la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

Cara Riset Kata Kunci Shopee Untuk Membuat Judul Produk Mudah Ditemukan Pembeli

Cara Riset Kata Kunci Shopee Untuk Membuat Judul Produk Mudah Ditemukan Pembeli

Di era digital ini, Shopee menjadi salah satu platform e-commerce terbesar dan terpopuler di Indonesia. Bagi para penjual online yang memasarkan produknya di platform shopee, menjadi sangat penting, untuk bisa mengoptimalkan produk yang di posting agar lebih mudah ditemukan oleh calon pembeli. Salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan visibilitas produk adalah melakukan riset kata kunci untuk judul postingan yang akan di gunakan di shopee.


Untuk bisa sukses jualan di shopee tentunya tidak cukup jika hanya asal upload produk dengan keyword (kata kunci) yang di karang sendiri seadanya. Agar produk yang di posting bisa mudah di temukan calon pembeli, tentunya judul yang di buat harus merupakan kata kunci yang palingbanyak di cari calon pembeli.

Pentingnya Melakukan Riset Kata Kunci Saat Membuat Judul

Kata kunci merupakan sebuah frasa, atau kata-kata yang banyak dicari oleh pengguna ketika mereka mencari sebuah produk di shopee. Dalam dunia e-commerce, kata kunci memang bukan hanya sekedae kata-kata biasanya namun bisa menjadi kunci keberhasilan dalam menjangkau calon pembeli.

Membuat judul produk yang mengandung kata kunci yang relevan dapat membantu produk yang di posting makin sering muncul dalam hasil pencarian shopee. dalam melakukan riset kata kunci, tentunya tidak cukup jika hanya menggunaan perkiraan saja, namun memerlukan berbagai cara dan trik yang mempermudah dalam mencari kata kunci yang lebih tertarget dan relevan.


Berikut ini beberapa cara riset kata kunci yang bisa kamu lakukan agar jualanmu makin gacor dan laris manis.

1. Riset Kata Kunci Shopee Melalui Fitur Related Search


Shopee sendiri sudah memiliki fitur "related search" yang memungkinkan penggina dapat melihat kata kunci terkait yang sering dicari oleh pengguna. Ini adalah salah satu cara yang efektif untuk memulai riset kata kunci.

Misalnya, jika Anda menjual sepatu, masukkan kata kunci "sepatu" di pencarian shopee, dan lihat daftar kata kunci terkait yang di sarankan oleh shopee seperti "sepatu olahraga," "sepatu wanita," atau "sepatu pria." kata kunci ini dapat memberikan ide kata kunci yang relevan untuk produk yang akan di posting.

2. Riset Kata Kunci Menggunakan Fitur Iklan Pencarian


Shopee juga memiliki fitur iklan pencarian, fitur iklan pencarian ini selain bisa di gunakan untuk melakukan iklan berbayar, bisa juga digunakan hanya untuk riset kata kunci. Cara riset kata kunci bisa dimulai dengan membuat iklan pencarian sederhana dengan kata kunci yang ingin riset. Pilih satu produk ang sesuai, kemudian dapatkan kata kunci yang di rekomendasikan oleh shopee, pilih kata kunci dengan volume pencarian tertinggi.


Dengan menggunakan fitur iklan pencarian kita dapat melihat statistik seperti jumlah impresi dan klik untuk kata kunci tersebut. fitur iklan pencarian dapat membantu dalam memahami seberapa populer kata kunci tersebut dan sejauh mana kata kunci tersebut bisa efektif dalam menarik calon pembeli.

3. Riset Kata Kunci Shopee Menggunakan Google Keyword Planner Dan Ahrefs


Selain menggunakan fitur yang berada di shopee, pengguna juga bisa memanfaatkan alat riset kata kunci eksternal seperti Google Keyword Planner, ataupun Ahref keyword planer. Alat riset kata kunci ini dapat memberikan sebuah informasi yang lebih rinci tentang seberapa sering kata kunci tersebut dicari di mesin pencari Google.

Jika di tarik kebelakang tentunya kita akan tau bahwa memang sebenarnya shopee dan google bukan sebuah platform yang sama, akan tetapi informasi ini masih sangat berguna karena kebiasaan pencarian pengguna umumnya cenderung serupa di berbagai platform apapun itu, selain itu ketika mencari sesuatu di google, tentunya pencarian dari situs shopee juga iku tampil.

Bagi para pemula, dari segi penggunaan sangat direkomendasikan untuk memilih ahrefs keyword planer, karena dari segi kemudahan penggunaan, ahrefs lebih mudah digunakan dan lebih simpel dari segi menu dan navigasi dalam menu yang ada di situsnya, cukup menggunakan 2 kata kunci nanti ahrefs akan melakukan pencarian kata kunci lain yang banyak di cari penggunan.

