la5cdBVcJFaCKClaZd870wvmwrwziXBkFqlQB4ZQ
Bookmark

9 Cara Meningkatkan Penjualan Di Shoppee Paling Efektif Bagi Pemula

9 Cara Meningkatkan Penjualan Di Shoppee Paling Efektif Bagi Pemula

Membangun bisnis online melalui platform e-commerce seperti platform shopee tidak hanya memposting banyak produk dan membiarkan produk yang di posting tertata rapi di rak virtual, Namun, ketika memutuskan untuk terjun di dunia bisnis e-commerce tentunya penjual juga harus membangun brand yang bisa menarik perhatian audiens secara efektif agar konversi penjualan produk bisa meningkat dari waktu kewaktu.

Strategi dalam meningkatkan penjualan produk di shopee bukanlah tugas yang mudah, namun, dengan penerapan strategi yang tepat, kreativitas, dan dedikasi, semua penjual dapat menjadi pelaku utama yang bisa sukses di tengah persaingan ketat di pasar e-commerce ini. 

Strategi Ampuh Meningkatkan Penjualan di Shopee

Bisnis online melalui platform shopee sekarang ini sudah seperti sebuah medan perang dan menjadi sebuah tantangan yang mengasyikkan untuk di jalankan, namun menuntut semua pelaku yang berada di dalamnya untuk bersaing dengan banyaknya ribuan toko online lainnya.

Baca: 5 Strategi pemasaran online yang terbukti bisa mempengaruhi konsumen untuk membeli produkmu

Jika ingin toko penjualannya selalu meningkat tentunya tidak bisa jika hanya posting produk, lalu di tinggal begitu saja menunggu pembeli, penjual perlu menerapkan berbagai strategi yang cerdik dan efektif agar penjualan meningkat. Dalam artikel ini kita akan membahas tentang bagaimana cara meningkatkan penjualan di shopee dengan efektif yang mudah dilakukan bahakan untuk pemula sekalipun.

1. Optimasi Tampilan Toko Di Shopee

Sebelum pembeli masuk untuk menjelajahi semua produk yang ada di etalase toko, tentunya yang dilihat pertama kali adalah tampilan toko dan juga tema toko yang di guankan, pembeli akan melihat profil toko dan mengingat apakah toko yang di kunjungi memiliki ciri khusus yang mudah di kenali atau tampilannya justru kurang menarik.

Baca: Cara membuat akun dan posting jualan di shopee dari hp untuk pemula sampai bisa dapat jutaan perbulan

Dalam dunia bisnis online, tak terkecuali dalam E-commerce penampilan toko sangat penting. Pastikan tampilan toko shopee yang digunakan bisa menarik perhatian dengan menggunakan banner dengan desain yang menarik dan yang informatif, deskripsi produk yang jelas, dan juga tata letak yang mudah dinavigasi.

Baca: 6 Rekomendasi Aplikasi Belanja Online Terbaik Dengan Segudang Promo Dan Harga Barang Termurah

Dalam membuat deskripsi ataupun banner di shopee pastikan untuk menghindari mencantumkan nomor, email ataupun poin lainnya yang bisa terindikasi sebagai kontak yang mengerahkan penjual untuk melakukan traksaksi diluar shopee. Pada awalnya hal ini memang masih di perbolehkan, namun makin kesini, kebijakan shopeeberubah dan melarang pencantukan terkait hal tersebut.

2. Gunakan Foto Produk Yang Bisa Menarik Minat Pembeli

Penggunaan gambar (foto) yang baik dalam setiap produk yang di upload merupakan sebuah kunci untuk bisa manarik perhatian pelanggan. Pastikan foto produk yang di gunakan merupakan foto berkualitas tinggi, menampilkan berbagai sudut, dan memberikan gambaran yang detail tentang produk yang ditawarkan.

Baca: 9 Tips membuat foto produk yang bagus untuk jualan di toko online

Jangan ragu untuk menambahkan foto produk dalam situasi nyata (real pict) untuk memberikan konteks lebih, karena biasnaya kebanyakan pembeli akan lebih suka dengan gambart yang asli, untuk membuat gambar lebih menarik bisa di edit terlebih dahulu, entah untuk sekedar mengganti backgrod ataupun penambahan elemen lain yang menjadi ciri khas toko.

3. Gunakan Judul yang Menarik

Dalam platform shopee hal yang tidak bisa lepas dari postingan merupakan judul, bahkan sebuah produk dengan foto yang bagus, tanpa adanya judul yang di cantumkan tidak akan bisa di posting. Dalam proses pembuatan judul yang menarik tentunya bisa jika mengandalkan pemikiran saja, namun hasilnya kurang efektif jika tidak melibatkan riset kata kunci dalam pencarian judul.

Baca: Cara Riset Kata Kunci Shopee Untuk Membuat Judul Produk Mudah Ditemukan Pembeli

Dalam proses riset kata kunci ini tentunya melibatkan berbagai hal, bahkan aplikasi di luar shopee, karena prose riset ini melibatkan data yang berkaitan dengan perilaku pengguna dan perhitungan berapa banyak kata kunci yang di cari ini tampil, makin banyak presentasi tampilnya, maka makin baik juga kata kunci tersebut.

