tanpa mental pebisnis tentunya saat merasa jatuh mental akan hancur dan stop pada bisnisnya, padahal hampir bisa di pastikan jarang sekali pebisnis sukses yang bisa langsung berhasil pada bisnis pertama bahkan keduanya. Kebanyakan pebisnis yang sukses sudah banyak melalui berbagai ke gagalan, kesulitan dan jatuh bangunnya dalam dunia bisnis.

3. Pesiapan menghadapi teori yang tidak sesuai dengan keadaan lapangan

Dalam memulai bisnis tidak cukup hanya mempelajari dari teori-teori saja, karena faktanya akan banyak situasi dimana teori yang di pahami tidak sesuai dengan keadaan langsung yang di alami.

Guru terbaik adalah pengalaman tentunya bukan sebuah petuah indah saja, karena memang benar adanya, makin banyak pengalaman di lapangan yang di alami tentunya makin banyak juga ilmu yang didapat.

Lalu apakah bisa dikatakan bahwa teori-teori baik mengenai strategi ataupun yang lainnya itu tidak penting?, tentunya penting, jika teori yang kamu gunakan untukmu tidak berhasil, maka bisa jadi pembelajaran penting untukmu kedepannya.

4. Besiap dengan keberhasilan dan juga kegagalan

Untuk menerima keberhasilan tentulah setiap pelaku bisni entah bisnis rumahan dengan skala kecil maupun bisnis dengan skala besar pasti semua sangat siap memperoleh keberhasilan.

Bagian yang sulit adalah bisa menerima kegagalan dengan lapang dada dan terus berusaha memperbaiki kegagalan dan bisa bangki dan bangkit lagi.

Inilah salah satu tolak ukur bahwa seseorang memiliki mentalitas pebisnis sejati, yaitu bisa bangkit dan bangkit lagi dari kegagalan yang di alami.

5. Berusaha menjadi pribadi yang disiplin

Beda halnya dengan sifat serakah yang sudah merupakan bawaan alami sebagai manusia, disiplin ini perlu dilatih dan di biasakan.

Untuk melatih disiplin tentunya bisa di mulai dari hal terkecil dulu, yaitu disiplin waktu tidur, makan dan juga ibadah, kemudian ketika sudah terbiasa baru di terapkan di bisnis yang dijalankan.

Sebagai bos tentunya harus bisa menjadi contoh bagi para karyawan, terutama dalam hal kedisiplinan, jika bos datang tepat waktu, tentunya para karyawan akan sungkan jika datang telat, akhirnya mau tak mau karyawan juga ikut disiplin waktu kerja.

6. Bisa menghargai tanpa pandang bulu

Sebagai pelaku bisnis bisa menghargai siapapun, entah itu konsumen ataupun kompetitor merupakan bukti kesiapan dan jiwa satria yang dimiliki oleh pebisnis.

Tentunya sebagai pelaku bisnis kita tidak bisa mengetahui siapa nanti yang akan menjadi konsumen, sehingga akan sangat tepat jika menganggap semua orang adalah calon konsumen potensial yang harus di hargai tanpa pandang bulu.

7. Siapkan banyak stok kesabaran

Jika kesabaran masih ada batasnya, maka itu berarti belum benar-benar bisa sabar, karena sabar itu unlimited.

Sebagai seorang pebisnis nantinya kamu akan menjumpai konsumen ataupun rekan bisnis dengan berbagai karakter yang berbeda, ada yang memiliki karakter bagus, ada yang unik bahkan ada juga yang menjengkelkan, yang mengharuskanmu untuk selalu sabar-sabar dan sabar.

Kesabaran benar-benar harus selalu ada stok, terutama ketika menhadapi konsumen yang menganggap dirinya adalah raja tentunya sebagai pebisnis keramahan harus tetap dijaga, agar jangan sampai pelanggan kecewa dengan pelayanan yang telah diberikan.

8. Mempersiapkan koneksi bisnis

Seperti yang telah di bahas di pebahasan sebelumnya tentang pentingnya koneksi dalam dunia bisnis, disini juga kami akan mengingatkan lagi, bahwa sangat penting membangun koneksi ketika akan memulai bisnis.

Baca: Koneksi Bisnis: Ternyata Ini Pentingnya Punya Banyak Jaringan Bisnis

Sebelum memulai bisnis tentunya koneksi yang dimiliki bisa dimintai pendatat dan masukan tentang bisnis yang akan kamu mulai, agar punya wawasan dan juga tambahan bekal ilmu dalam berbisnis.

Peran koneksi bisnis sangatlah banyak, mulai dari menjadi sistem pendukung dari luar dan pendukung dari dalam, menjadi pendukung dari segi materi maupun non materi, sehingga koneksi harus benar-benar bisa terbangun dengan matang, bahkan sebelum bisnis di mulai.

Posting Komentar

Posting Komentar

Tulis komentar sesuai dengan topik pembahasan yang ada di dalam artikel