4. Riset Kata Kunci Shopee Menggunakan Google Trends


Google Trends adalah sebuah alat keyword planer lain yang dapat membantu dalam memahami tren kata kunci seiring waktu dan bisa disesuaikan berdasarkan waktu real time ataupun jangka berapa minggu ataupun berapa bulan kedepan. Pengguna dapat memasukkan kata kunci yang ingin di riset dan melihat bagaimana statistik minat pencarian terhadap kata kunci tersebut berubah dari waktu ke waktu.

Informasi yang di berikan oleh google trens ini dapat membantu dalam mengidentifikasi tren kata kunci yang dapat di manfaatkan dalam judul produk yang nantinnya akan di posting di shopee, dan mampu maningkatkan visibilitas toko yang mempu membuat penjualan toko meningkat.

Cara Mengoptimalkan Judul Produk di Shopee

Setelah melakukan proses riset kata kunci, langkah berikutnya adalah mengoptimalkan judul produk. karena jika hanya menggunakan 2 kata kunci ataupun 3 kata kunci saja tentunya akan sangat sulit untuk bisa bersaing.


Dalam membuat sebuah judul, pastikan untuk selalu menyertakan kata kunci yang relevan dan populer dalam judul produk yang di posting. Ini akan membantu produk bisa muncul dalam hasil pencarian shopee ketika calon pembeli mencari produk serupa.

1. Buat Long Tail Keyword Untuk Judul Postingan Di shopee

Cara mengoptimalkan judul yang bisa dilakukan adalah dengan membuat long tail, yaitu membuat kjudul yang memiliki banyak kata kunci dalam sebuah postinga. Namun, dalam pembuatan judul penting untuk tidak membuat judul yang berlebihan. Judul produk yang terlalu penuh dengan banyak kata kunci dapat terlihat tidak alami dan membingungkan calon pembeli. Selain itu, pastikan judul produk yang di buat tetap deskriptif dan mencerminkan produk yang di jual dengan benar.

Contoh Judul Long Tail keyword

Ketika akan memposting sepatu, tentunya kata kunci yang di perlukan adalah yang berkaitan dengan sepatu misalnya 
Contoh judul yang benar : Sepatu nike pria warna putih ukuran 41-42.
Contoh judul yang salah : Sepatu pria sepatu nike sepatu bagus warna putih sepatu ukuran 41.
Dari kedua contoh judul diatas kita bisa melihat, bahwa contoh yang salah memiliki lebih banyak kata kunci, akan tetapi justru terlihat terlalu berlebihan dan terkesan di paksakan, ini justru akan membuat pelanggan hilang mood untuk berbelanja ditoko dengan judul tersebut dan memilih pindah ke toko lainnya.

2. Lakukan Update Judul Secara Berkala

Proses riset kata kunci dan optimasi judul produk adalah proses yang berkelanjutan. Setelah mampu mengoptimalkan judul produk, langkah berikutnya penting untuk terus memantau kinerjanya. Pengguna dapat melihat statistik produk dengan akurat di shopee untuk melihat seberapa baik performa produk dalam hasil pencarian. Jika nantinya menemukan bahwa produk yang di posting tidak muncul sebagaimana yang diharapkan, pengguna dapat mencoba mengubah atau menyesuaikan judul produk yang diposting berdasarkan riset kata kunci yang lebih baru.


Update judul secara berkal menjadi penting untuk dilakukan, karena trend kata kunci yang digunakan oleh pengguna akan selalu brkemvbang sesuai dengan trend dan minat yang sedang terjadi saat ini. Dengan mengupdate judul secara berkala akan membuat produkl yang di update masuk ke daftar produk baru dan judul yang di target lebih fresh sesuai engan kebutuahan calon pembeli.

Pentingnya Melakukan Update Judul Produk

Update judul postingan di shopee adalah langkah penting dalam meningkatkan visibilitas produk yang di jual di platform e-commerce shopee. Dengan memahami cara melakukan riset kata kunci dan mengoptimalkan judul produk dengan selalu update kata kunci terbaru, pengguna dapat lebih mudah menjangkau calon pembeli dan meningkatkan penjualan. Ingatlah bahwa update judul dengan kata kata kunci yang sedang tren adalah proses yang berkelanjutan, dan harus terus di pantau agar mampu menyesuaikan strategi yang di gunakan untuk menyesuaikan dengan perubahan tren dan kebutuhan pasar.
Posting Komentar

Posting Komentar

Tulis komentar sesuai dengan topik pembahasan yang ada di dalam artikel