Baca: Cara Membuat Judul Produk Yang Menarik Di Marketplace Agar Jualanmu Makin Laris

Bagi toko yang baru dirintis di platform shopee, usahakan untuk menggunakan judul produk longtail keyword, agar kata kunci yang tertarget lebih banyak, sehingga kemungkinan produk bisa tampil lebih tinggi. Makin banyak 9sering) produk muncul di pencarian shopee makin besar juga kemungkinan barang terjual.

4. Buat Deskripsi Produk Yang Informatif dan Jelas

Jelaskan produk dengan penjelasan yang lengkap dan bisa menarik perhatian pembeli. Berikan informasi yang relevan meliputi bahan produk, ukuran, dan juga manfaat produk. Kunci dalam membuat sebuah deskripsi adalah membuat deskripsi sederhana, namun informatif dan jelas agar pembeli dapat membuat sebuah keputusan dengan baik.

Baca: Cara Membuat Deskripsi Produk Yang Bagus Untuk Postingan Jualan Online

Jika ditanya, mana yang lebih penting antara judl dan deskripsi produk tentunya keduanya penting dan deskripsi produk ini bersifat sebagai pelengkap dan penjelas dalam sebuah postingan yang berfungsi untuk menjelaskan detail produk pada audiens, agar audiens bisa paham dengan produk yang di tawarkan tanpa perlu banyak bertanya pada penjual.

5. Aktif Dalam Beriklan (Iklan Gratis Dan Berbayar)

Manfaatkan fitur iklan baik yang gratis maupun berbayar yang di sediakan shopee untuk meningkatkan visibilitas toko. Iklan dapat memberikan sebuah pemberitahuan khusus kepada semua calon pembeli dan bisa menarik lebih banyak perhatian mereka di antara banyaknya produk lain.

Iklan gratis yang bisa di gunakan di shopee merupakan iklan yang berbentuk fitur naikan produk, namun jika memiliki budget lebih, fitur iklan berbayar di shopee untuk meningkatkan visibilitas produk merupakan langkah yang penting untuk dilakukan. Penggunaan iklan ini akan membuat produk lebih sering muncul di hasil pencarian produk, sehingga bisa meningkatkan kemungkinan pembeli melihat produkmu.

6. Manfaatkan Fitur Promosi di Shopee

Siapa sih sekarang ini yang tidak suka diskon? Penawaran khusus dan juga diskon dapat menjadi sebuah daya tarik utama bagi pembeli dan terkadang bisa membuat kalap pembeli. Pertimbangkan untuk memberikan diskon pada nominal pembelian tertentu, pengiriman gratis (free ongkir), atau bahkan penawaran "Beli Satu Gratis Satu" untuk meningkatkan daya tarik produk di mata calon pembeli.

Baca: Cara Membuat Voucher Toko Di Shopee Lewat Hp Agar Jualan Makin Laris

Selain banyaknya fitur diskon yang telah disebutkan di atas shopee juga menyediakan berbagai fitur promosi seperti Flash Sale, Campaign di tanggal tertentu dan juga efen lainnya yang bisa di ikuti setiap penjual yang mendapatkan undangan dari sehopee. Manfaatkan semua fitur-fitur ini untuk meningkatkan visibilitas produk dan bisa menarik pembeli yang potensial.

7. Kategorikan Produk Agar Lebih Spesifik

Pengkategorian produk merupakan hal yang penting dilakukan, agar calon peklanggan bisa mencari produk lebih mudah sesuai  kategori yang di inginkan, di shopee sendiri sekarang ini sudah banyak tersedia kategori produk yang bisa dipilih dan kategori yang tersedia lebih spesifik, seperti adanya kategori produk untuk pria dan juga kategori untuk wanita.

Baca: 10 Jenis Kategori Produk Paling Laris Yang Bisa Jadi Ide Jualan

Pengkategorian produk juga bisa mempermudah dalam mengecek ketersediaan stok yang baik dan bisa memberikan kepercayaan pada pelanggan bahwa produk yang mereka cari stoknya masih tersedia dapat ditemukan di toko dengan kategori yang telah dipilih. Pastikan untuk memperbarui stok secara teratur dan menyediakan opsi pre-order jika produk yang di jual merupakan jenis produk yang tidak ready. Produk pree order juga bisa dipisah pada kategori tertentu untuk mempermudah dalam pengelompokan produk.

8. Pelayanan Pelanggan Yang Responsif

Memberikan pelayanan pelanggan yang baik tidak hanya tentang menjawab berbagai pertanyaan dari pelanggan, tetapi juga tentang memberikan solusi cepat untuk setiap masalah yang di alami pelanggan. Pastikan untuk bisamerespons pesan pelanggan dengan cepat dan memberikan dukungan yang dibutuhkan setiap pelanggan.

9. Pilih Metode Pengiriman Yang Handal dan Terpercaya

Proses pengiriman yang handal dan cepat dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Jasa pengiriman sangat berhubungan dengan kepuasan pelanggan, bahkan tidak sedikit juga pelanggan yang memberikan penilaian buruk karena buruknya performa pengiriman dari jasa ekspedisi, padahal sebenarnya ini sepenuhnya bukan salah seller, namun pembeli tidak perduli dengan hal ini untuk itulah memilih mitra pengiriman yang terpercaya merupakan hal yang sangat penting.

Posting Komentar

Posting Komentar

Tulis komentar sesuai dengan topik pembahasan yang ada di dalam artikel