la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

Cara Menjawab Jika Ditanya Mau Gaji Berapa Saat Interview Kerja

Cara Menjawab Jika Ditanya Mau Gaji Berapa Saat Interview Kerja

Saat sedang interview dan dihadapkan dengan sebuah pertanyaan seputar gaji dalam sebuah interview kerja, memberikan sebuah jawaban yang cerdas menjadi sebuah kunci untuk menciptakan sebuah kesepakatan yang saling menguntungkan dan bisa menjadi kunci dalam membuka pintu peluang dalam karier impian.

Baca: Cara Meminta Reschedule Untuk Ubah Jadwal Interview Kerja Lewat Wa

Berbicara tentang angka gaji, terutama bagi yang belum memiliki pengalaman dalam dunia kerja, tentunya memang bisa menjadi sebuah momok yang menakutkan, tetapi dengan melakukan pendekatan yang tepat, kamu dapat menavigasi pertanyaan yang di ajukan tanpa perlu membuat suasana menjadi canggung.

Persiapan Menjawab Pertanyaan Mau Gaji Berapa Saat Interview

Dalam dunia interview kerja, menjawab pertanyaan tentang nominal gaji bukan hanya tentang angka yang harus disampaikan, tetapi juga tentang cara penyampaiannya yang tepat pada HRD saat interview. Dengan memiliki pengetahuan yang baik, sikap profesional, dan keterbukaan untuk bernegosiasi, kamu dapat menciptakan dialog yang kondusif dan mampu membuat kesepakatan yang memuaskan baik bagi perusahaan maupun calon pekerjanya. Berikut ini beberapa persiapan sebelum menjawab pertanyaan mau gaji berapa saat interview.

Lakukan Riset Upah Minimum Di Lokasi Tempat Kamu Melamar Kerja

Melakukan riset terkait dengan upah minimum provinsi (UMP), merupakan bagian penting dalam menentukan kisaran gaji. Mengetahui kisaran gaji yang wajar untuk posisi yang akan kamu lamar dan di wilayah tempat perusahaan berada bisa memberikan sebuah landasan yang kuat untuk menjawab pertanyaan. Ini menunjukkan bahwa kamu telah terlebih dulu mempersiapkan diri dan memiliki pemahaman yang realistis tentang besarnya gaji pekerjaan yang kamu inginkan.

Baca: Sukses Tes Wawancara Kerja: Cara Menjelaskan Kelebihan Dengan Singkat Dan Penuh Percaya Diri Saat Wawancara

Pastikan selalu menyuarakan antusiasme dan menunjukan minat terhadap posisi yang dilamar. Ini penting karena perusahaan ingin tahu bahwa sebenarnya gaji bukan satu-satunya faktor yang membuatmu tertarik. Sampaikan bagaimana kamu melihat dirimu memberikan nilai tambah bagi perusahaan dan mengapa kamu merasa pekerjaan ini sesuai dengan tujuan kariermu.

Jika kamu memiliki pengalaman kerja yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar, sampaikan bagaimana kontribusimu di posisi sebelumnya, sehingga bisa memberikan nilai tambah yang sepadan dengan kisaran gaji yang nantinya kamu ajukan.

Perhitungkan Biaya Kebutuhan Selama Sebulan Saat Bekerja

Jangan lupa bahwa interview ini adalah awal dari proses negosiasi sebelum kamu di terima kerja. Jika perusahaan memberikan sebuah penawaran gaji yang belum sesuai dengan harapanmu, jangan ragu untuk membawa pertanyaan ini ke tahap negosiasi selanjutnya. Tapi lakukan dengan sikap terbuka dan menghargai, bukan dengan tuntutan keras.

Dalam proses negosiasi, pastikan untuk terlebih dahulu memperhitungkan baiaya, kebutuhan termasuk biaya hidup yang di perlukan untuk sebulan. Perhitungkan biaya makan, biaya transport dan juga biaya lainnya nyang menjadi pengeluaran wajib. Jika perlu masukan juga biaya untk berlibur dalam list, karena ini juge merupakan bagian yang penting untuk mendukung kinerja kedepannya.

Baca: Penerapan Strategi Negosiasi Dalam Bisnis Yang Paling Efektif

Setelah memperhitungkan semua kebutuhan untuk satu bulan, ajukan kisaran gaji daripada memberikan sebuah angka yang tepat. Hal ini bisa memberikan fleksibilitas dan memungkinkan untuk bernegosiasi dengan pihak perusahaan. Misalnya, kamu bisa mengatakan, "Saya mengharapkan gaji berkisar antara (kisaran yang kamu tentukan setelah memperhitungkan kebutuhan) berdasarkan pengalaman dan keterampilan yang saya miliki."

Setelah memberikan kisaran gaji, sampaikan juga bahwa kamu memahami bahwa gaji bukan satu-satunya pertimbangan dalam memilih sebuah pekerjaan. Berbicaralah tentang bagaimana kamu sangat percaya, bahwa nilai-nilai perusahaan dan peluang pengembangan karier yang ada di perusahaan tempat kamu melamar memiliki peran yang penting dalam mendukung keputusanmu memilih sebuah pekerjaan.

Cara Meminta Memberikan Jawaban Di Sesi Terpisah Terkait Gaji

Biasanya, walaupun jawaban sudah di persiapkan dengan matang dan sudah melakukan latihan untuk menjawab pertanyaan yang akan di ajukan terkait gaji, seringkali pelamar akan merasa panik dan bingung jika di minta untuk menjawab pertanyaan sacara langsung, terlebih jika pelamar kerja belum memiliki pengalaman dalam interview kerja.

Baca: Cara Tanya Lowongan Kerja Lewat WA Yang Baik Dan Benar

Jika merasa belum bisa memberikan sebuah jawaban secara langsung, kamu bisa juga lho, untuk meminta agar bisa memberikan jawaban di sesi terpisah, begini cara meminta agar bisa memberi jawaban secara terpisah yang bisa kamu lakukan "Mohon ijin pak/ bu, terkait gaji, saya harus melihat benchmark nilai pasar, apa boleh saya cek dulu, dan nanti memberikan jawaban terpisah setelah wawancara ini".

Posting Komentar

Posting Komentar

Tulis komentar sesuai dengan topik pembahasan yang ada di dalam artikel